FASHION ANDROGINI PADA AKUN @GENUNERD DALAM PERSEPSI MAHASISWA DI KAB.SIDOARJO

Authors

  • Anisa Hidayathul Mulyana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maghfirah Aesthetika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.122

Keywords:

Androgini, Fashion, New Media, Persepsi

Abstract

Fashion merupakan salah satu bentuk sarana dalam mengekspresikan diri seseorang. Gaya fashion androgini mulai banyak ditemuai dalam berbagai platform media sosial salah satunya, Tiktok. Fashion androgini identik dengan transgender, sehingga masyarakat menganggap hal tersebut hal yang tabu dan menyimpang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana penonton akun Tiktok @genunerd memaknai fashion androgini dalam media sosial Tiktok. Teori dalam penelitian ini adalah persepsi yang terdiri atas sensasi (stimulus), atensi  dan interpretasi.  Penelitian ini menggunakan deksripsi kualitatif, dimana peneliti ingin menggambarkan fakta-fakta yang digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai fashion androgini pada media sosial Tiktok dalam persepsi penonton akun @genunerd. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obeservasi. Dalam penentuan subjek penelitian, penelti  menggunakan teknik snowball sampling. Untuk menganalisis data menggunakan analisis data dari miles dan huberman. Hasil penelitian menghasilkan persepsi pada informan bahwa penampilan fashion androgini pada akun Tiktok @genunerd merupakan sebuah kebebasan untuk mengekspresikan diri melalui fashion. Namun disisi lainnya masyarakat masih belum menerima laki-laki yang berpenampilan androgini karena faktor norma dan hal yang tabu dalam kehidupan masyarakat

References

Arnold, R. (2001). Fashion, Desire and Anxiety. In Fashion, Desire and Anxiety (1st ed.). Bloomsbury. https://doi.org/10.5040/9780755699278

Belinda, B. C. (2022). Persepsi Dan Reaksi Generasi Z Terhadap Fenomena Gender Fluid Dan Gaya Fesyen Androgini. 5(2).

Candra, J. K. (2022). PERSEPSI MAHASISWA LAKI-LAKI DI KOTA SURAKARTA PADA FASHION ANDROGINI DI INSTAGRAM JOVI ADHIGUNA. Canadian Journal of Anesthesia, 6. https://doi.org/10.1007/BF03017362

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. In P. Books. (Ed.), Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar.

Indryati, R. M. (2016). Memahami Persepsi Masyarakat Dalam Memberikan Respon Pada Komunitas Hijabers.

Jalaluddin Rakhmat. (1999). Psikologi Komunikasi (T. Surjaman (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

Lautama, C. A. (2021). Gaya Fashion Androgini Dan Kemunculan Sosok Non-Binary. Moda, 3(1), 1–13.

Lestari, S. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

Ling, J., & Catling, J. (2012). PSYCHOLOGY EXPRESS; COGNITIVE PSYCHOLOY. In R. Rahmat & A. Maulana (Eds.), Erlangga. Erlangga.

Maura, A., Atnan, N., & Ip, S. (2020). Persepsi Tokoh Perempuan Terhadap Model Fashion Androgini Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 7(1), 1816–1824. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11820

Moleong, J. L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. In Sutarno,Budi. PT. Remaja Rosdakarya. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf

Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. In Remaja Rosdakarya, Bandung (edisi ke-2). PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2021). Media Sosial Presekptif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. In Bandung: Simbiosa Rekatama Media (Vol. 2016). PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7–52. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504

Pambudi, N. S. H., Haldani, A., & Adhitama, G. P. (2019). Studi Preferensi Masyarakat Jakarta Terhadap Genderless Fashion. Jurnal Rupa, 4(1), 54. https://doi.org/10.25124/rupa.v4i1.2249

Perkasa, S., Ayu, I. D., Joni, S., Nyoman, N., & Pascarani, D. (2017). Analisis Penggunaan Fashion Androgini Sebagai Media Komunikasi di Kota Denpasar. E-Jurnal Medium, 1(1), 1–11.

Sihombing, H. L. S., & Rakhmad, W. N. (2019). Pemaknaan Khalayak Terhadap Androgini Pada Akun Instagram Andreas Lukita. Interaksi Online, 7(4), 350–360. https://ejournal3.undip.ac.id/index.%0Aphp/interaksi%02online/article/view/24955.

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Sulistiowati, W. (2019). PERSEPSI MAHASISWA UKSW TERHADAP FASHION ANDROGINI DI VLOG JOVI ADHIGUNA HUNTER [UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20294?mode=full

Wijayakusuma, P. K. F. (2020a). EKSPRESI ANDROGINI MELALUI FASHION ( Studi Kasus Pada Pria Androgini di Kota Makassar ) Oleh : Putri Kumalasari Fadly Wijayakusuma Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Wijayakusuma, P. K. F. (2020b). Masculine : Laki-laki Mengekspresikan Androgini Melalui Fashion. 3, 137–159.

Belinda, B. C. (2022). Persepsi Dan Reaksi Generasi Z Terhadap Fenomena Gender Fluid Dan Gaya Fesyen Androgini. 5(2).

Candra, J. K. (2022). PERSEPSI MAHASISWA LAKI-LAKI DI KOTA SURAKARTA PADA FASHION ANDROGINI DI INSTAGRAM JOVI ADHIGUNA. Canadian Journal of Anesthesia, 6. https://doi.org/10.1007/BF03017362

Indryati, R. M. (2016). Memahami Persepsi Masyarakat Dalam Memberikan Respon Pada Komunitas Hijabers.

Lautama, C. A. (2021). Gaya Fashion Androgini Dan Kemunculan Sosok Non-Binary. Moda, 3(1), 1–13.

Lestari, S. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

Maura, A., Atnan, N., & Ip, S. (2020). Persepsi Tokoh Perempuan Terhadap Model Fashion Androgini Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 7(1), 1816–1824. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11820

Moleong, J. L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. In Sutarno,Budi. PT. Remaja Rosdakarya. http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf

Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. In Remaja Rosdakarya, Bandung (edisi ke-2). PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2021). Media Sosial Presekptif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. In Bandung: Simbiosa Rekatama Media (Vol. 2016). PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7–52. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3504

Perkasa, S., Ayu, I. D., Joni, S., Nyoman, N., & Pascarani, D. (2017). Analisis Penggunaan Fashion Androgini Sebagai Media Komunikasi di Kota Denpasar. E-Jurnal Medium, 1(1), 1–11.

Sihombing, H. L. S., & Rakhmad, W. N. (2019). Pemaknaan Khalayak Terhadap Androgini Pada Akun Instagram Andreas Lukita. Interaksi Online, 7(4), 350–360. https://ejournal3.undip.ac.id/index.%0Aphp/interaksi%02online/article/view/24955.

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Sulistiowati, W. (2019). PERSEPSI MAHASISWA UKSW TERHADAP FASHION ANDROGINI DI VLOG JOVI ADHIGUNA HUNTER [UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20294?mode=full

Wijayakusuma, P. K. F. (2020a). EKSPRESI ANDROGINI MELALUI FASHION ( Studi Kasus Pada Pria Androgini di Kota Makassar ) Oleh : Putri Kumalasari Fadly Wijayakusuma Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Wijayakusuma, P. K. F. (2020b). Masculine : Laki-laki Mengekspresikan Androgini Melalui Fashion. 3, 137–159.

Downloads

Published

2023-10-10