STRATEGI KOMUNIKASI INEWS TV PADANG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIERA DIGITAL

Authors

  • yasha langitta setiawan Universitas Ekasakti
  • Januardi Nasir Universitas Nadhatul Ulama Sumatera Barat
  • Puryanto Puryanto Universitas Ekasakti
  • Yumi Ariyati Universitas Ekasakti
  • Tommy Dwi Wahyudi Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.1

Keywords:

youtobe, media komunikasi digital, inews tv

Abstract

Era digital telah merubahan kebiasaan masyarakat, dahulu masyarakat sangat sulit mendapatkan informasi, kini hanya melalui genggaman tangan/ HP. Dengan peraturan pemerintah beralihnya televisi konvensional menjadi televisi digital Tentunya membuat media massa televisi harus bisa mempertahankan eksistensi di era digital. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi iNews Tv padang sebagai televisi lokal dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknk penarikan sampel porposive sampling. Informan peneltian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari kru iNews TV Padang. Hasil penelitian ini adalah Inews TV Padang menggunakan youtobe sebagai media komunikasi live streaming dan memanfaatkan facebook, instagram dalam hal mempromosikan isi siaran yang akan ditayangkan pada TV konvensional. Isi konten dari iNews Tv berfokus kepada pemberitaan lokal dan iklan parawisata lokal yang ada disumatera barat. Hambatan yang dihadapi Inews TV padang adalah sumber daya manusia yang sangat terbatas sehingga membuat kendala dalam pembuatan program acara, sumber dana yang kurang maksimal, dan alat jangkauan siaran yang terbatas. 

References

Amelia, M., Dilla, S., & Syahartijan, L. M. (2021). Eksistensi Program Radio Lokal the Radio Fm Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 289. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i3.18199

Felisia, A., & Wijayani, I. (2022). EKSISTENSI TV LOKAL INEWS TV PALEMBANG DAN PAL TV. 5(2), 382–388.

Fitri, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019 [The Impact of Tiktok Social Media on the Creativity of Communication Studies Students, Jakarta State University Class of 2019]. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 37–46.

Gogali, V. A., & Tsabit, M. (2020). EKSISTENSI RADIO DALAM PROGRAM PODCAST DI ERA DIGITAL KONTEN ( Studi Deskriptif Program Podcast 101jakfm . com ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 64–73.

Haqqu, R., & Ersyad, F. A. (2020). Eksistensi media televisi di kalangan remaja. Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 38–44.

Juli, N. (2022). Teknologi Tokopedia Play Live Shooping Dalam Perspektif Ekologi Media Konvergensi. 6(3), 10566–10571. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3487/http

Lenggawa, V. A. (2019). Strategi Jawa Pos Dalam Menghadapi Persaingan. Konvergensi, 01(01), 19–38.

Mutia, T., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2022). ANALISIS PENERAPAN LIVE SREAMING YOUTUBE SUSKA TV. 7(2), 159–178.

Oktavianti, R., & Loisa, R. (2021). EKOLOGI MEDIA DALAM PELIPUTAN KEBERAGAMAN JURNALIS. 5(1), 277–292.

Rahayu, D. A., & Amalia, D. (2021). Konvergensi Media Pada Radio Kota Fm (88.1 Fm) Sebagai Radio Dangdut Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(4), 405. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i4.20597

Rohimah, A., & Hakim, L. (2021). Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 99–118. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12010

Zuwidah Dewi, M. (2022). Strategi Komunikasi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh Dalam Mengoptimalisasi Migrasi Televisi Digital. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, 2(2), 1–9. http://jurnal.utu.ac.id/JIMSI/article/view/5834

Downloads

Published

2023-01-15