PRODUCER'S STRATEGY IN IMPROVING BROADCAST PROGRAMS IN THE PANDEMIC ERA

Authors

  • Arbi Cristional Lokananta Universitas Budi Luhur
  • Rini Lestari Universitas Budi Luhur
  • Bintarto Wicaksono Universitas Budi Luhur
  • Elizabeth Elizabeth Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.147

Keywords:

Era Pandemi, Kualitas, Strategi, Meningkatkan, Produser, Program

Abstract

Tugas utama produser adalah melaksanakan seluruh pemeriksaan yang mempunyai hubungan konseptual dengan pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Produser bertanggung jawab untuk mengubah dan menyusun program. Produser juga harus memahami konten yang saat ini banyak diminati masyarakat luas dan harus memiliki konsep baru untuk meningkatkan minat penonton. Produser juga harus mampu menentukan target audiens, memilih audiens yang akan bersaing sebagai bagian penting dari strategi program, dan memiliki keterlibatan dalam periklanan dan promosi. Rumusan Masalah Bagaimana Strategi Produser dalam Meningkatkan Kualitas Program di Era Pandemi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Produser dalam Peningkatan Kualitas Program di Era Pandemi. Konsep penelitian menggunakan konsep Standard Operating Procedure (SOP) Gerald Miellson. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-positivisme. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah informan kunci dan informan. Sedangkan objek penelitiannya adalah strategi produser dalam meningkatkan kualitas acara program di era pandemi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber.

References

Arman Hamid MIKom Dra Endah Hari Utari, J., & Yoenarsih Nazar, M. (2021). Perkembangan Industri Televisi. Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/15374/5/Bab%202.Pdf, 1–43. http://digilib.uinsby.ac.id/15374/5/Bab%202.pdf

Audina, Z., & Fariha, R. I. (2022). KOMODIFIKASI KONTEN MEDIA PENYIARAN : ANALISIS EKONOMI POLITIK PADA MEDIA MASSA MNC GROUP. https://www.Fox, N. J. (2008). postpositivism with citation. https://www.researchgate.net/publication/261287946

Jelahut, F. E., & Letuna, M. A. N. (2022). ANALISIS KEPENTINGAN INDUSTRI MEDIA TELEVISI DI INDONESIA. Jurnal Jurnalisa, 8(2). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v8i2.31096

KPI. (2020). Cerita Industri Media saat Pandemi. Kpi.Go.Id. https://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/35819-cerita-industri-media-saat-pandemi

Kunci, K., Kreatif, S., & Program, E. (2019). Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Mission X Trans TV. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA, 6(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika

Muhammad Ali Mursid Alfathoni, Sya, Triadi, Ali Mursid Alfathoni, Muhammad Azmi, & Nadila. (2022). STRATEGI KREATIF PROSES PRODUKSI PROGRAM ACARA LENTERA UPU (Vol. 05, Issue 02). http://www.journal.geutheeinstitute.com.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. In Language Teaching Research (Vol. 19, Issue 2, pp. 129–132). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Nath Baral, U. (2017). ‘Research Data’ in Social Science Methods Objective and Methodology. http://www.socialresearchmethods.

Presiden Republik Indonesia. (2002). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2002 TENTANG PENYIARAN.

Rachmat, I., Astagini, N., Priani, F., Ikrar Ramdani, M., Edo Revaldo, D., Aprilia Victory, L., Christopher, J., Esa Unggul, U., Jl Terusan Arjuna Tol Tomang Kebon Jeruk, J., & Barat, J. (2022). GLOKALISASI PADA INDUSTRI PERTELEVISIAN (STUDI EKSPLORATORI TELEVISI CNN INDONESIA). Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(1), 30–37. http://www.d.umn.edu/cstroupe/ideas/glokalizatio

Sudinta, H., Irwansyah, I., & Yasa, S. (2022). Analisis Efektifitas Tayangan Televisi Terhadap Persepsi Pemirsa Pada Program Kabar Dunia Pt. Lativi Media Karya (Tvone). 1(1).

Syamsul Rizal. (2019). STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM SIARAN“PAOTERE” DI INEWS TV MAKASSAR.

Wijaya, E., Rahmanto, A., & Muhammad, A. (2022). PREFERENSI MEDIA PARA MILLENIAL TERHADAP TELEVISI KONVENSIONAL (FREE TO AIR) DAN LAYANAN VIDEO BERLANGGANAN (OVER THE TOP). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/index

Wilman, & Sugandi. (2021). STRATEGI PRODUSER PROGRAM “ACARA ANAK INDONESIA” DI TVRI KALTIM. Ejournal.Ilkom.Fisip-Unmul.Ac.Id, 9(4), 75–84. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Zartian, M. M. G., & Maring, P. (2021). Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Eksistensi Acara Top Files di Stasiun Televisi iNews. Jurnal Pewarta Indonesia, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.25008/jpi.v3i1.64

Downloads

Published

2023-10-10