KETERGANTUNGAN INDIVIDU TERHADAP MEDIA DAN PERILAKU “PHUBBING” PADA INTERAKSI TATAP MUKA

Authors

  • Sarwesti Sarwesti Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.17

Keywords:

Ketergantungan terhadap media , Phubbing, Efek Media, Smartphone

Abstract

Kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia meningkat seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ditandai dengan makin tingginya jumlah pengguna smartphone dan akses internet dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta orang pada Januari 2022. Banyaknya pengguna aktif ponsel cerdas dan media sosial seperti yang disebutkan sebelumnya, intensitas penggunaan ponsel juga meningkat sehingga keterikatan pada ponsel cerdas juga meningkat dan sulit untuk mengendalikan kebiasaan terus-menerus memeriksa ponsel yang dikenal dengan phubbing. Penelitian ini untuk mengeksplorasi dinamika dari hubungan ketergantungan terhadap media yang intens dan luas antara individu dengan ponsel. Metode pengumpulan data berupa survei kemudian dilanjutkan dengan analisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa tujuan penggunaan ponsel meningkatkan intensitas penggunaan ponsel sehingga menimbulkan efek kognitif, afektif dan perubahan perilaku.

References

Aditia, Rafinitia. 2021. Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial, KELUWIH: Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol.2(1), 8–14, April 2021. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.4034.

Badan Pusat Statistik. 2022. Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html diunduh pada 12 Desember 2022.

Büttner, C. M., Gloster, A. T., & Greifeneder, R. (2022). Your Phone Ruins Our Lunch: Attitudes, Norms, And Valuing The Interaction Predict Phone Use And Phubbing In Dyadic Social Interactions. Mobile Media & Communication, 10(3), 387-405. https://doi.org/10.1177/20501579211059914.

Chotpitayasunondh, Varoth & Karen M. Douglas. 2016. How “Phubbing” Becomes The Norm: The Antecedents And Consequences Of Snubbing Via Smartphone. Computers in Human Behavior, Volume 63, 2016, Pages 9-18, ISSN 0747-5632. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.018.

David, Meredith & Roberts, James. 2017. Phubbed and Alone: Phone Snubbing, Social Exclusion, and Attachment to Social Media. Journal of the Association for Consumer Research. DOI: 10.1086/690940.

Frackowiak, M., Hilpert, P., & Russell, P. S. (2022). Partner’s perception of phubbing is more relevant than the behavior itself: A daily diary study. Computers in Human Behavior, 134(May), 107323. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107323

Hanika, I. M. 2015. Fenomena Phubbing Di Era Milenia (Ketergantungan Seseorang Pada Smartphone Terhadap Lingkungannya). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 42-51.

Jung, J. Y. 2017. Media dependency theory. The international encyclopedia of media effects, 1-10.

Leuppert, Robin & Geber, Sarah. 2020. Commonly Done But Not Socially Accepted? Phubbing And Social Norms In Dyadic And Small Group Settings. Communication Research Reports 2020, Vol. 37, NO. 3, 55–64. https://doi.org/10.1080/08824096.2020.1756767.

Littlejohn, Stephen; Karen A. Foss; and John G. Oetzel. (2017). Theories of Human Communication. Eleventh Edition. Belmont, CA: Thomson Wadsworth.

Mahdi, M Ivan. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. dikases pada 20 Oktober 2022.

Maxian, Wendy. 2014. Power to the People? Emotional Components of Media Power, Mobile ICTs, and Their Potential to Alter Individual-Media Dependency Relations. Mass Communication and Society, 17:2, 274-298, DOI: 10.1080/15205436.2013.830133.

Mukarom, Zaenal. 2021. Teori-Teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. Laurence. 2018. Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, ed. ke-7. Terjemahan: Edina T. Sofia. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media.

Roberts, J. A., & David, M. E. (2022). Partner phubbing and relationship satisfaction through the lens of social allergy theory. Personality and Individual Differences, 195(March). https://doi.org/10.1016/j.paid.2022.111676

Santoso, Melly. 2022. Hasil Survei Mengungkapkan Media Sosial Paling Digemari di Indonesia. https://www.gatra.com/news-548811-nasional-hasil-survei-mengungkapkan-media-sosial-paling-digemari-di-indonesia-.html. dikases pada 20 Oktober 2022.

Sari, D. K. 2015. Perilaku Penggunaan Internet oleh Remaja di Salatiga dalam Perspektif Media System Dependency Theory. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 4(1).

Witular, D. P. 2019. Pengaruh Teknologi Smartphone Terhadap Kebudayaan. https://doi.org/10.31219/osf.io/rk5vy

Yasin, R. M., Bashir, S., Abeele, M. V., & Bartels, J. 2020. Supervisor phubbing phenomenon in organizations: Determinants and impacts. International Journal of Business Communication. https://doi.org/10.1177/2329488420907120

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles