KEPERCAYAAN PUBLIK DALAM IKLAN: PERAN KUNCI PUBLIK FIGUR

Authors

  • Dimas Ulinnuha Sadewo Universitas Ahmad Dahlan
  • Rendra Widyatama Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.168

Keywords:

Iklan, Faktor-Faktor, Kepercayaan Publik, Publik Figur

Abstract

Periklanan telah menjadi media utama bagi para produsen untuk membranding produk mereka. Dalam mengiklankan produk, pemilihan publik figur yang tepat menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang persepsi dan sikap individu terhadap iklan yang melibatkan publik figur. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi. Fokus penelitian adalah untuk menyoroti pentingnya kepercayaan publik dalam iklan yang melibatkan publik figur, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan tersebut, sehingga memberikan pemahaman yang lebih komprehensif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya memilih publik figur yang kredibel dan sesuai dengan produk yang diiklankan sehingga memberikan panduan bagi praktisi periklanan dalam memilih strategi iklan yang efektif untuk membangun kepercayaan publik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan publik dalam konteks iklan yang melibatkan publik figur, serta memberikan panduan bagi praktisi pemasaran dalam memilih strategi iklan yang efektif.

References

Aqsa, M. (2015). Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Dan Public Figure Dalam Periklanan Online Terhadap Sikap Konsumen. BALANCE: Economic, Business, Management and …, XIV(1), 57–71. http://103.114.35.30/index.php/balance/article/view/1301

Arfianto, W. (2010). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG ( Studi Pada Iklan Produk Sepeda Motor Honda ).

Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.

Badri, J., & Safitri, T. S. R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Instagram Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 372–380. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1377

Cholifah, N., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 170–177.

Dewa, B. (2018). Jurnal CE KP kajian teori revisi 2018 (1). 8(1), 1–9.

Fine, A., & Wardhani, N. I. K. (2022). Faktor-Faktor Brand pada Keputusan Pembelian Produk Lipstick Maybelline di Kabupaten Sidoarjo. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 557. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.614

Isa, R. (2009). Pemilihan Kepala Daerah Langsung Sebagai Legitimasi Kepemimpinan Di Era Otonomi Daerah. Inovasi, 6(2), 183–197.

Jasmine, J. (2023). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Online Di Tiktok. Doctoral Dissertation, Prodi Manajemen, 6(12), 14–67.

Johannes, C. S., & Siagian, V. (2021). The Effect of Brand Ambassador , Trust and Price Discount on Interest in Buying in Tokopedia Applications. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 6(2), 98–112.

Mahendra, H. A. I., & Putri, K. A. S. (2022). Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi pada Mahasiswa di Kota Malang). Journal of Business & Applied Management, 15(1), 019. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i1.3318

Qonita, A. (2018). Analisis Pengaruh Iklan, Celebrity Endorser , Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Wardah Kosmetik (Survei Pada Calon Konsumen wardah kosmetik complek pondok pesantren Mulungan wetan, Mlati, Sleman, DIY ). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8), 1–11. http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/551/568

Sari, V. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 453–464.

Shahhosseini, H. (2014). Influence of non-visual factors on visual preferences of visitors to small urban parks in Tabriz, Iran. 1–176.

Suryani, A. (2016). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER , BRAND IMAGE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PEMBERSIH WAJAH MEN ’ S BIORE Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala Sukma 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala . 5(7), 4016–4043.

Syarifah, I. (2022). Pengaruh Soft Selling dalam Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i1.5247

Tannaz, D., & Setyo Utami, L. S. (2019). Strategi Rebranding Citra pada Figur Publik (Studi pada Aktor Tio Pakusadewo). Prologia, 3(2), 498. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6397

Tito, A. C. P., & Gabriella, C. (2019). Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 98–114. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1544

Vanesia Tehae, V. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Stray Kids terhadap Brand Image Shopee. 15.

Zakiyyah, I., & Kurniawati, E. (2023). Peran Brand Ambassador Boyband BTS Pada Iklan Gofood Dalam Membangun Brand Awareness. Solusi, 21(4), 803. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7726

Downloads

Published

2024-01-10