PREFERENSI FOLLOWERS TERHADAP JENIS POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @SUKABASKET_ID

Authors

  • Razaqa Subagyo Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Fajar Syuderajat Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.116

Keywords:

Instagram, preference, social media

Abstract

Sukabasket_id merupakan salah satu fanpage olahraga basket terbesar di Instagram yang kini telah memiliki lebih dari 100 ribu followers. Followers dalam suatu akun tentunya memiliki preferensi berbeda mengenai jenis konten yang disukainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jumlah postingan perbulan, jenis postingan, preferensi followers terhadap jenis postingan berdasarkan engagement rate dalam akun @sukabasket_id, serta jumlah mention dan sentimen followers terhadap akun Instagram @sukabasket_id. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @sukabasket_id mengunggah postingan dengan frekuensi yang bervariasi pada setiap bulannya. Dengan jumlah postingan sebanyak dua hingga tiga unggahan per hari, yang diunggah pada waktu pagi, sore, dan malam. Berdasarkan jenis postingan, ditemukan bahwa jenis postingan educational brand post memiliki tingkat frekuensi postingan paling rendah jika dibandingkan dengan jenis postingan emotional brand post dan personal brand post. Followers akun Instagram @sukabasket_id memiliki tingkat preferensi berdasarkan engagement rate tertinggi pada postingan berjenis emotional brand post diikuti oleh personal brand post serta jenis postingan dengan tingkat preferensi terendah, yaitu educational brand post. Menggunakan social media analytic tool Brand24, ditemukan mention kata kunci paling tinggi terjadi pada tanggal 13 April 2023 serta terendah pada tanggal 21 dan 22 April 2023. Didapatkan pula sentimen konsumen/audiens terhadap postingan yang memiliki mention kata kunci didominasi dengan sentimen positif, sedikit negatif, dan tidak ada sentimen netral. Diketahui bahwa postingan dengan sentimen negatif disebabkan oleh berbagai faktor seperti jenis emosi yang diekspresikan, kekuatan emosi tersebut, dan konteks penggunaannya

References

Alamsyah, M. S., & Nugraha, A. R. (2022). Penggunaan Instagram Live BeritaBaik. Id dalam Program Bicara Baik. 6(1), 1–15. https://ojs.stiami.ac.id

Allstars. (2023). Tentang Allstars. https://www.allstars.id/

Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan di Kota Palu (Vol. 9, Issue 2).

Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336

Brand24. (2023). What is Brand24? https://brand24.com/what-is-brand24/

Casteel, A., & Bridier, N. L. (2021). Describing populations and samples in doctoral student research. International Journal of Doctoral Studies, 16, 339–362. https://doi.org/10.28945/4766

Coelho, R. L. F., De Oliveira, D. S., & De Almeida, M. I. S. (2016). Does social media matter for post typology? Impact of post content on Facebook and Instagram metrics. Online Information Review, 40(4), 458–471. https://doi.org/10.1108/OIR-06-2015-0176

Daniel Baradziej. (2023). What is Trending Links. https://help.brand24.com/en/articles/5182905-what-is-trending-links

David Benjamin Resnik. (2001). International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (N. Smelser & P. Baltes, Eds.). Elsevier.

Denis Mcquail. (1992). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga.

Diani Putra Andaru. (2021). Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok (Survey Pada Remaja Berusia 14-24 Tahun Pengguna Tiktok di Kota Bandung.

Drestya, D. A. (2020). Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa di Surabaya (Vol. 3, Issue 3). www.tribunews.com

Effendy. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Erwan Jusuf Thaib. (2021). Problematika Dakwah Di Media Sosial. Insan Cendekia Mandiri.

Fauzi, M. R. (2012). Pengaruh Akun Instagram @indotravellers.co Terhadap Minat Travelling Mahasiswa Ilmu.

Fitur Reels, P., Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, P., PGRI Bojonegoro, I., Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022). Nor Vitasari & Cahyo Hasanudin Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Fitur Reels Instagram pada Pembelajaran Membaca Puisi guna Mendukung Gerakan Mereka Belajar di Sekolah Menengah.

Gianpietro Mazzoleni. (2015). The International Encyclopedia of Political Communication. Wiley- Blackwell.

Handoko Hendroyono. (2012). Brand Gardener. Literati.

Ho, E. H., Hagmann, D., & Loewenstein, G. (2021). Measuring information preferences. Management Science, 67(1), 126–145. https://doi.org/10.1287/mnsc.2019.3543

Hox, J. J., & Boeije, H. R. (2004). Data Collection, Primary vs. Secondary. In Encyclopedia of Social Measurement (pp. 593–599). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B0-12-369398-5/00041-4

Hunter, M. G., & Gordon Hunter, M. (n.d.). The Narrative Approach to Information Systems Research: https://www.researchgate.net/publication/228469304

Ibrahim, C., Jaya, A., Simatupangᶟ, Y., Daado, J., Azizah, N., Fachriyyatul Ismah, mal, & Ansar, F. (2021). The Sentiment Analysis Of Indonesian National Library’s Twitter And Instagram (Vol. 5, Issue 2). https://www.perpusnas.go.id/task_function_we

Islam, M. (2020). Data Analysis: Types, Process, Methods, Techniques and Tools. International Journal on Data Science and Technology, 6(1), 10. https://doi.org/10.11648/j.ijdst.20200601.12

Jayusman, I., Agus, O., & Shavab, K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. In Halaman | 13 Jurnal Artefak (Vol. 7, Issue 1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak

Jumoke, O., & -Oyebanji, A. (2017). Evaluation View project. https://www.researchgate.net/publication/342897909

Katie Sehl, & Shannon Tien. (2023). Engagement Rate Calculator + Guide for 2023. https://blog.hootsuite.com/calculate-engagement-rate/#6_engagement_rate_calculation_methods

Kenechukwu, S. (2015). Understanding Media Effect: A Study Of How Studies In Perception Nailed The Coffin On Magic Bullet Theory. In International Journal of Social Sciences and Humanities Reviews (Vol. 5, Issue 2).

Khairil, M. (2018). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development Analisis Pemanfaatan New Media Melalui Jaringan Media Sosial.

Khatri, K. K. (2020). Research Paradigm: A Philosophy of Educational Research. International Journal of English Literature and Social Sciences, 5(5), 1435–1440. https://doi.org/10.22161/ijels.55.15

Maghfirah, A. M. (2022). Preferensi Kaum Milenial Terhadap Aplikasi Digital Streaming (Studi Pada Followers Media Sosial Twitter @drakorfess_), Vol 4 No 1.

Manning, J. (2014). Definition and Classes of Social Media Critical Interpersonal and Family Studies (CIFC) View project Sexuality & Communication Research View project. https://www.researchgate.net/publication/290514612

Martins, F. S., Cunha, J. A. C. da, & Serra, F. A. R. (2018). Secondary Data in Research – Uses and Opportunities. Revista Ibero-Americana de Estratégia, 17(04), 01–04. https://doi.org/10.5585/ijsm.v17i4.2723

Miliza Ghazali. (2016). Buat Duit dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Publishing House.

Park, Y. S., Konge, L., & Artino, A. R. (2020). The Positivism Paradigm of Research. In Academic Medicine (pp. 690–694). Lippincott Williams and Wilkins. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003093

Prakoso, A. S., & Permadi Iskandar, B. (2015). The Role Of Instagram Post Type Towards Audience Engagements. In JOURNAL OF BUSINESS AND MANAGEMENT (Vol. 4, Issue 7).

Qomariyah, A. N. (2009). Perilaku Penggunaan Internet pada Kalangan Remaja di Perkotaan.

Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. In Jurnal An-Nida (Vol. 10, Issue 1). http://www.

Sherief Salbino. (2014). Buku pintar Gadget Android Untuk Pemula. Kunci Komunikasi.

Simon Kemp. (2022, February 15). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

SÜRÜCÜ, L., & MASLAKÇI, A. (2020). Validity And Reliability In Quantitative Research. Business & Management Studies: An International Journal, 8(3), 2694–2726. https://doi.org/10.15295/bmij.v8i3.1540

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. PT Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi. (2000). Metodologi Research Jilid 1. Andi Offset.

Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED.

Tafesse, W., & Wien, A. (2017). A Framework for Categorizing Social Media Posts. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3846.4246

Trunfio, M., & Rossi, S. (2021). Conceptualising and measuring social media engagement: A systematic literature review. Italian Journal of Marketing, 2021(3), 267–292. https://doi.org/10.1007/s43039-021-00035-8

Varinder Tapriyal, & Priya Kanwar. (2012). Understanding Social Media. Ventus Publishing ApS.

Wherry, F. F., & Schor, J. B. (2016). Instagram. In The SAGE Encyclopedia of Economics and Society. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452206905.n373

Yaghmalef, & Ct, A. (2003). Content validity and its estimation. In Journal of Medical Education Spring (Vol. 3).

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikas. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Downloads

Published

2024-01-10