DUA WAJAH SELEBGRAM: ANALISIS DRAMATURGI GOFFMAN DALAM PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.152Keywords:
Dramaturgi,, Panggung Depan , Panggung Tengah , Panggung BelakangAbstract
Selebgram menjadi fenomena yang semakin umum di dunia media sosial saat ini. Sebagai figur publik yang populer di platform tersebut, selebgram sering kali membagi kehidupan mereka menjadi dua akun untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier serta untuk melindungi privasi mereka. Para selebgram menyadari bahwa Instagram dapat mengubah citra diri seseorang sehingga dalam beberapa kasus, mereka memilih untuk membagikan cerita dan keluh kesahnya di akun Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan panggung depan, panggung tengah dan panggung belakang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori Dramaturgi Goffman. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panggung depan adalah akun utama atau publik yang digunakan untuk menjaga citra profesional dan berinteraksi dengan pengikut, sedangkan panggung tengah adalah akun pribadi yang menunjukkan sisi selebgram yang lebih autentik. Sementara itu, di belakang panggung adalah ruang privat yang tertutup untuk umum, tempat para selebgram menjaga privasi tertinggi.
References
Arifa, M., & Permata Sari, R. (2023). Konsep Diri dan Pengungkapan Diri Laki-Laki dalam Multi Account Instagram. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(1). https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss1.art3
Dianiya, V. (2021). Management Privacy dalam Penggunaan Fitur “Close Friend” di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(1), 249. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i1.2652
Fitriyani, N., Palupi, M. F., & Insan, M. (2020). Makna Kepemilikan Second Account pada Pengguna Instagram. Ilmu Komunikasi.
Harianto, S. (2023). INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA BERDRAMATURGI DALAM MEMBENTUK SELF-IMAGE VIRTUAL ( STUDI PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM DI KECAMATAN SEDAN ). 5, 139–146.
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Johana, K., Lestari, F. D., & Fauziah, D. N. (2020). Penggunaan Fitur Instagram Story Sebagai Media Self Disclosure Dan Perilaku Keseharian Mahasiswi Public Relations Universitas Mercu Buana. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(3), 280–289. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i3.111
Lestari, P. D., Gustina, A., & Besar, I. (2023). Gaya Hidup Selebgram sebagai Daya Tarik Followers Instagram di Era Pandemi Covid 19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4266–4274. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2081
Lestari, R. F., & Yulianita, N. (2023). Peran Media Sosial Instagram dalam Membentuk Self Image. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(1), 104–110. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.5846
Mahardika, R. D., & Farida, F. (2019). Pengungkapan Diri pada Instagram Instastory. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(1), 101. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i1.774
Nolanda Destiano Lestari, S., Furau’ki, N. A. F., Darmawan, F., & Nurrahmawati. (2021). PERILAKU SELF DISCLOSURE MAHASISWA KOTA BANDUNG MELALUI INSTAGRAM. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 66–77. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.111
Octaviana, V., & Susilo, D. (2021). Impact of @RaikuBeauty Instagram campaign content on brand image. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 270–284. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3873
Paramesti, A. R., & Nurdiarti, R. P. (2022). Penggunaan Pseudonym di Second Account Instagram dalam Perspektif Etika Digital. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 89–102. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5184
Prihantoro, E., Damintana, K. P. I., & Ohorella, N. R. (2020). Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second Account Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 312. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3919
Rahma Hidayati, F., & Irwansyah, I. (2021). Privasi “Pertemanan” Remaja di Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 78–91. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.186
Rejeki, N. (2020). Peran Selebgram (Selebriti Instagram) Terhadap Minat Beli Konsumen.
Rosemary, R., Susilawati, N., & Hanifah, A. (2022). Pengungkapan Diri Selebgram Aceh melalui Instagram Story. Jurnal Komunikasi Global, 11(1), 88–111. https://doi.org/10.24815/jkg.v11i1.24964
Setiadi, G. J. (2019). Self-disclosure individu androgini melalui Instagram sebagai media eksistensi diri. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(2), 272. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i2.1497
Susilawaty, F. T., Wardanhi, S. S., Sudirman, F. A., & Halika, L. O. H. (2022). Persuasi Fitur Instagram : Stay on Screen. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 7(1), 107–116. http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/22539
Tiara Ardiesty, M., Arindawati, W. A., & Nayiroh, L. (n.d.). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial MOTIF DAN MAKNA SECOND ACCOUNT INSTAGRAM BAGI MAHASISWA DI KOTA KARAWANG 1. https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3118-3126
Wisatawan, K. (2022). Jurnal jurnalisme. 11(April), 11–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.