OPINI PUBLIK TRAGEDI KANJURUHAN: STUDI NETNOGRAFI PADA KOLOM KOMENTAR VIDEO YOUTUBE TRAGEDI KANJURUHAN

Authors

  • Hana' Hamidah Sahid Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.20

Keywords:

Netnografi, Opini Publik, Tragedi Kanjuruhan, Komentar Youtube

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah merambat ke seluruh aspek manusia serta membawa ke dalam era elektronik dimana internet menjadi media utama di era komunikasi interaktif. Media sosial menjadi salah satu wadah yang digunakan manusia untuk berinteraksi, membagikan konten serta menciptakan jejaring. Interaksi individu dalam jejaring sosial dan kegiatan memproduksi konten di dalam internet kini disebut sebagai pilar kelima dari demokrasi. Individu yang berjejaring di internet memiliki kekuatan untuk memengaruhi kebijakan atau praktik institusi lain. Salah satunya adalah dalam membentuk opini publik dalam isu yang sedang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana opini publik yang terbentuk mengenai Tragedi Kanjuruhan dalam komentar di Video Youtube yang dibagikan oleh Narasi Newsroom dengan judul ‘Momen-momen Brutal Menjelang Kematian Massal’. Metode nentnografi digunakan dalam penelitian ini untuk mengkaji budaya dari pengguna media digital dari jejak daring. Hasil penelitian menemukan ada delapan kategori yang membentuk opini publik dalam komentar di Video Youtube terkait Tragedi Kanjuruhan.

References

Aditya, Gusti. (2022). Mengawal Kebenaran Tragedi Kanjuruhan lewat Media Sosial. Remotivi.https://www.remotivi.or.id/amatan/784/mengawal-kebenaran-tragedi-kanjuruhan-lewat-media-sosial

Alharethi, Manasar., Alqarni, Ahmed., Alahmari, Abdullah. (2022). A content analysis of Youtube video comments about the Saudi women’s driving. Global Media Journal; Hammond Vol.20 Iss.56 (Oct 2022): 1-6. https://www.proquest.com/scholarly-journals/content-analysis-youtube-video-comments-about/docview/2748772792/se-2

Anstead, N., & O’Loughlin, B. (2015). Social media analysis and public opinion: The 2010 UK general election. Journal of Computer-Mediated Communication, 20, 204–220. doi:10.1111/jcc4.12102

Arifin, Anwar. (2010). Opini Publik. Depok: Gramata Publishig.

Bruns, Axel.(2018). Gatewatching and news curation: Journalism, social media, and the publik sphere. Digital Formations, Volume 113. https://eprints.qut.edu.au/215471/

Chadwick, A. (2013). The Hybrid Media System. Oxford: Oxford University Press.

Choiriyati, Sri. (2015). Peran Media Massa dalam Membentuk Opini. Perspektif Volume 2, Nomor 2, 2015. Universitas Muhammadiyah Lampung. http://journal.uml.ac.id/PF/article/view/143/126

CNN Indonesia. (2022). Total Korban Tragedi Kanjuruhan Jadi 754 Orang, 132 di Antaranya Tewas. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221013212559-20-860335/total-korban-tragedi-kanjuruhan-jadi-754-orang-132-di-antaranya-tewas

Dalila, Alya., Purnama, Chandra. (2020). Pembentukan Opini Publik oleh Media: Cable News Network (CNN) Indonesia dalam 2018 North Korea-United States Singapore Summit. Indonesian Perspective, Vol.5, No.1 Januari-Juni 2020: 50-71. Universitas Padjadjaran.

Damayanti, Annisa., Yuriawan, Kapat. (2020). Instagram sebagai Medium Komunikasi Risiko di Masa Pandemi COVID-19: Studi Netnografi terhadap Komunitas Online KawalCOVID19.id. Jurnal Komunikasi Pembangunan Vol.18 (02) 2020 p.176-193. https://doi.org/DOI_10/46937/18202032355

Dutton, William H. (2009). The fifth estate emerging through the network of networks. Prometheus. March 2009. DOI: 10.1080/08109020802657453 • Source: RePEc

Dwiarsianti, Amanda. (2022). Sharenting dan Privasi Anak: Studi Netnografi pada Unggahan Instagram dengan Tagar #Anakku. Jurnal Komunikasi Global, 11(1), 2022.

Eriyanto. (2021). Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Erwanti, Marlinda Oktavia. (2022). 131 Tewas, Tragedi Kanjuruhan Laga Sepakbola Paling Mematikan Ke-2 di Dunia. Detik.com. https://news.detik.com/berita/d-6330029/131-tewas-tragedi-kanjuruhan-laga-sepakbola-paling-mematikan-ke-2-di-dunia#:~:text=Tragedi%20ini%20terjadi%20pada%2024,diinjak%2Dinjak%20atau%20sesak%20napas.&text=Tragedi%20Kanjuruhan%20menempati%20posisi%20kedua,yang%20tewas%20dalam%20tragedi%20i

Galuh Kinantan, Ajeng. (2019). Gatewatching Media Sosial di Redaksi Media Online (Penggunaan Twitter dalam Pemberitaan Tirto.id mengenai Isu Pelecehan dan Kekerasan Seksual). [Thesis]. Universitas Multimedia Nusantara.

Gazzar, Nagwa El. (2013). The role of social media in the formation of public opinion towards Islamists: A content analysis. Journal of Arab & Muslim Media Research, Volume 6, Issue 1, Mar 2013, p. 35 – 49. Doi: https://doi.org/10.1386/jammr.6.1.35_1

Han, Xuehua., Wang, Juanle., Zhang, Min., Wang, Xiaojie. (2020). Using Social Media to Mine and Analyze Public Opinion Related to COVID-19 in China. International Journal of Environtmental Research and Public Health. Doi:10.3390/ijerph17082788

Khasanah, Miftakhul. (2020). Peranan Media Sosial sebagai Agen Sosialisasi Halal dalam Membangun Kesadaran Halal: Studi Netnografi. Al-Tijary Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2020, Vol. 5, No.2, Hal.139 - 157. doi:http://dx.doi.org/10.21093/at.v5i2.2116

Mahdi, M. Ivan. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Mariana, Dede dan Paskarina. (2008). Demokrasi dan Politik Desentralisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

McGregor, Shannon C. (2019). Social Media as Public Opinion: How Journalists Use Social Media to Represent Public Opinion. Journalism. Doi: 10.1177/1464884919845458

McQuail, Denis. (2000). Mass Communication Theory, 4th Edition. London: Sage Publication.

Meikle, Graham. (2016). Social Media Communication, Sharing and Visibility. New York: Routledge.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Neuman, German & Kramer, Nicole C. (2016). Monitoring the Opinion of the Crowd: Psychological Mechanisms Underlying Public Opinion Perceptions on Social Media. Media Psychology. http://dx.doi.org/10.1080/15213269.2016.1211539

Price, V. 2011. Publik Opinion Research in the New Century. Publik Opinion Quarterly, 75 (5), pp. 846-853.

Putra, Romi Andika. (2015). Demokrasi Deliberatif dalam Media Sosial Facebook (Analisis Komentar Publik dalam Fanspage Joko Widodo tentang Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak 2014). Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Subastian, Basith. (2022). Total Korban Tragedi Kanjuruhan Jadi 754 Orang, 132 Diantaranya Tewas. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221013212559-20-860335/total-korban-tragedi-kanjuruhan-jadi-754-orang-132-di-antaranya-tewas

Sunarto, K. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Van Herten, Ashley. (2010). Crackberry.com: The Role of Superusers in a Virtual Brand Community. [Thesis]. The University of Guelph.

Downloads

Published

2023-04-01

Issue

Section

Articles