STRATEGI COPYWRITING @BEAUTY.KENDARI: PENDEKATAN TEORI AIDA DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.195Keywords:
Copywriting, Instagram, AIDA, EngagementAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penggunaan media sosial khususnya instagram dalam hal bisnis membuat banyak perusahaan yang menggunakan strategi copywriting sebagai alat komunikasi antara atau brand tertentu kepada target konsumennya, salah satu perusahaan yang menggunakan copywriting pada setiap unggahan konten di instagram ialah CV. ABS Group pada akun Instagram Unit Bisnisnya @beauty.kendari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi copywriting pada akun Instagram @beauty.kendari terhadap target konsumen, dengan menggunakan teori AIDA serta menggunakan metode kualitatif dan teknik penggumpulan datanya berupa metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik Miles and Hubberman. Konsep konten copywriting yang digunakan pada akun Instagram @beauty.kendari ialah direct response copywriting, marketing copywriting, dan branding copywriting. Secara khusus hasil analisis akun Instagram @beauty.kendari menggunakan slippery slide copywriting, dimana konten copywriting merupakan hasil manifestasi dari copywriter yang memposisikan diri sebagai target konsumen. Sehingga, pesan copywriting dapat tersampaikan dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhan dari target konsumen. Sumbangsi saran kepada copywriter di Instagram @beauty.kendari agar melakukan inovasi copywriting, dengan menggunakan technical copywriting, Konsep konten copywriting ini berguna untuk memberikan edukasi terhadap produk kepada target konsumen. Sehingga, engagement rate akan meningkat dan teredukasi awareness akan kebutuhan produk yang dijual terhadap target konsumen.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Pertama). CV. Syakir Media Press.
Anindya, W. D. (2022). Strategi Menulis Teks Promosi (Copywriting) di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Onlineshop. JAST: Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 5(2), 148-155. https://doi.org/10.33366/jast.v5i2.2720
Asriwati. (2021). Strategi Komunikasi yang Efektif (Communication for Behavior Impact “COMBI” dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue) (Edisi Pertama). Syiah Kuala University Press.
Edib, L. (2021). Menjadi Kreator Konten di Era Digital. DIVA Press.
Fiske, J. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (H. Dwiningtyas, Trans.; Edisi Ketiga). PT. RajaGrafindo Persada.
Fitriana, I. (2018). Pola Komunikasi Anak Tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kota Kediri. Diambil dari http://etheses.iainkediri.ac.id/1950/
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Edisi Pertama). CV. Pustaka Ilmu Group.
Henry Julius, A., & Ayu Chandra Agustin, D. (2022). Strategi Copywriting dalam Meningkatkan Kerjasama Pada Telkom Indonesia. Jurnal Ekombis Review, 10(2), 1371–1382. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2
Innova, E. I. (2016). Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1–11. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmukomunikasi/article/download/4851/4460
Karyaningsih, R. R. P. D. (2018). Ilmu Komunikasi. Samudra Biru.
Kumalasari Pranajaya, N., & Saeful Rachman, R. (2022). Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten (Analisis Studi Kasus di Instagram Napak Jagat Pasundan). Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi, 03(2), 83–93. http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/buanakomunikasi
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
Morissan. (2013). Teori Komunikasi (Individu Hingga Massa). Kencana (Prenadamedia Group).
Mukarom, Z. (2021). Teori-teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar). PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar). PT. Remaja Rosdakarya.
Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi (Komunikasi sebagai Kegiatan, Komunikasi sebagai Ilmu). Kencana (Prenadamedia Group).
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Pertama). Deepublish.
Susilawaty, F. T., Jaya, A., & Sudirman, F. A. (2023). Exploring the impact of Instagram like visibility on self-confidence. *Jurnal Kajian Komunikasi, 11
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.