EKOLOGI MEDIA OLEH RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) DENPASAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITALISASI
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.18Keywords:
Ekologi Media, RRI Denpasar, Eksistensi, Era DigitalisasiAbstract
Tingkat persaingan yang terjadi pada industri penyiaran radio cukup meningkat beberapa waktu terakhir akibat munculnya radio – radio swasta dan perkembangan media baru dalam konteks komunikasi dengan menghadirkan kecanggihannya. RRI Denpasar sebagai lembaga penyiaran publik milik pemerintah tetap terbuka pada realita dan perubahan sosial yang terjadi agar mampu mendapatkan keunggulan yang kompetitif untuk tetap mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga penyiaran publik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ekologi media oleh RRI Denpasar dalam mempertahankan eksistensi di era digitalisasi, dengan menggunakan metode deskripsi dan dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilangsungkan melalui wawancara bersama informan terpilih secara purposive sampling, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori ekologi media oleh Dimmick dan Rothenbuhler yang berasumsi bahwa media dapat bertahan dengan tiga sumber pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan berdasarkan jenis modal, RRI Denpasar memiliki modal awal berasal dari APBN, dan modal fasilitas untuk kegiatan siaran konvensional dan media baru. Berdasarkan jenis isi media, RRI Denpasar mengembangkan program acara siarannya dan membuka ruang media online. Berdasarkan jenis isi audiens, RRI Denpasar memiliki segmentasi geografis di wilayah Denpasar dan sekitarnya serta memperluas jangkauan siaran dengan memanfaatkan media digital, secara demografis RRI Denpasar membagi jenis pendengar menjadi kelompok usia, jenis kelamin, dan Sosial Ekonomi Status (SES).
References
Adleman, D. (2022). Twilight of the Eidos: rhetoric, ecology, media (and White Noise). Cultural Studies, 36(3), 410–427. https://doi.org/10.1080/09502386.2021.1946580
Bungin, B. (2021). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Keti). Kencana.
Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79–86.
Haryati. (2013). Televisi Lokal dalam Representasi Identitas Budaya. Jurnal Observasi, 11(1), 52–65.
Helaluddin, H. W. (2019). Analisis data Kualitatif; Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffary.
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif (M. E. Kurmanto (ed.); Edisi Pert). Alvabeta.
Imran, H. A. (2012). Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media, dan Fenomena Diskursif (Sebuah Tinjauan dengan Kasus pada Surat kabar Rakyat Merdeka). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160103
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Edisi Pert).
Kustiawan, Winda, dkk. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 1–9.
Maharani, D. (2021). Strategi Rri (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.334
Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 02(1), 52.
Palar, M. R. A., Sukarsa, D. E., & Ramli, A. M. (2018). Indonesian system of geographical indications to protect genetic resources, traditional knowledge and traditional cultural expressions. Journal of Intellectual Property Rights, 23(4–5), 174–193.
Rosita, D. N. I. P. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Literasi Media di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Bali. Ilmiah Dinamika Sosial, 2(1), 1–12. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/1778/411
Skrikandi, M. B. & B. (2023). Citizen Journalism Sebagai Implementasi Dari Participatory Media Culture Di Era Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Komunikasi Uho, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.10
Tamrin, A. (2019). Eksistensi LPP RRIMataram Berdasarkan Teori Niche. Jurnal Dakwa Dan Komunikasi, 10(2), 162–169. https://doi.org/10.24235/orasi.v10i2.5217
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Edisi Pert). Kencana.
of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuning Indah Pratiwi, Ni Made Octha Surya Rossitha, I Nyoman Subanda, I Gusti Ngurah Darma Paramatha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.