GASTRODIPLOMASI INDONESIA: PROMOSI CITRA MELALUI PRODUK KOPIKO DALAM SERIAL DRAMA KOREA
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.207Keywords:
Citra Negara, Drama Korea, Gastrodiplomasi, Kopiko, Pengaruh Budaya PopulerAbstract
Penelitian ini mengungkapkan bahwa penampilan produk Kopiko dari Indonesia dalam drama Korea telah membantu meningkatkan citra Indonesia di mata penonton drama Korea di seluruh dunia, serta memberikan dampak positif bagi praktik gastrodiplomasi secara lebih luas. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa produk-produk Indonesia, seperti Kopiko, dapat menjadi alat yang efektif dalam mempromosikan citra positif tentang negara di pasar internasional, khususnya di kalangan penggemar drama Korea. Strategi menggunakan produk-produk konsumen populer dalam konten hiburan global, seperti drama Korea, dapat menjadi pendekatan yang berhasil untuk memperluas pengaruh budaya dan citra sebuah negara di tingkat global. Hal ini menunjukkan potensi besar bagi negara-negara lain untuk mengadopsi strategi serupa dalam memperkuat diplomasi budaya mereka melalui kolaborasi dengan industri hiburan global. Dengan memanfaatkan daya tarik budaya populer, negara-negara dapat lebih efektif mengkomunikasikan nilai-nilai, tradisi, dan produk-produk mereka kepada audiens internasional, serta memperkuat hubungan diplomatik dan ekonomi mereka dengan negara-negara lain. Temuan penelitian ini memberikan landasan penting bagi praktisi dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi gastrodiplomasi yang lebih efektif dan relevan dalam era globalisasi yang semakin terhubung secara budaya dan digital.
References
Antara. (2021). “Taxi Driver” dan “Vincenzo” raih rating tinggi di Korea. Antaranews. https://www.antaranews.com/berita/2120462/taxi-driver-dan-vincenzo-raih-rating-tinggi-di-korea
Badan Pengkajian dan Pengembangan Luar Negeri. (2016). Gastrodiplomacy Sebagai Penjuru Diplomasi Ekonomi Indonesia. Laporan Penelitian.
Balraj, B. M., & Abd Manan, M. H. (2022). The Conception of Soft Power in Korean’s Popular Culture. . International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(9).
Baskoro, R. M. (2022). Kisah Selera dari Negeri Rempah: Memahami Gastrodiplomasi dari Perspektif Indonesia. Indonesian Perspective, 7(2), 227–249.
Creswell, J. (2019). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kwantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Diahtantri, P. I., Fathun, L. M., & Ma’arif, D. (2021). Strategi Gastrodiplomasi Indonesia Melalui Program Co-Branding Diaspora di Australia Tahun 2018-2020. Journal of International Relations, 1(1), 52–63.
Ermann, U., & Hermanik, K. J. (2017). Branding the Nation, the Place, the Product. Taylor & Francis Group.
Finaka, A. W., Nurhanisah, Y., & Devina, C. (2023). Negara Penghasil Kopi Terbesar. Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/negara-penghasil-kopi-terbesar
Fung, A. Y. H., & Zhang, Q. (2017). The Korean Wave: Evolution, Fandom, and Transnationality (T.-J. Yoon, K. Y. Y. Jin, & D. Y. Jin, Eds.). Lexington Books.
Golan, G. J. (2013). An Integrated Approach to Public Diplomacy. American Behavioral Scientist, 57(9), 1251–1255. https://doi.org/10.1177/0002764213487711
Golan, G. J., Yang, S. U., & Kinsey, D. F. (2014). International Public Relations and Public Diplomacy: Communication and Engagement. Peter Lang AG International Academic Publishers.
Hare, P. W. (2015). Making Diplomacy Work: Intelligent Innovation for the Modern World. SAGE Publications.
Hasibuan, L. (2021). 5 Fakta Menarik Tentang Drakor Vincenzo, Ada Produk RI Lho! CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20210223142233-33-225506/5-fakta-menarik-tentang-drakor-vincenzo-ada-produk-ri-lhoi
Huijgh, E. (2019). Public Diplomacy at Home: Domestic Dimensions. Brill.
Manor, I. (2019). The Digitalization of Public Diplomacy. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-04405-3
Michelle, M., & Baskoro, R. (2022). A Lesson Learned from Pioneer of Gastrodiplomacy: Strategies of Utilizing Nation Brand by The Country of White Elephants Through The Global Thai Campaign. AEGIS : Journal of International Relations, 6(1). https://doi.org/10.33021/aegis.v6i1.3469
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.
Millenia, D. P. W. S. S. and N. Fitri. "Analisis P. B. A. B. I. D. P. P. T. M. B. K. K. D. D. K. V. (2021). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Product Placement Terhadap Minat Beli Konsumen Kopiko dalam Drama Korea Vincenzo. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2.1 , 580–588.
Mingst, K. A., McKibben, H. E., & Arreguín-Toft, I. M. (2019). Essentials of International Relations. . W. W. Norton.
Muhamad Fathun, L. (2023). IRS Public Diplomacy Strategy of Indonesia: Case Study Indomie Gastroiplomacy. Jurnal Asia Pacific Studies, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33541/japs.v7i1.4670
Mulyana, D. (2022). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Naim, J., Hidayat, A., & Bustami, S. Y. (2022). Strategi Gastrodiplomasi Thailand dalam Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Studi Kasus Gastrodiplomasi Thailand di Indonesia). Indonesian Journal of Global Discourse, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.29303/ijgd.v4i1.46
Nihayati, A., Pertiwi, E. A., & Haripa, T. I. (2022). The analysis of South Korean Gastrodiplomacy Towards the Increases of South Korean Kimchi Export. Journal of World Trade Studies, 6(2), 53–66.
Ormanli, O. (2019). Online Film Platforms and the Future of the Cinema. Communication and Technology Congress. https://www.researchgate.net/publication/337796799_online_film_platforms_and_the_future_of_the_cinema
Park, E., Kim, S., & Yeoman, I. (2019). Food Tourism in Asia. Springer Nature Singapore.
Perwitasari, D. A., & Paramita, E. L. (2020). Product Placement On Korean Drama As An Effective Tool for Brand Positioning (Case Study: Laneige). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 145. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7717
Ramadhani, A., Yulliana, E. A., Sari, K., & Permata, Q. O. (2020). Diplomasi Indonesia melalui Indomie terhadap Nigeria. Global and Policy Journal of International Relations, 8(01). https://doi.org/10.33005/jgp.v8i01.2171
Ramadhani, P. I. (2022). Mayora Beri Sinyal Kopiko Mejeng Lagi di Drakor, Tunggu Tanggal Mainnya. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/saham/read/4997848/mayora-beri-sinyal-kopiko-mejeng-lagi-di-drakor-tunggu-tanggal-mainnya?page=5
Ruby, F. (2021). Kopiko, From NASA To Vincenzo (Marketing 101 feat. Ricky Afrianto). Spotify. https://open.spotify.com/episode/66NAawWaV0T254RYWKDYMH?si=akRuehzGSJ-sr8Dr36R89w
Salam, S., Juned, M., & Utami, R. A. A. (2023). The Business Diplomacy of Mayora Indah Ltd. on The Kopiko Brand Through Export to the Philippines and Promotions on Korean Dramas. Randwick International of Social Science Journal, 4(3), 722–730. https://doi.org/10.47175/rissj.v4i3.761
Seib, P. (2016). The Future of Diplomacy. Polity Press.
Sevin, E. (2017). Public Diplomacy and the Implementation of Foreign Policy in the US, Sweden and Turkey. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-49334-3
Snow, N. (2020). Rethinking Public Diplomacy in the 2020s. In Routledge Handbook of Public Diplomacy. Routledge.
Snow, N., & Cull, N. J. (2020). Routledge Handbook of Public Diplomacy. Routledge.
Spies, Y. K. (2018). Global South Perspectives on Diplomacy. Springer International Publishing.
Suhairi, N., Wahdini, R., Nasution, D. A., & Yahya, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kopiko PT Mayora Indah dalam Memasuki dan Bersaing di Pasar Global. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2.2, 2(2), 3712–3721.
Syahputra, E. (2022). Sering Muncul di Drakor, Penjualan Kopiko Naik Drastis. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20221206134953-4-394221/sering-muncul-di-drakor-penjualan-kopiko-naik-drastis
Theodore, J., Nathan, Brenda, Vanessa, & Jainal. (2023). Upaya Meningkatkan Nama Baik Indonesia Melalui Gastrodiplomasi. Jurnal Kajian Pancasila & Kewarganegaraan, 1(1).
Triana, D., Suryana, A., & Supriadi, D. (2023). Kopiko Go Internasional: Strategi Pemasaran Brand Placement Pada Produk Permen Kopiko. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(4), 602–612.
Trisni, S., Nasir, P. E., Isnarti, R., & -, F. (2019). South Korean Government’s Role in Public Diplomacy: A Case Study of the Korean Wave Boom. Andalas Journal of International Studies (AJIS), 8(1), 31. https://doi.org/10.25077/ajis.8.1.31-42.2019
Valerisha, A., & Raden Fahrizal Ahadisuryo. (2020). IKEA in Indonesia: The Synergy of Swedish Public Diplomacy and Nation Branding. Jurnal Sosial Politik, 6(1).
Vellycia. (2021). Beyond Entertainment: Gastrodiplomacy Performance in Korean Drama and Reality Show. Communicare : Journal of Communication Studies, 8(2), 104. https://doi.org/10.37535/101008220212
Viktorin, C., Gienow-Hecht, J. C. E., Estner, A., & Will, M. K. (2018). Nation Branding in Modern History. Berghahn Books.
Wachyuni, S. S., Zephira Aisya Dalimarta, Fernanda Stefani, Hapsari Nindya Kinasih, Liem Christina Puspitasari, & Muhammad Farrel Aldean Hermanto. (2023). Pengaruh Makanan Tradisional Pada Drama Korea Terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan Indonesia ke Korea Selatan. Journal of Tourism Destination and Attraction, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.35814/tourism.v11i1.4596
Widiastutie, S., Kusuma, C. S. D., Pradhanawati, A., & Sardjono, M. A. (2022). Diplomasi Kopi Indonesia di Kancah Dunia. Indonesian Perspective, 7(2). https://doi.org/10.14710/ip.v7i2.50778
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.