OPTIMALISASI PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS TELKOM
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.182Keywords:
ChatGPT, Kelas Literasi Digital, Kesadaran Media Digital, Literasi Media Digital, PendidikanAbstract
Perkembangan ChatGPT dalam dunia pendidikan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pencarian informasi dan menyediakan materi pembelajaran. Akan tetapi muncul kekhawatiran jika penggunaan ChatGPT yang signifikan tidak diimbangi dengan pemahaman literasi media digital yang memadai. Kurangnya kesadaran akan pentingnya literasi media digital dapat memberikan dampak negatif bagi pengguna seperti menurunnya kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis milestones kemunculan kesadaran literasi media digital pada mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom dalam penggunaan ChatGPT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman, pengaturan emosi, penilaian moral, dan apresiasi estetika memberikan implikasi pada pengembangan literasi media digital. Selain itu, kelas Literasi Digital terbukti memiliki dampak positif pada keterampilan berpikir kritis dan analitis mahasiswa. Mahasiswa menggunakan strategi seperti penggabungan bahan referensi dan analisis yang mencerminkan kesadaran akan pentingnya kebenaran informasi.
References
Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., & Sari, N. I. P. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798
Annur, C. M. (2023, June 26). Survei: ChatGPT Jadi Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/, 1–1.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). FIFTH EDITION Research Design: Qualitative, Quantitative & Mixed Methods Approaches.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 125–129.
Farrokhnia, M., Banihashem, S. K., Noroozi, O., & Wals, A. (2023). A SWOT analysis of ChatGPT: Implications for educational practice and research. Innovations in Education and Teaching International, 1–15. https://doi.org/10.1080/14703297.2023.2195846
Guntar, A., Ardhiani, O., & Fitriani, R. (2023). MEDIA EDUKASI: KOMUNIKASI LITERASI DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @SIBERKREASI. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i1.6542
Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. 1–14. https://www.researchgate.net/publication/329351816
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat. (2023). PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(01), 58–66.
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif Jurnal Pendidikan, Politik, Budaya, Bahasa, Manajemen, Komunikasi, Pemerintahan, Humaniora, Dan Ilmu Sosial, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Potter, W. J. (2019). Media Literacy Ninth Edition 2.
Putri, L. T., Adawiyah, R., & Fitriyani, R. A. (2021). TREN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PENGGANTI MODEL IKLAN DI MASA DEPAN. Jurnal Sosial Politika, 2(2), 118–129.
Simanungkalit, I., Utanto, Y., Tsong, C. K., & Jaya, C. A. (2023). Transformation of Education: Educator and Technology in Era Society 5.0. Journal of Curriculum Indonesia, 6(2), 174–183.
Subiyantoro, S. (2023). Eksplorasi Dampak Chatbot Bertenaga AI (ChatGPT) Pada Pendidikan: Studi Kualitatif Tentang Manfaat dan Kerugian Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots (ChatGPT) on Education: A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. Jurnal Pekommas, 8(2), 157–168.
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.