KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT MOBILISASI GERAKAN SOSIAL DI INDONESIA

Authors

  • Ema Ema Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Luluatu Nayiroh Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.159

Keywords:

Gerakan Sosial, Komunikasi Praktis, Media Sosial

Abstract

Lima tahun terakhir, perkembangan media sosial telah mengubah lanskap komunikasi dan interaksi sosial di Indonesia. Perubahan ini tidak hanya memengaruhi cara orang berinteraksi, tetapi juga membentuk ulang dinamika gerakan sosial. Untuk itu, bagaiman analisis praktik komunikasi, pandangan, perilaku, dan strategi dalam gerakan sosial untuk mempengaruhi dan memobilisasi di media sosial. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Grounded Theory, yaitu suatu metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengembangkan teori atau model yang menjelaskan fenomena sosial melalui pengumpulan dan analisis data yang sistematis. Hasilnya, bahwa penggunaan media sosial dalam gerakan sosial telah terbukti efektif dalam menggalang dukungan dan menyebarkan informasi yang relevan, khususnya mengenai isu-isu sensitif. Strategi media sosial yang kreatif dan sensitif, termasuk penggunaan hashtag, gambar visual, dan kampanye seperti, “16 Hari Melawan Kekerasan Terhadap Perempuan,” dapat menjadi cara yang efektif untuk mempengaruhi dan memobilisasi masyarakat. Kesimpulannya, bahwa praktik komunikasi yang efektif, koordinasi yang baik antara lembaga dan pemangku kepentingan, serta pandangan dan tindakan yang sesuai akan membangun sistem yang kuat.

References

Boyatzis, R. E. (2021). Strategic dreaming: An innovative coaching technique for generative self-awareness and vision. Journal of Management Education, 45(2), 216–234. https://doi.org/10.1177/1052562920968067

Bryant, A., & Charmaz, K. (2019). The SAGE Handbook of Current Developments in Grounded Theory. https://doi.org/10.4135/9781526436061

Cohen, E., Caburnay, C.A., Luke, D.A., Cameron, G.T., Kreuter, M. W. (2018). Beyond the checklist: understanding advocacy coalitions through interviews with tobacco control policy elites. BMC Public Health, 18(1), 1203. https://doi.org/DOI: 10.1186/s12889-018-6086-9.

Craig, R. T., & Tracy, K. (2014). Building Grounded Practical Theory in Applied Communication Research: Introduction to the Special Issue. Journal of Applied Communication Research, 42(3), 229–243. https://doi.org/10.1080/00909882.2014.916410

Craig, R. T., & Tracy, K. (2021). Grounded practical theory investigating communication problems. November 2020, 2020–2022.

Fitriani, L. P., Utami, E. S., & Arafah, K. (2018). The Role of Social Media in Activism: A Literature Review. Journal of Political Science and Leadership Research, 1(2), 62–71.

Setyawan, B. (2018). The digital transformation of student activism in Indonesia: A study of student protests against the proposed criminal code changes in 2019. Asian Journal of Communication, 4(4), 374–391.

Stoler, A. L. (2019). Saving Leuser Ecosystem: Social media and environmental activism in Aceh, Indonesia. Asian Journal of Social Science, 47(3), 308–325.

Udod, S., & Racine, L. (2017). Empirical and Pragmatic Adequacy of Grounded Theory: Advancing Nurse Empowerment Theory for Nurses’ Practice. Journal of Clinical Nursing, 26. https://doi.org/10.1111/jocn.13887

Wanless, A. (2019). Computational & Network Propaganda: A Practitioner’s Review of Two Books. Journal of Communication, 69(5), E18–E21. https://doi.org/10.1093/joc/jqz020

Downloads

Published

2024-01-10