ANALISIS TEORI KONVERGENSI SIMBOLIK PADA AKUN INSTAGRAM @ASNBIASASAJA DALAM MENGGAMBARKAN REALITA SOSIAL ASN

Authors

  • Yuditha Franciska Ullyana Universitas Indonesia
  • Eva Reh Ulina Aritonang Universitas Indonesia
  • Magda Sabrian Theofany Simanjuntak Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.170

Keywords:

ASN, Instagram, kohesivitas, tema fantasi, teori konvergensi simbolik

Abstract

Penelitian ini menganalisis komunikasi yang terjadi pada akun instagram @asnbiasasaja menggunakan perspektif Symbolic Convergence Theory (SCT). Akun instagram @asnbiasasaja menyatukan individu dengan keterikatan dengan dunia Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meski tidak bertemu secara tatap muka, tetap dapat berbagi fantasi di ruang publik digital. Melalui postingan @asnbiasasaja , peneliti melihat usaha dari admin untuk menggambarkan realita seputar dunia kerja ASN, juga melalui interaksi dengan maupun antar followers pada kolom komentar. Aktivitas komunikasi yang berlangsung menciptakan beberapa tema fantasi yang dimaknai secara bersama oleh admin dan followers. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kualitatif interpretatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sesuai teori SCT, hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik menghasilkan tema fantasi, tipe fantasi, rantai fantasi dan visi retoris. Admin dan followers memiliki pemahaman yang sama akan simbol dan terminologi tertentu sehingga menghasilkan realitas kelompok. Dramatisasi pesan digunakan untuk mengungkapkan realita sosial sosok ASN di media sosial. Ketika konvergensi simbolik mengikat suatu kelompok, maka kesadaran kelompok akan tercipta sehingga meningkatkan kohesivitas kelompok. Penelitian ini juga menunjukkan kelemahan teori yang terlalu menekankan shared meaning dalam internal kelompok sehingga mengabaian individu “di luar” kelompok yang tidak memahami fantasi kelompok namun menjadi followers akun tersebut.

References

Ba, L., & Zhao, W. G. W. (2021). Symbolic Convergence or Divergence? Making Sense of (the Rhetorical) Senses of a University-Wide Organizational Change. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.690757

Bhattacherjee, A. (2012). Social Science Research: Principles, Methods, and Practices. Textbooks Collection. https://digitalcommons.usf.edu/oa_textbooks/3

Dainton, M., & Zelley, E. D. (2019). Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction (Fourth Edition). SAGE.

Emeilia, R. I., & Muksin, N. N. (2020). The Symbolic Convergence of Crowdfunding in Political Campaigns (Case Study: Netizen Discussions on Ridwan Kamil’s Facebook Fanpage). Jurnal Studi Pemerintahan, 11(2). https://doi.org/10.18196/jgp.112116

Frey, L. R. (2008). Group Communication. In The International Encyclopedia of Communication. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9781405186407.wbiecg028

Griffin, E. M., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2019). A First Look at Communication Theory (Tenth Edition). McGraw-Hill Education.

Hossain, M., Islam, M. T., Momin, M. A., Nahar, S., & Alam, M. S. (2019). Understanding Communication of Sustainability Reporting: Application of Symbolic Convergence Theory (SCT). Journal of Business Ethics, 160(2), 563–586. https://doi.org/10.1007/s10551-018-3874-6

Imarshan, I. (2021). Konvergensi Simbolik Komunitas Pageant Lovers Indonesia di Instagram. Jurnal Komunikasi Global, 10(2).

Kusumajanti, Efianda, A., & Maryam, S. (2015). Analisis Tema Fantasi Keluarga di Kalangan Manusia Lanjut Usia (Studi pada Kelompok Posyandu Lansia di DKI Jakarta). CommLine, VI(2).

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication (Eleventh Edition). Waveland Press, Inc.

Mayfield, A. (2018). What is Social Media? (e-book). iCrossing.

McQuail, D., & Deuze, M. (2020). McQuail’s Media and Mass Communication Theory (7th edition). SAGE.

Neuman, W. L. (2021). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th edition). Pearson.

Nurdin, N., & Pettalongi, S. S. (2022). Menggunakan Paradigma Studi Kasus Kualitatif Interpretatif Online dan Offline Untuk Memahami Efektivitas Penerapan E-Procurement. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 155–168.

Olufowote, J. (2017). Symbolic Convergence Theory. The International Encyclopedia of Organizational Communication (pp. 1–8). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118955567.wbieoc202

Pratyaksa, I. G. T., & Putri, N. W. E. (2020). Peranan New Media dalam Transformasi Fungsi Komunikator dan Fungsi Konstruksi (Dramaturgy Akun Instagram Walikota Denpasar Rai Mantra Tahun 2019). Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–3). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/391

Elsakina, F. (2016). Konvergensi Simbolik dalam Komunikasi Kelompok Komunitas Stand Up Indo Pekabnaru. JOM FISIP, 3(2).

Rheingold, H. (2000). The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier (Revised Edition). The MIT Press.

Ruben, B. D., Steward, L. P., & Householder, B. (2014). Communication and Human Behavior. Kendall Hunt Publishing Company.

Indriani, S.S., & Prasanti, D. (2020). Analisis konvergensi simbolik dalam media sosial youth group terkait kasus COVID-19 di Indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 179–193.

Wildan, M. (2014). Konvergensi Simbolis dalam Komunikasi Ruang Siber. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 5(2), 209–232.

Zanin, A. C., Hoelscher, C. S., & Kramer, M. W. (2016). Extending Symbolic Convergence Theory: A Shared Identity Perspective of a Team’s Culture. Small Group Research, 47(4), 438–472. https://doi.org/10.1177/1046496416658554

Downloads

Published

2023-10-10