FASHION ANDROGINI PADA AKUN @GENUNERD DALAM PERSEPSI MAHASISWA DI KAB.SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.122Keywords:
Androgini, Fashion, New Media, PersepsiAbstract
Fashion merupakan salah satu bentuk sarana dalam mengekspresikan diri seseorang. Gaya fashion androgini mulai banyak ditemuai dalam berbagai platform media sosial salah satunya, Tiktok. Fashion androgini identik dengan transgender, sehingga masyarakat menganggap hal tersebut hal yang tabu dan menyimpang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana penonton akun Tiktok @genunerd memaknai fashion androgini dalam media sosial Tiktok. Teori dalam penelitian ini adalah persepsi yang terdiri atas sensasi (stimulus), atensi dan interpretasi. Penelitian ini menggunakan deksripsi kualitatif, dimana peneliti ingin menggambarkan fakta-fakta yang digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai fashion androgini pada media sosial Tiktok dalam persepsi penonton akun @genunerd. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obeservasi. Dalam penentuan subjek penelitian, penelti menggunakan teknik snowball sampling. Untuk menganalisis data menggunakan analisis data dari miles dan huberman. Hasil penelitian menghasilkan persepsi pada informan bahwa penampilan fashion androgini pada akun Tiktok @genunerd merupakan sebuah kebebasan untuk mengekspresikan diri melalui fashion. Namun disisi lainnya masyarakat masih belum menerima laki-laki yang berpenampilan androgini karena faktor norma dan hal yang tabu dalam kehidupan masyarakat
References
Arnold, R. (2001). Fashion, Desire and Anxiety. In Fashion, Desire and Anxiety (1st ed.). Bloomsbury. https://doi.org/10.5040/9780755699278
Belinda, B. C. (2022). Persepsi Dan Reaksi Generasi Z Terhadap Fenomena Gender Fluid Dan Gaya Fesyen Androgini. 5(2).
Candra, J. K. (2022). PERSEPSI MAHASISWA LAKI-LAKI DI KOTA SURAKARTA PADA FASHION ANDROGINI DI INSTAGRAM JOVI ADHIGUNA. Canadian Journal of Anesthesia, 6. https://doi.org/10.1007/BF03017362
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. In P. Books. (Ed.), Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar.
Indryati, R. M. (2016). Memahami Persepsi Masyarakat Dalam Memberikan Respon Pada Komunitas Hijabers.
Jalaluddin Rakhmat. (1999). Psikologi Komunikasi (T. Surjaman (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.
Lautama, C. A. (2021). Gaya Fashion Androgini Dan Kemunculan Sosok Non-Binary. Moda, 3(1), 1–13.
Lestari, S. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Ling, J., & Catling, J. (2012). PSYCHOLOGY EXPRESS; COGNITIVE PSYCHOLOY. In R. Rahmat & A. Maulana (Eds.), Erlangga. Erlangga.
Maura, A., Atnan, N., & Ip, S. (2020). Persepsi Tokoh Perempuan Terhadap Model Fashion Androgini Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 7(1), 1816–1824. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11820
Moleong, J. L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. In Sutarno,Budi. PT. Remaja Rosdakarya. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf
Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. In Remaja Rosdakarya, Bandung (edisi ke-2). PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2021). Media Sosial Presekptif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. In Bandung: Simbiosa Rekatama Media (Vol. 2016). PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427
Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7–52. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504
Pambudi, N. S. H., Haldani, A., & Adhitama, G. P. (2019). Studi Preferensi Masyarakat Jakarta Terhadap Genderless Fashion. Jurnal Rupa, 4(1), 54. https://doi.org/10.25124/rupa.v4i1.2249
Perkasa, S., Ayu, I. D., Joni, S., Nyoman, N., & Pascarani, D. (2017). Analisis Penggunaan Fashion Androgini Sebagai Media Komunikasi di Kota Denpasar. E-Jurnal Medium, 1(1), 1–11.
Sihombing, H. L. S., & Rakhmad, W. N. (2019). Pemaknaan Khalayak Terhadap Androgini Pada Akun Instagram Andreas Lukita. Interaksi Online, 7(4), 350–360. https://ejournal3.undip.ac.id/index.%0Aphp/interaksi%02online/article/view/24955.
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Sulistiowati, W. (2019). PERSEPSI MAHASISWA UKSW TERHADAP FASHION ANDROGINI DI VLOG JOVI ADHIGUNA HUNTER [UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20294?mode=full
Wijayakusuma, P. K. F. (2020a). EKSPRESI ANDROGINI MELALUI FASHION ( Studi Kasus Pada Pria Androgini di Kota Makassar ) Oleh : Putri Kumalasari Fadly Wijayakusuma Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Wijayakusuma, P. K. F. (2020b). Masculine : Laki-laki Mengekspresikan Androgini Melalui Fashion. 3, 137–159.
Belinda, B. C. (2022). Persepsi Dan Reaksi Generasi Z Terhadap Fenomena Gender Fluid Dan Gaya Fesyen Androgini. 5(2).
Candra, J. K. (2022). PERSEPSI MAHASISWA LAKI-LAKI DI KOTA SURAKARTA PADA FASHION ANDROGINI DI INSTAGRAM JOVI ADHIGUNA. Canadian Journal of Anesthesia, 6. https://doi.org/10.1007/BF03017362
Indryati, R. M. (2016). Memahami Persepsi Masyarakat Dalam Memberikan Respon Pada Komunitas Hijabers.
Lautama, C. A. (2021). Gaya Fashion Androgini Dan Kemunculan Sosok Non-Binary. Moda, 3(1), 1–13.
Lestari, S. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Maura, A., Atnan, N., & Ip, S. (2020). Persepsi Tokoh Perempuan Terhadap Model Fashion Androgini Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 7(1), 1816–1824. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11820
Moleong, J. L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. In Sutarno,Budi. PT. Remaja Rosdakarya. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf
Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. In Remaja Rosdakarya, Bandung (edisi ke-2). PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2021). Media Sosial Presekptif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. In Bandung: Simbiosa Rekatama Media (Vol. 2016). PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427
Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7–52. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504
Perkasa, S., Ayu, I. D., Joni, S., Nyoman, N., & Pascarani, D. (2017). Analisis Penggunaan Fashion Androgini Sebagai Media Komunikasi di Kota Denpasar. E-Jurnal Medium, 1(1), 1–11.
Sihombing, H. L. S., & Rakhmad, W. N. (2019). Pemaknaan Khalayak Terhadap Androgini Pada Akun Instagram Andreas Lukita. Interaksi Online, 7(4), 350–360. https://ejournal3.undip.ac.id/index.%0Aphp/interaksi%02online/article/view/24955.
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Sulistiowati, W. (2019). PERSEPSI MAHASISWA UKSW TERHADAP FASHION ANDROGINI DI VLOG JOVI ADHIGUNA HUNTER [UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20294?mode=full
Wijayakusuma, P. K. F. (2020a). EKSPRESI ANDROGINI MELALUI FASHION ( Studi Kasus Pada Pria Androgini di Kota Makassar ) Oleh : Putri Kumalasari Fadly Wijayakusuma Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Wijayakusuma, P. K. F. (2020b). Masculine : Laki-laki Mengekspresikan Androgini Melalui Fashion. 3, 137–159.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.