PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @LIMELITERENTALKAMERA & @SOLOLENSA)

Authors

  • Naafi' Irsyad Luqman Nuryasin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sidiq Setyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.118

Keywords:

instagram, komunikasi pemasaran, the circular model of some

Abstract

Di zaman yang serba digital saat ini, hampir semua orang memanfaatkan media sosial untuk berbagai hal seperti hiburan, mencari informasi, bahkan dalam hal bisnis sekalipun dapat dimanfaatkan sebagai media dalam melakukan komunikasi pemasaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Limelite Rental Kamera pad media sosial Instagram. Limelite Rental Kamera dipilih sebagai subjek penelitian karena pada akun media sosial Instagram mereka tidak hanya mengunggah postingan mengenai apa saja yang mereka sewakan, namun juga hal-hal lain yang masih dalam ranah fotografi dan videografi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori The Circular Model of Some. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian akun Instagram @limeliterentalcamera dan @sololensa. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara dan juga observasi guna memperoleh informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Limelite Rental Kamera dalam komunikasi pemasarannya pada Instagram melibatkan semua elemen The Circular Model of SOME. Melalui Instagram Limelite Rental Kamera memanfaatkan berbagai fitur pada Instagram seperti Instagram Story, Reels, dan Live.

References

Abyad, A., & Abyad, A. (2017). Importance of Consumer Trust in e-commerce Security Issues in E-Commerce. In MIDDLE EAST JOURNAL OF BUSINESS-VOLUME (Vol. 12). http://www.meama.com,http://www.me-jaa.com/meaaa.htmhttp://www.mejfm.com/mepcrn.htmCoordinator,Middle-EastNetworkonAginghttp://www.me-jaa.com/menar-index.htmLebanon

Ade, D., Diem1, R., & Yulianti2, W. (2020). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus pada Akun Instagram @Kaosdisablon di CV. Purwa Satya).

Annisa, N. (2014). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (Studi kasus pada Pemasaran Online di “RealInc Store”).

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1). https://doi.org/10.30659/jikm.8.1.22-38

Hamzah, R. E., Rialdo, ), Manogari, R., Riska, ), & Shabrina, P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI KOPI KAMAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN 1) (Vol. 1, Issue 1).

Hayya, A. P., Anggrayni, D., & Fahri, M. (2022). Komunikasi Visual Dakwah Persuasif Pada Akun Instagram @hijabalila Dengan Hashtag #Freedom99persen Dari Perspektif Semiotika Charles Sanders Peirce. In KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu (Vol. 1, Issue 3).

Kurniawan, P. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK BURNEH.

Luttrell, R. (2015). Social Media. Rowman & Littlefield.

Mellianda Isnawati, D., & Sudrajat, R. H. (2021). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOSEEKER DALAM UPAYA MENARIK MINAT PENYEWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 MARKETING COMMUNICATION STRATEGY ANALYSIS OF KOSEEKER IN AN EFFORT TO ATTRACT THE INTEREST OF RENTER DURING COVID-19 PANDEMIC.

Mirawati, I. (2021). PEMANFAATAN TEORI KOMUNIKASI PERSUASIF PADA PENELITIAN E-COMMERCE DI ERA DIGITAL. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Riau. https://www.apijii.or.id

Mufiddah, A. (2019). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Owner Online Shop By_kk).

Nabil, M. (2021). PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @GRIIZELLE.ID). 2021(3), 16–30.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina, Zulfa, & Nita, Eds.). CV. Harfa Crative.

Novianti, E., Amanda Tahalea, S., & Adhi Purnama, P. (2023). Pelatihan Penulisan Deskripsi Karya Foto Yang Diaplikasikan di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal, 09(2). https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1127-1136.2023

Qadri, M. A. Al. (2023). Analisis Pengelolaan Instagram dalam Penyebaran Informasi Menggunakan Teori The Circular Model SOME. Al-DYAS, 2(3), 685–710. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i3.1495

Qorib, F., Rinata, A. R., & Fianto, L. (2021). Analisis Customer Engagement pada Akun Instagram @Oksigen_Cafe Menggunakan The Circular Model of Some. Avant Garde, 9(2), 183. https://doi.org/10.36080/ag.v9i2.1464

Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: Vol. Direview.

Risma, R. K., & Setiawan, E. (2022). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3883

Rizkiyah Fagita, A., & Sudrajat, R. H. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CHATAJA MESSENGER (PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA) DI MEDIA SOSIAL. Medialog : Jurnal Ilmu Komunikasi. https://wearesocial.com/digital-2020

Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HALOA CAFE SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2). http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK

Salindra, B. C., & Supratman, L. P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI @PARTE.CO. E-Proceeding of Management.

Subekti, P., Hafiar, H., & Bakti, I. (2020). Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengoptimalkan destination branding Pangandaran. PRofesi Humas, 4(2), 45363.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabetika.

Suheman, F., Hafiar, H., & Kadarisman, A. (2022). Pengelolaan Aktivitas Media Sosial Instagram @ditjen.dikti oleh Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi dalam Sosialisasi Kebijakan Kampus Merdeka. 5(2), 108–125.

Toybah, N. R. (2016). Dakwah Komunikasi Visual Melalui Instagram Akun @HADITSKU. Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah.

Van Basten Pakpahan, A., & Djuwita Dra, A. (2019a). PENGGUNAAN CIRCULAR MODEL OF SoMe MELALUI INSTAGRAM @TRADEMARK_BDG (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Instagram @trademark_bdg) THE USE CIRCULAR MODEL OF SoMe by INSTAGRAM @TRADEMARK_BDG (Qualitative Description Study Usage Of Social Media Instagram @trademark_bdg). http://jabar.tribunnews.com/2018/08/21/

Van Basten Pakpahan, A., & Djuwita Dra, A. (2019b). PENGGUNAAN CIRCULAR MODEL OF SoMe MELALUI INSTAGRAM @TRADEMARK_BDG (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Instagram @trademark_bdg) THE USE CIRCULAR MODEL OF SoMe by INSTAGRAM @TRADEMARK_BDG (Qualitative Description Study Usage Of Social Media Instagram @trademark_bdg). http://jabar.tribunnews.com/2018/08/21/

Wainira, M. A. D., Liliweri, Y. K. N., & Mandaru, S. S. E. (2021). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @kopipapaganteng).

Downloads

Published

2023-10-10