MANAJEMEN KRISIS PT. BERKAH WONG CILIK "SHABU HACHI" DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid Universitas Halu Oleo
  • Muji Utami Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.12

Keywords:

Covid-19, Komunikasi Krisis, Manajamen Krisis, Public Relation

Abstract

Krisis merupakan suatu situasi yang menyulitkan sebuah perusahaan dan terdapat beberapa bagian di dalamnya sebagai akibat dari sebuah situasi yang menjadikan sebuah dampak negatif terhadap perusahaan. Komunikasi yang digunakan ketika menghadapi krisis disebut dengan komunikasi krisis yang berarti pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran dari informasi yang dibutuhkan dalam mengatasi kondisi krisis yang berawal dari tahap pra-krisis hingga pasca-krisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen krisis pada masa pandemi di PT. Berkah Wong Cilik. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara dengan total dua informan kunci dan satu informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen krisis yang diterapkan oleh PT. Berkah Wong Cilik "Shabu Hachi" pada masa pandemi adalah dengan menerapkan empat langkah, yaitu: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Dengan penerapan keempat langkah tersebut, Shabu Hachi berhasil mengatasi krisis yang dilanda akibat masa Covid-19.

References

(n.d.). Retrieved from www.shabuhachi.com

Coombs. (2019). Ongoing crisis communication: Planning, managing, and responding. Sage Publications.

Dewi, S. S. (2021). The Impact of Covid-19 on the Indonesian Food Industry: A Case Study of Two Companies. International Journal of Scientific & Technology Research, 212-217.

Fink, S. (2013). Crisis management: Planning for the inevitable. Routledge.

Firsan, N. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pusaka Utama Grafiti.

Kusumawardhani, S. &. (2020). Strategi Adaptasi Perusahaan Makanan dalam Menghadapi Dampak COVID-19 di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 1-11.

Lai, Wai, I. K., Weng, J., & Wong, C. (2020). Comparing Crisis Management Practices in the Hotel Industry between Initial and Pandemic Stages of COVID-19. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 3135-3136.

Mauliah, K., Sahidun, Arifuddin, & Paramitha, E. P. (2018). Manajemen Krisis Public Relation Transmart Mataram untuk Meningkatkan Penjualan Pasca Gempa Lombok. Jurnal Media of Communication Science, 146-150.

Moelong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachmawati, N. A. (2021). The Impact of COVID-19 on the Indonesian Food Industry. Journal of Economic and Business Research.

Safitri, L. N., Kemala, I., & Aslati. (2019). Manajemen Krisis Public Relations PT. Indah Kiat Pulp and Paper TBK (IKPP) Perawang Terhadap Berkembangnya Isu Pencemaran Lingkungan. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 29-36.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sebastian, A. L. (2020). The Importance of Human Capital and the Human Organization Management in a Crisis Situation. International Conference on Business Excellence, 906-914.

Soemirat, Ardianto, S. &., & Elvinaro. (2005). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor Loyalitas Pegawai di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 671-680.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group. Jurnal Communication, 102-113.

Terry, A. G. (2021). Dasar Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Wijaya, A. M. (2020). Analisis Dampak Covid-19 terhadap Industri Makanan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Downloads

Published

2023-04-05

Issue

Section

Articles