STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH KEPADA GENERASI MILENIAL: PENERAPAN PRINSIP AT-TARGHIB QABLA TARHIB DALAM KONTEN YOUTUBE (USTAD HANAN ATTAKI)

Authors

  • Fidaul Qonita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Farah Najela Universitas Islam Negri Sunan Ampel
  • Dina Rahmawati Universitas Islam Negri Sunan Ampel
  • Ahsanul Izzah Universitas Islam Negri Sunan Ampel
  • Lalu Mirwazi Universitas Islam Negri Sunan Ampel
  • M. Febrianto M. Febrianto Universitas Islam Negri Sunan Ampel
  • Moh. Ali Aziz Universitas Islam Negri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v10i1.1494

Keywords:

Generasi Milenial, Prinsip At- Targhib Qabla Tarhib, Strategi Komunikasi Dakwah

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan prinsip At-Targhib Qabla Tarhib dalam strategi komunikasi dakwah pada video YouTube Ustaz Hanan Attaki berjudul "Tidak Ada yang Tidak Mungkin." Prinsip ini mengutamakan pesan motivasional dan inspiratif (targhib) sebelum memberikan peringatan (tarhib) untuk menciptakan komunikasi dakwah yang relevan dan efektif, khususnya bagi generasi milenial.Menggunakan metode analisis isi, penelitian ini mengeksplor elemen pesan, gaya komunikasi, dan strategi dakwah yang diterapkan. Pendekatan yang digunakan meliputi cerita inspiratif, motivasi spiritual yang membangun optimisme, dan penggunaan bahasa sederhana. Strategi ini dirancang untuk meningkatkan daya tarik pesan dakwah sekaligus membangun hubungan emosional dengan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip At-Targhib Qabla Tarhib dalam video ini menciptakan suasana yang inklusif dan relevan bagi milenial. Strategi komunikasi persuasif Ustaz Hanan Attaki, yang mengedepankan penyampaian positif sebelum peringatan, terbukti efektif dalam meningkatkan daya tarik pesan dakwah serta membangun kedekatan emosional dengan audiens. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu menyampaikan pesan keagamaan secara positif dan inspiratif.

References

al-Bayanuni, M. A. F. 1993. Al-Madkhal Ila `ilm Al-Da`wah: Dirasat Manhajiyah Shamilah Li-Tarikh Al-Da`wah Wa-Usuliha Wa-Manahijiha Wa-Asalibiha Wa-Wasa’iliha Wa-Mushkilatiha Fi Daw’ Al-Naql Wa-Al-`aql. Mu’assasat al-Risalah.

Andreas, Ahmad, Andreas Tri Panudju, Aditya Nugraha, Febriani Purba, Ir Erlina, Salis Nurbaiti, Pd, Yolan Septaria, Septaria Kalalinggi, M. Si, M. Suheria, S. Pd, Mano Pd, M. Elsandika, Yunisar Ricky, Ak Setiawan, S. Alfiyani, M. Keb, and Cv Lentera. 2024. METODOLOGI PENELITIAN.

Azman, Zainal. 2022. “Dakwah Bagi Generasi Milenial Melalui Media Sosial.” Jurnal Khabar: Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3:193–205. doi: 10.37092/khabar.v3i2.350.

Bachri, Bachtiar S. 2021. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10:46–62.

Bengi, Ulan Simah. 2021. “HIJRAH CINTA ANAK MUDA: Analisis Framing Konten Youtube Ustadz Hanan Attaki.” 41–42.

Elvina, Siska Novra, Wanda Fitri, Syifa Nur Fadillah, and St Hajra Syam. 2023. “Pendekatan Mau ’ Idzah Hasanah Sebagai Metode Dakwah Kepada Generasi Sandwich : Analisis Konten Youtube Ustadz Hanan Attaki # LibatinAllah.” AlL IMAM: Jurnal Manajemen Dakwah 6(2):38–48.

Endrika Widdia Putri. 2022. “Analisis Konten Dakwah Dalam Channel Youtube Omar & Hana Silamic Cartoons for Kids Pada Awal Ramadhan 1443 H.” Jurnal Manajemen Dakwah 5(1):1–9. doi: https://doi.org/10.15548/jmd.v5i1.4115.

Fauzi. 2023. “Urgensi Komunikasi Persuasif Dalam Dakwah the Urgency of Persuasive Communication in Da ’ Wah.” 13(2):117–31.

Ibnu Kasir, and Syahrol Awali. 2024. “Peran Dakwah Digital Dalam Menyebarkan Pesan Islam Di Era Modern.” Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta 11(1):59–68.

Ifansyah, M. Syukur, Ummi Aidah, Norfaidi Anwari, Nur Halimatus, Jumali Jumali, Muh Ali Aziz, and Ainul Yaqin. 2023. “Analis Dakwah Menggunakan Nasyid Ning Umi Laila Perspektif Syaikh Jumâ€TMah Amin.” Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah 5(2):11. doi: 10.52833/masjiduna.v5i2.115.

Munsch, Alison. 2021. “Millennial and Generation Z Digital Marketing Communication and Advertising Effectiveness: A Qualitative Exploration.” Journal of Global Scholars of Marketing Science 31(1):10–29.

Ngalimun. 2018. Komunikasi Interpersonal. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuryadi, Muhammad. 2022. “Keunggulan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Mahasiswa.” Journal of Civic Education 5:356–67. doi: 10.24036/jce.v5i3.757.

Parhan, Muhamad, Salmia Elvina, Dini Rachmawati, and Alma Rachmadiani. 2022. “Tantangan Mendidik Generasi Muslim Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Modern.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7:171. doi: 10.29240/belajea.v7i2.4294.

Qutubh, Sayyid. 2008. “Tafsir Fi Zhialil Qur’an (Terjemahan As’ad Yasin, Abdul Aziz Salim Basyarahi).” 282.

Ridlo, Akhmad, and Syihabuddin Syihabuddin. 2024. “Metode Penelitian Analisis Isi (Content Analysis) Manahijul Bahts.”

Salam, Abdul; Muliaty; Kamaluddin. 2020. “Dakwah Melalui Youtube (Analisis Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki).” Jurnal Washiyah 1(3):653–65.

Salsabia, Annisa Zahra, Chatib Saefullah, and Rojudin Rojudin. 2024. “Penerapan Metode Mujadalah Dalam Dialog Antar Iman.” Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 8(1):25–42. doi: 10.15575/tabligh.v8i1.25140.

Sanusi, Ahmad. 2023. Pendidikan Untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar, Dan Kecerdasan. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sari, Jumriah Komala, M. Abza. Duraesa, and Muhammad Tahir. 2024. “Strategi Komunikasi Islam Dalam Konteks Dakwah.” 5(5).

Sari, Nove Kurniati, and Dian Arif Noor Pratama. 2023. “Strategi Dakwah Bil-Hikmah Oleh Kyai Di Pesantren Hurrasul Aqidah Tarakan.” Borneo Journal of Islamic Education 3(1):1–17.

Sari, Rita Nurwulan, and Nunung Sanusi. 2023. “Penerapan Psikologi Komunikasi Dalam Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental Pada Generasi Milenial.” Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi) 4(1):34. doi: 10.32897/buanakomunikasi.2023.4.1.2943.

Tania, Guesty. 2019. “Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Di Media Sosial Instagram.”

Zahri, Mustafa, Retno Prihadi, and Amul Husni Fadlan. 2024. “The Importance Of Prayer To Save The Millennium Generation From.” 1:1–4.

Zakaria Al-Anshori, M., and Abdul Fattah. 2018. “Metode Dakwah Dalam Upaya Meningkatkan Pengamalan Islam Pada Masyarakat.” Jurnal Al-Nashihah| 2(2):86–101.

Zaydan, A. K., and M. A. Sjukur. 1982. Usul Al-Da’wah. Indonesian. Media Dakwah.

Downloads

Published

2025-01-08