PENGELOLAAN AKTIVITAS AKUN MEDIA SOSIAL OLEH BAGIAN HUMAS PEMERINTAH SUMEDANG

Authors

  • M. Hifzhan Izatturrahman Universitas Padjajaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjajaran
  • Aat Ruchiat Nugraha Universitas Padjajaran

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.121

Keywords:

Engage , Hubungan Masyarakat, Manage, Optimize, Share

Abstract

Pengelolaan media sosial sangatlah penting dilakukan oleh para komunikator agar pesan yang dapat diterima dengan baik oleh audience-nya. Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah (Humas Setda) Sumedang memiliki masalah pada tahapan manage, di bagian quick reponses. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini fokus menganalisis tahap share, optimize, manage dan engage dalam akun media sosial Facebook @humas Protokol Setda. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan teori The Circular Model of SoMe yang dikembangkan oleh Luttrel. Hasil yang diperoleh pada tahap manage meliputi beberapa bagian, laporan bulanan, merespon komentar dan berinteraksi dengan publik. Namun belum konsisten dilakukan dan menggunakan pendekatan kepada publiknya dengan Bahasa Sunda. Sebaiknya pada tahap share untuk dapat tercipatanya komunikasi dua arah antara Humas Protokol Setda Sumedang dengan publik, di dalam setiap posting-an Facebook yang diberikan setiap komentar diharapkan dijawab sehingga dapat terciptanya komunikasi dua arah yang timbul balik dan baik

References

Aisyah, R. N., Fadilah, E., & Sjafirah, N. A. (2020). Penggunaan Infografis pada Akun Instagramtirtoid sebagai Strategi Cross-media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(2), 210. https://doi.org/10.24198/jkj.v3i2.22276

Alakwe, K. (2017). Positivism and Knowledge Inquiry: From Scientific Method to Media and Communication Research. Specialty Journal of Humanities and Cultural Science, 2(3), 38–46.

Alkatiri, A., Nadiah, Z., & Nasution, A. (2020). Opini Publik Terhadap Penerapan New Normal Di Media Sosial Twitter. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(1), 19–26. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i1.1728

Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kuantitatif (P. R. G. Persada, Ed.). Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Chafilauidina, S. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #Jadipaham SYAWALIA PUTRI CHAFILAUDINA & ASEP SOEGIARTO. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496

Immanuel, J., & Natalia, E. C. (2021). Strategi kampanye Alzheimer Indonesia #janganmaklumdenganpikun dalam membangun kesadaran akan isu demensia. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(1), 67. https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.28296

Luttrell, R. (2019). Social Media: How to Engage, Share, and Connect. Rowman & Littlefield Publisher.

Magro, M. J. (2012). A Review of Social Media Use in E-Government. Administrative Sciences, 2(2), 148–161. https://doi.org/10.3390/admsci2020148

Mulyana, D. (2008). Metodologi Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Putri, S. C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minatbeli. PERFORMA, 1(5), 595–603. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/348

Regina, L. (2019). Social Media: How to Engage, Share, and Connect (E. Swayze, Ed.; revised). Washington, DC. Rowman & Littlefield Publishers.

Rosemary, R., Nur Rochimah, T. H., & Susilawati, N. (2022). Efficacy information in Government’s initial responses to Covid-19 pandemic: A content analysis of the media coverage in Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction, 77, 103076. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.103076

Saraswati, E. J., Romli, R., & Nugraha, A. R. (2019). Kegiatan Hubungan Media pada Direktorat Komunikasi Publik di Universitas Padjadjaran. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(2), 202. https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.17679

Sukarno, M., Winarsih, A. S., Wijaya, H. H., Septi, P., & Kasiwi, A. N. (2021). The Extent of Social Media Coverage in Delivery of Public Service. Advances in Economics, Business and Management Research, 1(1), 185–192.

Syadhana, J. P., Perbawasari, S., & Hafiar, H. (2020). Perencanaan strategi media sosial akun Instagram @ peopleattiket oleh PT . Global Tiket Network. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 36–59. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmk.v5i1

Windiasih, R. (2019). Development Communication in the Digital Era through e-Government in Public Services and Empowerment. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 1(1).

Yogie, P., Suryana, A., & Arifin, H. S. (2022). Personal branding Ridwan Kamil dalam program Gerakan Pungut Sampah. 6(2), 163–182. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.31319

York, A. (2019, October 19). How to be successful on Instagram in 5 steps. Sproutsocial.Com.

Downloads

Published

2023-10-10