STUDI NETNOGRAFI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS PADA AKUN INSTAGRAM @JILBRAVE.OFFICIAL
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.200Keywords:
Brand, Komunikasi, Pemasaran, PolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi dalam aktivitas promosi produk Gamis Syar'i di akun Instagram @jilbrave.official yang memiliki 1 juta pengikut di Indonesia. Dengan latar belakang meningkatnya minat Muslimah Indonesia terhadap busana syar'i dan popularitas Instagram sebagai platform pemasaran yang efektif, penelitian ini mengusulkan metode netnografi komunikasi. Metode melibatkan analisis konten seperti gambar, emotikon, caption, dan komentar yang diposting di akun Instagram tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teks dan gambar yang diposting. Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi dua arah antara pemilik akun (@jilbrave.official) sebagai komunikator dan pengikut sebagai komunikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @jilbrave.official memanfaatkan fitur-fitur Instagram secara maksimal untuk memudahkan komunikasi pemasarannya. Mereka memposting gambar produk dengan caption menarik, meningkatkan jumlah pengikut, dan mengoptimalkan jumlah likes. Pola komunikasi yang diterapkan mencakup pola primer (verbal dan nonverbal), sekunder (memanfaatkan Instagram sebagai media), dan sirkular (umpan balik dari komunikator dan komunikan). Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana akun Instagram @jilbrave.official menggunakan platform tersebut sebagai alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau pasar Muslimah di Indonesia.
References
Akemu, O., & Abdelnour, S. (2020). Confronting the Digital: Doing Ethnography in Modern Organizational Settings. Organizational Research Methods, 23(2), 296–321. https://doi.org/10.1177/1094428118791018
Annisa, S. (2019). Studi Netnografi Pada Aksi Beat Plastic Pollution Oleh United Nations Environment Di Media Sosial Instagram. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1109. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.411
Ayu, R. M. (2023). Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-Instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023
Baym, N. K. (2015). Social Media and the Struggle for Society. Social Media and Society, April-JUli(Social Media and the Struggle fo Society), 1–2. https://doi.org/10.1177/2056305115580477
Boyd, D. (2014). It ’ s complicated : The Social Lives of Networked Teens. Yale University Press. https://doi.org/10.1039/b916505n
Briliana, C. N. N., & Destiwati, R. (2019). Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “HAMURinspiring” Di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 34. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12045
Buggy, R., Diana, N., Koesdijarto, R., Adi, V., & Hermawan, S. (2020). Studi Netnografi Tentang Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pesan Antar Makanan Online di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(2).
Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Elisa Serafinelli. (2018). Digital Life on Instagram: New Social Communicayion of Photography. Emerald Publishing.
Evelina, L. W. (2019). Komunitas adalah Pesan: Studi Netnografi Virtual di Situs Wisata TripAdvisor. Warta ISKI, 1(02), 65–74. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.19
Fauzi, A. R., & Supratman, L. P. (2019). Pola Interaksi Virtual Akun Instagram @warganetbersabda tentang Perundungan Siber. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(1), 61–74. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i1.617
Fuchs, C. (2014). Social Media A Critical Introduction (Second). SAGE Publications, Ltd.
Gatut Priyowidodo. (2020). Netnografi Komunikasi: Aplikasi pada Tiga Riset Lapangan. PT. RajaGrafindo Persada.
Harris, T. E., & Sherblom, J. C. (2008). Small Group and Tema Communication (Fourth Edi). Pearson Education, Inc.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Isosuo, H. (2016). Social media influencer marketing. JAMK.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. PT. Kencana Perdana.
Kurniawati, I., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. A. (2017). Pola Komunikasi Pertemuan Offline Komunitas Insta Nusantara Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 31. https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.8437
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Li, H. (2014). Virtual Community Studies : A Literature Review , Synthesis and Research Agenda. Proceedings of the Americas Conference on Information Systems, New York, January 2004.
Mahfiroh, E. D. (2022). Branding Fashion Muslim Remaja (Studi Analisis Brand Jilbrave). Researchgate.Net, June.
Mayfield, A. (2018). what is social media ? In what is social media ?
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer Dan Strategi Penjualan : Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram Sebagai Media Promotor. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(4), 135–144.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial (perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi). Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi di Internet. Simbiosa Rekatama Media.
Nurudin. (2018). Media Sosial: Agama Baru Masyarakat Digital. Intrans Publishing.
Othmani, L., & Bouslama, N. (2015). Perceived Quality of a Virtual Community and Its Components : An Exploratory Investigation. Journal of Internet Social Networking & Virtual Communities, 2015. https://doi.org/10.5171/2015.
Pace R. Wayne and Faules, Don F. (2001). Komunikasi Organisasi. ROSDA.
Pratiwi, F. D., & Si, M. (2014). ( CMC ) DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA ( Tinjauan Pada Soompi Discussion Forum Empress Ki TaNyang Shipper ). Jurnal Komunikasi Profetik, 7, No.1, 29–44.
Purwanto, E., & Ihalauw, J. J. O. I. (2017). Bisikan Dari Balik Layar: Netnografi Strategi Bisnis Berorientasi Pasar. Journal of Business & Applied Management, 9(2), 220–233. https://doi.org/10.30813/jbam.v9i2.862
Rheingold, B. H. (2005). The Virtual Community : Table of Contents.
Ri’aeni, I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Produk Kuliner Tradisional. LUGAS Jurnal Komunikasi, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.31334/ljk.v1i2.443
Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. We Are Social. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Simpson, J. (2002). Computer-mediated communication. Journal Volume 56/4. Oxford University Press., 56(October), 414–415.
Syam, N. (2018). Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Prenadamedia Group.
Waruwu, D. F. M., & Vera, N. (2020). Ujaran Kebencian di Media Sosial (Studi Netnografi di Akun Instagram @prof.tjokhowie). AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 55–69.
Wendt, B. (2014). The Allure of the Selfie: Instagram and the New Self-Portrait. Institute of Network Cultures.
Wulandari, W., & Triwardhani, I. J. (2018). Instagram sebagai Media Komunikasi Komunitas Meowholic kepada Followers pada Account Official Instagram @ Meowholicid sebagai Wadah Online Para Pecinta Kucing. Manajemen Komunikasi, I, 311–316.
Zha, Z., Santoso, E., Krisdinanto, N., & F, B. R. S. (2023). Studi Netnografi Interaktivitas e-WOM pada Followers Twitter Tokopedia Pasca Krisis Kebocoran Data Pengguna. Jurnal Ilmu Komunikasi, 21(1), 1–23
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.