PERAN MEDIA PR: MENINGKATKAN KESADARAN NASABAH TENTANG CYBERSECURITY MELALUI FILM WEB SERIES “NURUT APA KATA MAMA

Authors

  • Arfian Suryasuciramdhan Universitas Bina Bangsa
  • Dias Suminta Suria Putra Akademi Televisi Indonesia
  • Anton Bahtiar Rifa'i Universitas Bina Bangsa
  • Fithrotul Kamilah Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.219

Keywords:

BCA, Media PR, Web Series, YouTube

Abstract

Layanan sektor perbankan yang berbasis internet memberikan peluang terjadinya tindak kriminalitas dengan menggunakan teknologi atau cybercrime, sehingga nasabah perlu waspada untuk berhati-hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Bank Central Asia untuk meningkatkan kesadaran nasabah terhadap mobile banking fraud. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka yang bersumber dari web series "Nurut Apa Kata Mama Episode 2" yang dipublikasikan di media sosial YouTube Solusi BCA. Hasil dari penelitian ini berupa peningkatan kesadaran nasabah BCA terhadap pesan asing yang mengatas namakan pihak bank, sehingga nasabah menjadi lebih berhati-hati lagi. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskripstif dengan pendekatan studi litelatur, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan cara pengamatan langsung pada data yang tersedia melalui akun YouTube Solusi BCA dan studi litelatur lainnya, tanpa melakukan wawancara. Subjek di dalam penelitian ini mengacu pada web series “Nurut Apa Kata Mama, Episode 2: Undian Kulkas 5 Pintu” di kanal YouTube Solusi BCA. Hasil dari penelitian ini adalah hal-hal penting yang diperhatikan oleh Bank Central Asia dalam menjalankan proses strategi komunikasi agar nasabah dapat menerima pesan dengan baik.

References

Adelia Mastifah Cahyani. (2020). Strategi komunikasi humas pemerintah kota surabaya dalam melayani dan menggali potensi Nasabah melalui media sosial. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16. Jurnal Ilmu Komunikasi (JIK).

Alfarizi, Moh. K. (2023, January 31). Pembobolan M-Banking, Kaspersky: 356 Ribu Phising Sektor Keuangan di RI Terjadi Tahun 2022. Tempo.Co.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Interner Indonesia.

dfi.wa.gov. (2023). Protecting yourself from cyber attacks. Washington State Department of Financial Institutions.

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (T. Sujarman (ed.); Kedua puluh). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fajar Muharam, Hifni Alihami & Rahtik. (2022). CYBER PUBLIC RELATIONS MELALUI INSTAGRAM KT&G SANGSANG UNIV. INDONESIA. Jurnal Akrab Juara.

Johri, A., & Kumar, S. (2023). Exploring Customer Awareness towards Their Cyber Security in the Kingdom of Saudi Arabia : A study in the Era of Banking Digital Transformation. Hindawi Human Behavior and Emerging Technologies.

Oktaria Sukmayani & Jamroji. (2021). MODEL MONITORING MEDIA DI BIDANG PR PERUSAHAAN BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya. DOI: https://doi.org/10.31538/almada.v4i2.1284.

Putri, R. A., & Rosilawati, Y. (2020). Komunikasi Strategis Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Mensosialisasikan Kawasan Pedestrian di Malioboro. Jurnal Audiens, 1(1). https://doi.org/10.18196/ja.11011.

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). METODE PENELITIAN KOMUNIKASI (Edisi Revisi). Simbiosa Rekatama Media.

Satira, Arini Ulfa, & Hidriani, Rossa. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. SADIDA, 1(2), 179–202. https://www.journal.ar-raniry.ac.id/index.php/sadida/article/view/1612.

Saskia, C., & Pertiwi, W. K. (2023, October 20). Ada 354 Juta Ponsel Aktif di Indonesia, Terbanyak Nomor 4 di Dunia. Kompas.Com.

Sekar, A., Umami, N., Lutfi, A. M., Kusumawati, A., Hayyu, D., Muna, R., & Ningsih, T. D. (2024). Efektivitas Startegi Kampanye Iklan Edukasi Bank Bca “Don’t Know? Kasih No!” Terhadap Maraknya Fenomena Phishing Di Nasabah. In Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (Vol. 2, Issue 1). https://jsr.lib.ums.ac.id/index.php/determinasi page57.

Susilo, D. (2023). The Effect Of The #AwasModus Campaign At @bankbca Tiktok On Community Financial Literacy. Jurnal Media Dan Komunikasi, 4(1), 18–32. https://e-journal.unair.ac.id/Medkom.

Syarat dan Ketentuan BCA mobile. (n.d.). BCA.

Vira, A., & Reynata, E. (2022). PENERAPAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASSA. https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i02.514. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/514.

Yunita Dwi Tamara. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10760.https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/10760.

Yuwono, R., Wibowo, A., Had[i Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. I. (2019). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile) (Vol. 3, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id

Downloads

Published

2024-04-16

Issue

Section

Articles