PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENES

Authors

  • Hanum Kanthi Pramesthi Universitas Brawijaya
  • Bambang Dwi Prasetyo Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.16

Keywords:

Komunikas Pemasaran, Terpaan Iklan Televisi, Brand Awareness, Teori Stimulus – Organisme – Respon

Abstract

Komunikasi pemasaran mengambil peran yang krusial bagi perusahaan. Salah satunya adalah periklanan yang mampu memengaruhi perilaku individu serta meningkatkan kesadaran merek. Perkembangan teknologi membuat sistem periklanan semakin beragam, namun iklan melalui media televisi masih memegang peranan yang krusial untuk menjangkau khalayak secara massal. Penelitian ini berlandaskan pada teori stimulus-organisme-respon (S-O-R) yang diadopsi berdasarkan pemikirkan Hovland. Stimulus dalam penelitian ini adalah terpaan iklan televisi “Waktu Indonesia Belanja”, dengan organisme yaitu masyarakat Indonesia, dan respon yang diharapkan berupa brand awareness. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan televisi terhadap brand awareness apabila ditinjau dari teori S-O-R pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini berlandaskan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif serta metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100, dengan teknik pengambilan sampel berupa nonprobability sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui perantara Google Forms. Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan “Waktu Indonesia Belanja” memiliki pengaruh positif sebesar 71.9% terhadap pembentukan brand awareness pada marketplace Tokopedia. Hal tersebut menunjukkan bahwa asumsi dasar dari teori S-O-R tergambar pada penelitian ini, yaitu stimulus akan memberikan rangsangan kepada organisme sehingga dapat mendorong adanya perubahan sikap.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing On The Value Of A Brand Name. Free Press ; Maxwell Macmillan Canada ; Maxwell Macmillan International.

Ali, H. (2019). Building Repurchase Intention And Purchase Decision: Brand Awareness And Brand Loyalty Analysis (Case Study Private Label Product In Alfamidi Tangerang). Saudi Journal Of Humanities And Social Sciences, 04(09), 623–634. Https://Doi.Org/10.36348/SJHSS.2019.V04i09.009

Astiti Sari, N. K. D., Pascarani, N. N. D., & Suryawati, Dr. I. G. A. A. (2019). PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEEBABY SHARK VERSI PRILLY ‘ADA SHOPEE, SELALU DI HATI’ TERHADAP BRAND AWARENESS SHOPEE. E-Jurnal Medium, 1, 1.

Bajwa, M. A., & Khan, J. (2022). Analysing TV Advertising Effects On The Top-Of-Mind Awareness In Pakistan. 5(6), 9.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2012). Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (9th Ed). Mcgraw-Hill/Irwin.

Burhan, F.A. (2022, Februari 3). Survei Ipsos : Shopee Rajai E-Commerce Ri, Unggui Tokopedia Dan Lazada. Diakses Dari Ipsos Survey: Shopee Rajai E-Commerce Ri, Ungguli Tokopedia And Lazada - E-Commerce Katadata.Co.Id

Dehghani, M., Niaki, M. K., Ramezani, I., & Sali, R. (2016). Evaluating The Influence Of Youtube Advertising For Attraction Of Young Customers. Computers In Human Behavior, 59, 165–172. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chb.2016.01.037

Fiati, R., Aras, M., Indrati, I., & Mani, L. (2021). E-Commerce Communication: A Descriptive Study On Integrated Marketing Communication In Tokopedia, Indonesia: 2nd Southeast Asian Academic Forum On Sustainable Development (SEA-AFSID 2018), Jogjakarta, Indonesia. Https://Doi.Org/10.2991/Aebmr.K.210305.034

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Penerbit Qiara Media.

Kn, J., Hamima, N. W., & Ardia, V. (2021). ANALYSIS OF TOKOPEDIA’S ADVERTISING CREATIVITY “WAKTU INDONESIA BELANJA.” The Indonesian Journal Of Communication Studies, 13(2), 116. Https://Doi.Org/10.31315/Ijcs.V13i2.4518

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving From Traditional To Digital. Wiley.

Kurniawan, D. (2018). KOMUNIKASI MODEL LASWELL DAN STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i1.65

Lestari, A., & Santoso, B. (2022). Pengaruh Kredibilitas Dan Terpaan Iklan Gojek Versi “BTX - It’s Okay To Be Lebay” Di Youtube Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek Pada Era New Normal. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 37–47. Https://Doi.Org/10.24167/Jkm.V2i1.4047

Morissan, M. A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenadamedia Group.

Neuman, W. L. (2013). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Permata Puri Media.

Noor, R. M. (2017). PENGARUH TERPAAN IKLAN PARTAI PERINDO DAN BERITA SEPUTAR PARTAI PERINDO DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI PEMILIH PEMULA MENGENAI PARTAI PERINDO. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 38. Https://Doi.Org/10.14710/Interaksi.6.2.38-45

Pahlevi, R. (2022, Juni 06). Survei : Shopee Jadi Marketplace Paling Digunakan Pelaku Umkm Untuk Jualan Produk. Diakses Dari Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/06/11/Survei-Shopee-Jadi-Marketplace-Paling-Digunakan-Pelaku-Umkm-Untuk-Jualan-Produk

Peta E-Commerce Indonesia. (2019, September). Diakses Dari Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce Di Indonesia 2019 (Iprice.Co.Id)

Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., Dewi, W. W. A., Destrity, N. A., Avina, D. A. A., & Illahi, A. K. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). UB Press.

Pratama, Y., & Prasandya, C. M. (2019). The Effect Of Marketing Communication Mix Towards The Purchase De Cision Of Mice Products: A Case Study From Santa Monica Hotel & Convention In Bogor. Emerging Markets : Business And Management Studies Journal, 6(1), 9–20. Https://Doi.Org/10.33555/Ijembm.V6i1.99

Rosário, A., & Raimundo, R. (2021). Consumer Marketing Strategy And E-Commerce In The Last Decade: A Literature Review. Journal Of Theoretical And Applied Electronic Commerce Research, 16(7), 3003–3024. Https://Doi.Org/10.3390/Jtaer16070164

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, And Other Aspects Of Integrated Marketing Communications (9th Ed). South-Western Cengage Learning.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Tokopedia. (2022, N.D). Diakses Dari Https://Www.Tokopedia.Com/About/

Tupani, D. (2020, Maret 23). Nielsen : Covid-19 Tingkatkan Jumlah Penonton Televisi. Diakses Dari Https://Mediaindonesia.Com/Humaniora/298392/Nielsen-Covid-19-Tingkatkan-Jumlah-Penonton-Televisi

Waktu Indonesia Belanja. (2022, N.D). Diakses Dari Https://Www.Tokopedia.Com/Discovery/Waktu-Indonesia-Belanja

Warsono, W. (2020). INTERESTING VIEWERS ANALYSIS ON ADVERTISING AT TELEVISION (Case Study Of Cigarette Ads For Viewers In The Surabaya Area). Tibuana, 3(02), 12–22. Https://Doi.Org/10.36456/Tibuana.3.02.2559.12-22

Yu, Z., Klongthong, W., Thavorn, J., & Ngamkroeckjoti, C. (2021). Understanding Rural Chinese Consumers’ Behavior: A Stimulus–Organism–Response (S-O-R) Perspective On Huawei’s Brand Loyalty In China. Cogent Business & Management, 8(1), 1880679. Https://Doi.Org/10.1080/23311975.2021.1880679

Zikri, N. E., & Dwita, V. (2021). The Impact Of Advertising Appeal And Celebrity Endorse On Attitude Advertising With Purchase Intention As Mediation Variable On Lifebuoy Hand Washing Soap Advertisement On Television. 13.

Zulfikar, A., & Subarsa, K. Y. (2019). PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN DI TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS BUKALAPAK PADA PENGUNJUNG KOTA KASABLANKA. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 17. Https://Doi.Org/10.33376/Ik.V4i1.288

Downloads

Published

2023-01-15