FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERSONAL BRANDING “INDO’ BOTTING” DALAM MEDIA SOSIAL DI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.117Keywords:
Analisis SWOT, Indo' botting, Personal BrandingAbstract
Personal branding "Indo’ botting" merupakan fenomena yang menarik dalam industri kecantikan di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk personal branding "Indo’ botting" dalam media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis SWOT yang akan digunakan sebagai kerangka kerja untuk menganalisis data dari wawancara dan analisis konten media sosial. Ini akan membantu mengidentifikasi kekuatan internal (Strengths), kelemahan internal (Weakness), peluang eksternal (Opportunities), dan ancaman eksternal (Threats) yang mempengaruhi personal branding "Indo’ botting." Informan dalam penelitian ini akan dipilih secara purposive (berdasarkan pertimbangan tertentu) dengan jumlah narasumber yang memadai untuk mendapatkan informasi yang kaya dan beragam. Sedangkan analisis data menggunakan analisis tematik dan analisis konten media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan internal, seperti keahlian dalam kecantikan tradisional Bugis, konten menarik, dan interaksi emosional dengan pengikut, merupakan kunci keberhasilan personal branding "Indo’ botting." Selain itu, peluang pasar untuk layanan pernikahan adat Bugis dan ancaman persaingan di lingkungan digital juga mempengaruhi strategi personal branding. Penelitian ini memberikan wawasan bagi para pelaku bisnis dan praktisi pemasaran untuk memanfaatkan potensi media sosial dalam membangun dan mengoptimalkan personal branding "Indo’ botting" di Sulawesi Selatan
References
Anggarini, D. T. (2021). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Personal Branding dalam Membangun Citra dan Popularitas dalam Media Sosial. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(4), 259–268. https://doi.org/10.35899/biej.v3i4.341
Arifin, R. H., Saleh, M., Daeng, J., Raya, T., Parangtambung, K., & Makassar, U. N. (2022). Makna Simbolik Prosesi Mapacci Pada Pernikahan Adat Bugis Pangkep Di Kelurahan Pa’Bundukang Kabupaten Pangkep. Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 3(1), 1–6.
Astuti, M., & Nurdin, R. (2022). Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial di dusun Turunan Girisuko Panggang Gunungkidul. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1041
Bahfiarti, T., Theriady, A. A. Z., Akmalia, D., & Sabir, T. A. (2021). Penggunaan Media Sosial pada Calabai di Sulawesi Selatan. Jurnal Komunikasi Global, 10(2), 197–213. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i2.22343
Daeng, R., Rumampuk, S., & Damis, M. (2019). Tradisi Uang Panai’ Sebagai Budaya Bugis (Studi Kasus Kota Bitung Propinsi Sulawesi Utara). Holistik, 12(2), 1–15.
Eddy, P., Wertheim, E. H., Hale, M. W., & Wright, B. J. (2018). A Systematic Review and Meta-analysis of the Effort-Reward Imbalance Model of Workplace Stress and Hypothalamic-Pituitary-Adrenal Axis Measures of Stress. In Psychosomatic Medicine (Vol. 80, Issue 1). https://doi.org/10.1097/PSY.0000000000000505
Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365
Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654
Elysmah. (2021). Metafora Dalam Cenninrara masyarakat Bugis: Kajian Semantik. 6.
Kapojos, S. M., & Wijaya, H. (2018). Mengenal Budaya Suku Bugis (Pendekatan Misi Terhadap Suku Bugis). Jurnal Lembaga STAKN Kupang, Matheteuo, 6(2), 153–174.
Montoya, P. (2002). The personal branding phenomenon. Personal Branding Press, 2002, 1–6.
Nani, D. A., Ahluwalia, L., & Novita, D. (2021). Pengenalan Literasi Keuangan Dan Personal Branding di Era Digital Bagi Generasi Z di SMK PGRI 1 Kedondong. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 43. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1313
Richadinata, K. riyan P., & Astitiani, N. L. P. S. (2021). Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Lingkungan. E-Jurnal Manajemen, 27(2), 58–66.
Selviana, S., & Yulinar, S. (2022). Pengaruh self image dan penerimaan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri remaja Yang menggunggah Foto Selfie di Media Sosial Instagram. Jurnal IKRA-ITH HUMANIORA, 6(1), 37–45. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1483/1209
Syarifira, E. (2018). Eksistensi Indo ’ Botting di Kota Parepare : Suatu Studi Antropologi. In Tesis Unhas.
Tambunan, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 24. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475
Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. syifa, & Fitroh. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XX(3), 163–179.
Wekke, I. S. (2017). Religion , State and Society : Exploration of Southeast Asia (S. Ladiqi, I. suardi Wekke, & C. Seftyono (eds.)). Political Science Program Department of Politics and Civics Education Universitas Negeri Semarang.
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.