EDUKASI DAN LITERASI PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK: STUDI KASUS AKUN DOKTER DETEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v10i1.1492Keywords:
Edukasi, Influencer, Media Sosial, Produk Kecantikan, TiktokAbstract
Influencer media sosial memiliki peran signifikan dalam membentuk opini publik, termasuk dalam bidang edukasi produk kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran influencer dalam mengedukasi audiens dengan fokus pada akun TikTok "Dokter Detektif," yang dikenal mengulas produk skincare yang overclaim. Penelitian ini menggunakan teori 4C Media Sosial oleh Chris Heurer dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. pendekatan penelitian menggunakan teknik Analisis Isi Konten. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Dokter Detektif" berhasil memanfaatkan elemen teori Chris Heurer 4C Social Media (context, communication, collaboration, dan connection) untuk menyampaikan informasi secara menarik dan kredibel. Penelitian ini mampu mengungkapkan bahwa teori tersebut tidak hanya sebagai media promosi, melainkan juga sesuai sebagai media edukasi. Dengan penelitian ini influencer dapat mempelajari strategi yang pas dalam mengemas konten dan brand kecantikan dapat memahami influencer kredibilitas yang seperti apa yang dapat digandeng dalam melakukan promosinya. Kolaborasi dengan pakar medis dan public figure meningkatkan kepercayaan audiens terhadap konten yang disajikan. Namun, tantangan dalam menjaga konsistensi interaksi dan keberlanjutan unggahan menjadi perhatian utama dalam membangun hubungan dengan audiens.
References
Akbar, M. F., Ati, H. D. L., & Sukarson, A. (2024). Peran Tiktok Dalam Meningkatkan Brand Awareness Di Kalangan Milenial Dan Gen Z. Journal Media Public Relations, 4(1), 52–57. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1594
APJII. (2023). Laporan Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2023.
Aprilita, D., & Listyani, R. H. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram ( Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mostbeautyindo , @Bidadarisurga , dan @papuan _ girl ). Paradigma, 04(03), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16891/15348
Endrika Widdia Putri. (2022). Analisis Konten Dakwah dalam Channel Youtube Omar & Hana Silamic Cartoons for Kids pada Awal Ramadhan 1443 H. Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/jmd.v5i1.4115
Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Warta ISKI, 1(01), 71. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.10
Gunelius, S. (2011). Content Marketing For Dummies. Wiley.
Hasan, K., Utami, A., Eni, S., Izzah, N., & Cahya Ramadhan, S. (2023). Komunikasi Di Era Digital: Analisis Media Konvensional Vs New Media Pada Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Angkatan 2021. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.47431/jkp.v2i1.302
Kurniati, et al. (2022). Analisis Personal Branding Fadil Jaidi di Media Sosial. 6(1), 112–121. https://doi.org/10.33751/jpsik.v6i2.6303
Luthfi, M., & Mubarak, M. T. (2023). Efektivitas Instagram Sebagai Media Informasi Pondok Modern Darul Hijrah Putra Martapura. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 15(2), 161–179. https://doi.org/10.23917/komuniti.v15i2.22765
Maharani, K. K. (2023). PENGGUNAAN KONTEN AI SURABAYA MILIK @BRANDONLILHERO DENGAN UNSUR BAHASA JAWA PADA TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Nucl. Phys., 7(1), 49–59. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55968
Majid, N., & Azeharie, S. (2023). Strategi Komunikasi Pemilik Kucing Selebriti dalam Membangun Personal Branding. Kiwari, 2, 161–168. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.23070
Mustaqimah, N., & Rahmah, A. H. (2022). Peran Digital Influencer dalam Memberikan Edukasi Pemilihan Produk Kecantikan pada Akun Instagram @dr.richard_lee. Journal of Communication and Society, 1(01), 1–13. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.10
Salsabillah, I., & Yuniarti, T. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Infobekasi Sebagai Media Informasi Tentang Bekasi. Jurnal Edukasi Dan Multimedia, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.37817/jurnaledukasidanmultimedia.v1i2.2900
Solis, B. (2011). The End of Business As Usual: Rewire the Way You Work To Succeed in the Consumer Revolution. Wiley.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.