PENGARUH KONTEN YOUTUBE OURA GAMING TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MOBILE LEGENDS
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.142Keywords:
Konten YouTube , Informasi , Mobile legend , Oura GamingAbstract
Dewasa ini, data pengguna internet pada platform YouTube menempati peringkat 1. Banyak kanal YouTube yang kemudian menampilkan konten-konten, salah satunya adalah konten gaming. Dalam hal ini, konten YouTube sendiri berpengaruh terhadap pemenuhan informasi di berbagai sektor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak konten yang disajikan di kanal YouTube "Oura Gaming" terhadap pemenuhan kebutuhan informasi para pemain permainan Mobile Legends. Melalui metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan sejumlah indikator untuk menilai aspek-aspek tertentu dari konten, seperti konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan sebesar 52,7% antara konten YouTube Oura Gaming dan tingkat pemenuhan kebutuhan informasi permainan Mobile Legends. Selain itu, analisis regresi linear mengidentifikasi bahwa penggunaan media sosial dalam konten YouTube Oura Gaming memiliki pengaruh sebesar 33,1% terhadap kebutuhan informasi permainan tersebut. Temuan ini memperkuat kesimpulan bahwa konten YouTube Oura Gaming memberikan kontribusi yang berarti dalam memenuhi kebutuhan informasi para pemain Mobile Legends. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi YouTube sebagai platform informasi yang berdampak pada pemain dalam ekosistem permainan online.
References
Ahmadi, Sabarina, & Harahap. (2020). Implementation Information Technology Through Channel YouTube “Lampu Islam”. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 630-631.
Bukit. (2022). Analisis Prilaku Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19 Pada Masa New Normal. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 7-12.
Erta, A. G. (2020). Pengaruh Konten Prank dalam YouTube terhadap Sikap Negatif Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Diss. Diss.
Fajriani, A. (2021). Pengaruh Channel YouTube Yulia Baltschun Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Diet Sehat Para Viewers-nya. Bandung: Universitas Telkom.
Fitriani, Kasumawati, & Lestari. (2022). CORRELATION BETWEEN PARENTAL INTERACTIONS WITH ONLINE GAME ADDICTED ADOLESCENTS. NURSING ANALYSIS: Journal of Nursing Research, 144-153.
Ina, R. (2021). Digital Marketing pada Start Up dan UMKM: Praktik Melakukan Pemasaran Berbasis Digital Menuju UMKM Tangguh, Kompetitif dan Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Absolute Media.
Jannah, S. M. (2021). Pengaruh konten Dakwah Channel YouTube Ustadz Abdul Somad Official terhadap pemahaman Akidah Islam Remaja di Kecamatan Kota Sumenep. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kehik. (2022). ILMU PEMERINTAHAN DAERAH Menyelisik Hubungan Kerja Kepala Daerah dengan DPRD. CV Literasi Nusantara Abadi.
Khoiri. (2021). Dampak Bermain Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Toxic Disinhibition Online. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Labas, & Yasmine. (2019). Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus YouTube Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi.
Machidhar, A. S. (2022). Efektivitas penggunaan media sosial YouTube sebagai media penyebaran informasi pada Channel YouTube Diskominfo Boyolali. Solidaritas.
Pangarsa. (2020). Implementasi Media Video YouTube dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Miftahul Abror. MODELING. Jurnal Program Studi PGMI, 154-166.
Pratama, Pramudya, K., & Rosilawati, Y. (2022). The Effect of Accessing Intensity The Brandonkent Everything YouTube Gaming Channel on Subscriber Aggressive Behavior. CHANNEL: Jurnal Komunikasi , 35-46.
Putri, Susanto, & Nur. (2022). Pengaruh konten YouTube gaming terhadap pemerolehan bahasa anak usia tiga sampai enam tahun. Perspektif, 460-470.
Rahman, A. (2021). PENGARUH KONTEN REVIEW SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY A72 DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 83-92.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sulandjari, Wulan, Amboningtyas, & Hasiholan. (2023). Efektifitas Komunikasi Media Sosial Dalam Memahami Peran Elsimil Untuk Menekan Angka Stunting Di Indonesia. Jurnal Egaliter.
Tella, Adeyinka, Olatubosun, B. O., & Age, S. (2020). The perspective of undergraduate students on information needs and seeking behavior through YouTube. Journal of Electronic Resources Librarianship, 94-109.
Thellwall, M. (2021). Lifestyle information from YouTube influencers: some consumption patterns. Journal of Documentation, 1209-1222.
Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Pada Games Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 563-578.
Yogatama, Kharisma, & Fanani. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pemain dalam permainan MOBA (studi kasus: Mobile Legends: Bang-Bang!). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Zahra. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada YouTube Channel “Gadgetin” Terhadap Keputusan Pembelian Gadget. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Zuhri, Fajriah, Wibowo, Prakoso, Indriani, Windari, & Yogia. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.