FUNGSI GOVERMENT PUBLIC RELATIONS BADAN PENGUSAHAAN BATAM: ANALISIS STUDI KASUS KONFLIK MASYARAKAT REMPANG

Authors

  • Rosmala Rosmala STISIP Persada Bunda
  • Desy Mairita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Susi Artuti Erda Dewi STISIP Persada Bunda

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.211

Keywords:

Badan Pengusahaan Batam, Goverment Public Relations, Konflik, Masyarakat Rempang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi goverment public relation Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam mengatasi konflik yang terjadi pada  masyarakat Rempang. Analisis kajian penelitian ini  menggunakan data sekunder dengan mengumpulkan data dari artikel, jurnal, website BP Batam, berita media online. Hasil penelitian ini, menunjukkan  bahwa BP Batam melaksakan fungsi goverment public relations saat mengatasi konflik yang terjadi di Rempang adalah: (1) Goverment public relations BP Batam mengamankan  kebijaksanaan  pemerintah dengan terwujudnya proyek pengembangan Program Strategis Nasional pembangunan Rempang Eco City dari Xinyi Glass Holdings Ltd; (2) Bahwa Govermnet public Relations BP Batam memberikan  pelayanan, dan  pesan  atau  informasi  mengenai  kebijaksanaan dan  hingga program-rogram kerja  secara  nasional  kepada  masyarakat Rempang; (3) Govement public relations BP Batam  menjadi komunikator  dan  mediator dalam mengatasi kasus konflik masyarakat Rempang. Melakukan sosialisasi serta menampung aspirasi masyarakat (4) Goverment public relations berupaya menciptakan  iklim  yang  yang  kondusif  dan  dinamis. Walaupun konflik masyarakat Rempang tidak dapat dihindari, kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah  terus berlanjut demi Program pembangunan  Nasional jangka pendek atau panjang di Rempang. Melalui  Goverment public relation BP Batam telah menyampaikan pada masyrakat yang direlokasi mendapatkan hak-haknya yang diberikan oleh pemerintah.

References

Alifha, F., & Hapsari, D. R. (2021). Effectiveness of Cyber Government Public Relations in Dissemination of Health Information as a Form of Crisis Communication (Case: Covid-19 Health Information Bogor Regency Community). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 05(06), 837–842. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/922-Article Text-2438-1-10-20220120.pdf

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak Publisher.

Anggrahini, M. D., Rochayanti, C., & Sosiawan, E. A. (2008). PENGELOLAAN ISI INFORMASI WEBSITE PEMDA SEBAGAI. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6, 145–152.

Aras, M. (2014). KEGIATAN GOVERNMENT PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI DENGAN DUNIA PERS : STUDI KASUS HUMAS PEMERINTAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR. 5(2), 1056–1065.

Ardianto, E. (2013). Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Simbiosa Rekatama Media.

Arofi, A. M. (2018). Strategi Government Public Relations Kementerian Komunikasi Dan Informatika Dalam Mengelola Isu Publik. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Astuty, S., Setyastuti, Y., Maulina, N., & Hanief, L. (2017). ANALISIS FUNGSI DAN PERAN HUMAS DALAM UPAYA IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE (Studi pada Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin) Sri. Journal Of Communication Studies, 2(1).

Bakti, I., & Zubair, F. (2021). Fungsi peran dan teknik komunikasi humas dalam program Sabilulungan Bersih Kabupaten Bandung. 6(1), 45–66.

Budhirianto, S., & Sunarsi, R. (2017). INFORMASI DIBIRO HUMAS PEMPROV JABAR REVITALIZATION OF FUNCTIONS GOVERNMENT PUBLIC RELATION IN GOVERNANCE INFORMATION ON BUREAU OF PUBLIC RELATION AT. Jurnal KOmunikasi Media Dan Informatika, 6.

Deny, S. (2023). Menteri Bahlil Soal Konflik Rempang: Yang Diberitakan Terlalu Lebay. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5428587/menteri-bahlil-soal-konflik-rempang-yang-diberitakan-terlalu-lebay

Devi, B., Siswanto, L., & Abraham, F. Z. (2016). PERAN HUMAS PEMERINTAH SEBAGAI FASILITATOR KOMUNIKASI PADA BIRO HUMAS PEMPROV KALIMANTAN SELATAN THE ROLE OF GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS AS FACILITATORS COMMUNICATION IN BUREAU OF PUBLIC RELATION AT SOUTH KALIMANTAN PROVINCE. 19(1), 55–68. https://doi.org/10.20422/jpk.v19i1.64

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fahri, M. E., & Unde, A. A. (2018). Analysis of Government Public Relations Role and Function in Global Information Era at Legislative House Central Sulawesi Province. 7(2).

Furqon, D., Patrianti, T., Syahputra, Y. R., Rifqi, M., Universitas, F., & Jakarta, M. (2024). Peran Humas Pemerintah Kota Batam Dalam Penanganan Kasus Rempang. INNOVATIVE: Journal Of Social Sciense Research, 4, 5254–5264.

humasbpbatam. (2023). Bersama Forkopimda, BP Batam Akan Terus Menjaga Situasi Kondusif di Rempang. BadanPengusahaanBatam. https://bpbatam.go.id/bersama-forkopimda-bp-batam-akan-terus-menjaga-situasi-kondusif-di-rempang/

Kadarisman, A. (2021). Government public relations dalam pengembangan pariwisata masa pandemi COVID-19 di Geopark Ciletuh. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 270–290.

Kominfo. (2023). Lingkup Program Government Public Relations. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Repblik Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/6857/lingkup-program-government-public-relations/0/pp_gpr

Kriyantono, R. (2017). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Kencana.

Lee, M., Neeley, G. W., & Stewart, K. (2012). The Practice of Government Public Relations Chapter 1 Introduction. University of Dayton eCommons. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tAwxEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT10&dq=Martinelli,+D.+K.+(2012).+The+Practice+of+Government+Public+Relations.+In+M.+Lee,+G.+Neeley,+%26+K.+Stewart+(Eds.),+The+Practice+of+Government+Public+Relations+(pp.+143-).+Taylor+%26+Francis.&ots=aDhHiHQ1L_&sig=medYFnPlDGIudeak8WrqVEUm2k8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Lubis, E. E. (2012). PERAN HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAH. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 1–73.

Maulana, F. (2023). Konflik Rempang: Benarkah Mereka Warga Liar? Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://umj.ac.id/opini-1/konflik-rempang-benarkah-mereka-warga-liar/

Maulana, P. S., & Afifi, S. (2021). Analisis Peran dan Fungsi Public Relations di Lembaga Pendidikan Islam Analysis of the Role and Function of Public Relations at Islamic Education Institutions merupakan tempat berlangsungnya mengubah tingkah laku individu ke belajar mengajar , secara umum. Jurnal Mahasiswi Cantrik, 1(2), 147–162.

Maulida, R. (2020). PERAN HUMAS PEMERINTAH SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PUBLIK (STUDI PADA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH KOTA BOGOR). UG Jurnal, 14(7), 9–17.

Miles, B. M., Hubermen, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis (3rd ed.; H. Salmon, Ed.). Arizona State University, USA.

Moleong, J. L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif,. Rosda Karya.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., & Novianti, E. (2022). Analisis strategi humas pemerintahan era milenial dalam menghadapi tata kelola informasi publik. 6(2), 286–310.

Nugraheny, D. E., & Rastika, I. (2023). Soal Ricuh di Pulau Rempang, Jokowi: Bentuk Komunikasi yang Kurang Baik. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2023/09/12/12434781/soal-ricuh-di-pulau-rempang-jokowi-bentuk-komunikasi-yang-kurang-baik

Prastowo, F. A. A. (2020). Pelaksanaan fungsi pokok humas pemerintah pada lembaga pemerintah. PRofesi Humas, 5(1), 17–37.

Pratama, I. Y. (2023). BP Batam jelaskan soal Hak Pengelolaan Lahan kawasan Rempang. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/3758187/bp-batam-jelaskan-soal-hak-pengelolaan-lahan-kawasan-rempang

Pratama, I. Y., & Hermawati, T. (2021). Strategi komunikasi humas pemerintah kota tangerang. Komunikasi Massa.

Pratami, N., & Septiadi, M. A. (2021). Sosialisasi Penerapan Fungsi Humas Desa Sebagai Pengelola Informasi pada Pemerintah Desa Batu Itam. 38(November).

Rachman, A. (2023). 7 Fakta Soal Kisruh di Pulau Rempang, Seret Nama Tomy Winata. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230918111142-4-473321/7-fakta-soal-kisruh-di-pulau-rempang-seret-nama-tomy-winata

Riana, Y., & Chandra, R. (2017). Implementasi Sinergi Humas Pemerintah Indonesia Pascapenetapan INPRES No.9 Tahun 2015. 01(01), 566–573.

Rosmala, R. (2021). Fungsi komunikasi korporat Humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 143. https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.28329

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. 4(2), 215–236.

Saptowalyono, C. A. (2023). Presiden Jokowi: Masalah di Rempang Imbas Komunikasi yang Kurang Baik. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/09/12/presiden-jokowi-sebut-permasalahan-di-rempang-imbas-komunikasi-yang-kurang-baik

Sara, E., & Juanda, F. (2023). Situasi Rempang Makin Kondusif, Warga: Alhamdulillah, Sudah Sedikit Tenang. Batampos. https://batampos.jawapos.com/infokota/20/09/2023/situasi-rempang-makin-kondusif-warga-alhamdulillah-sudah-sedikit-tenang/

Sari, A. A. (2017). Dasar Dasar Public Relations. Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations : Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Prana Media Group.

Wahyudin, U., & Erlandia, D. R. (2018). PERAN HUMAS PEMERINTAH DALAM PEMASARAN CITY BRANDING. 2, 162–167.

Widiargun, D., Wulandari, E., Diah, I., Islam, U., & Yusuf, S. (2023). PERAN PUBLIK RELATIONS DALAM ISU DAN KRISIS PT . PERTAMINA ( PERSERO ). 3(2), 49–58.

Widiyanti, P., Rosida, L., Rifai, M., Saputra, K. A., & Maskur, A. (2023). Analisis Regulasi Hukum Dan Implikasi Terhadap Penegakan HAM Di Pulau Rempang. Visi Sosial Humaniora(VSH), 2023(1), 29–37

Downloads

Published

2024-04-16

Issue

Section

Articles