DI BALIK TOPENG: MENGANALISA MAKNA DAN SEMIOTIKA DALAM FILM THE BATMAN

Authors

  • Irfan Adhitya Putra Universitas Budi Luhur
  • Rocky Prasetyo Jati Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.166

Keywords:

batman, harapan, karakter, perubahan makna, semiotika

Abstract

Karakter Batman telah menjadi salah satu ikon budaya populer di seluruh dunia. Batman memiliki banyak penggemar dari berbagai media, termasuk komik, film, dan animasi. Dalam artikel ilmiah ini, peneliti mengkaji film "The Batman" dengan mendalami simbolisme dan unsur naratif yang menggambarkan perubahan makna karakter Batman. Film ini memperlihatkan transformasi karakter Batman sebagai dampak dari aksi villain The Riddler. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan makna tersebut dengan fokus pada beberapa adegan kunci dalam film "The Batman" karya Matt Reeves. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merujuk pada konsep semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat beberapa perubahan makna yang terjadi dalam film "The Batman". Awalnya, Batman digambarkan sebagai sosok yang intimidatif dan menimbulkan ketakutan di kalangan warga kota Gotham. Namun, seiring berjalannya cerita, karakter Batman mengalami transformasi menjadi sosok pelindung dan penyelamat bagi kota tersebut. Simbol kelelawar yang selalu dikaitkan dengan Batman juga mengalami perubahan makna, dari menjadi simbol ketakutan menjadi lambang harapan bagi penduduk Gotham. Dengan demikian, film "The Batman" berhasil menggambarkan perubahan karakter dan makna yang signifikan dalam perkembangan ceritanya. Hal ini menunjukkan bagaimana karakter Batman tetap relevan dan mampu menarik perhatian penggemar dari berbagai generasi

References

Aly, S. M. H. (2020). Mitos Nilai-Nilai Humanisme dalam Film (Analisis Semiotika dalam Film “Batman v Superman: Dawn of Justice”).

Birren, F. (2016). Color psychology and color therapy; a factual study of the influence of color on human life. Pickle Partners Publishing.

Burton, T. (1989, June 19). Batman. Warner Bros Pictures.

Coogan, P. M. (2003). The secret origin of the superhero: The origin and evolution of the superhero genre in America. Michigan State University.

Green, D. (2022). Batman as Modern Revenge Tragedy: The Shakespearean Dark Knight.

Inquiry@Queen’s Undergraduate Research Conference Proceedings, 16. https://doi.org/10.24908/iqurcp15502

Hiebert, R. A., & Gibbons, S. (2017). Exploring mass media for a changing world. Routledge. IMDbPro. (2023a, March 17). Genre keyword: Superhero. Https://Www.Boxofficemojo.Com/Genre/Sg2900226305/?Ref_=bo_gs_table_7.

IMDbPro. (2023b, November 12). The Batman. Https://Www.Boxofficemojo.Com/Title/Tt1877830/?Ref_=bo_tt_tab#tabs.

Kolker, R. (2015). Film, form, and culture. Routledge.

Madhona, R. H. (2022). Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan Dalam Film Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Soetomo Communication And Humanities, 3(1), 1–13.

Masyhur, M. A., Fithratullah, M., & Kasih, E. N. E. W. (2023). A Psychoanalysis on Internal Conflict of Bruce Wayne as Seen in Matt Reeves’ The Batman (2022) Movie.

TEKNOSASTIK, 21(1), 8. https://doi.org/10.33365/ts.v21i1.2285 Matravers, D. (2023). Empathy, Fiction, and Non-Fiction.

Moine, R. (2009). Cinema genre. John Wiley & Sons.

Nasirin, C., & Pithaloka, D. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2 Berandal. Journal of Discourse and Media Research, 1(01), 28–43.

Nikolić, D., Kostić-Stanković, M., & Jeremić, V. (2022). Market segmentation in the film industry based on genre preference: The case of millennials. Inzinerine Ekonomika-Engineering Economics, 33(2), 215–228.

Nilsson, J. (2020). Moments of intermediality: The use of television in joker narratives.

Convergence: The International Journal of Research into New Media Technologies, 26(2), 386–401. https://doi.org/10.1177/1354856518786010

Nolan, C. (2008, July 18). The Dark Knight. Warner Bros.

Nugroho, W. B. (2020, February 20). The Semiotics of Batman: “Why The Batman is always interesting?” Https://Udayananetworking.Unud.Ac.Id/Lecturer/Scientific/1626-Wahyu- Budi-Nugroho/the-Semiotics-of-Batman-Why-the-Batman-Is-Always-Interesting-1095.

Philips, T. (2019, October 2). Joker. Warner Bros Pictures. Ponech, T. (2021). What is Non-fiction Cinema? Routledge.

Qiwarunnisa, Q., & Mulyono, M. (2018). Simbolisme hujan dalam novel hujan karya tere liye. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3), 155–164.

Reeves, M. (2022, March 2). The Batman. Warner Bros Pictures. Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Yılmaz, G. E., & Fundalar, S. (2022). Constructing and Deconstructing the Modern Hero in The Dark Knight Trilogy. SAGE Open, 12(4), 215824402211284. https://doi.org/10.1177/21582440221128476

Downloads

Published

2024-01-10