KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF: STUDI KASUS DI SLB ABC MELATI AISYIAH DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.222Keywords:
Efektivitas, Komunikasi Nonverbal, Pendidikan, InklusifAbstract
Hidup berdampingan dengan anak tanpa kebutuhan khusus menjadi suatu tantangan bagi anak yang berkebutuhan khusus seperti tunarungu, sebab tunarungu adalah suatu permasalahan pada pendengaran yang bahkan sama sekali tidak bisa mendengar sehingga anak yang menderita tunarungu tidak dapat mengeluarkan kata pada saat ingin berkomunikas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk, hambatan, dan dampak komunikasi nonverbal yang diterapkan oleh pendidik pada anak tunarungu di SLB ABC Melati Aisyiah, Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal sangat efektif bagi siswa tunarungu. Dengan penerapan komunikasi nonverbal, siswa tunarungu tidak hanya akan terus bergantung pada orang tua mereka, tetapi juga akan mampu berinteraksi dalam masyarakat sebagai individu yang mandiri. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa tunarungu, meskipun terdapat hambatan emosional yang mempengaruhi interaksi
References
Alimuddin, A., & Wairata, S. G. (2021). Efektivitas Komunikasi Non-Verbal Pada Anak Tunarungu Dalam Berkomunikasi Di Slb Rajawali Makassar. Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik, 8, 88–108. https://doi.org/10.47030/aq.v8i1.56
Amalia, R. R. (2013). TERAPI BERMAIN BAGI ANAK TUNARUNGU. Insania, 18(2), 231–243.
Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 12(2), 64–81. https://doi.org/10.30739/darussalam.v12i2.1188
Aulia, R. (2022). KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B-C DHARMA WANITA KOTA MADIUN. IAIN Ponorogo.
Khabar, J., & Islam, P. (2022). KOMUNIKASI NON VERBAL GURU AGAMA ISLAM PADA SISWA TULI DI SEKOLAH LUAR BIASA PKK BANDAR LAMPUNG. Jurnal Khabar: Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 125–139.
Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verba dan Non Verbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 6, No(2), 83–98.
Misliyah, N., Marliana, N., Informatika, T., & Pamulang, U. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN RENCANA PEMBELAJARAN PERTEMUAN ( RPP ) ZONE PROXIMA DEVELOPMENT GURU-. Jupekemti: Jurnal Pengabdian Masyrakat, 1, 1–12.
Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220205
Nadine, B., Legiana, I., & Yuliana, N. (2023). Implementasi Komunikasi Guru dalam Mengajar pada Anak Tunanetra. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 2(2), 114–132.
Putri, A. E. (2023). Pola Komunikasi Siswa Tuli Menggunakan SIBi di SLBN Bagegan. In etheses.iainponorogo.ac.id (Vol. 4, Issue 1).
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Sari, D. N. I., Khoirunnisa, J. F., Hafidhdin, A. N. M., Mahmuda, I., & Husna, D. (2023). Problematika Anak Tunarungu dalam Pembelajaran PAI di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Masaliq, 3(2), 176–189. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i2.868
Silitonga, T. (2023). KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 88–100.
Widiyati, W. (2013). CHARACTER EDUCATION IN THE LEARNING PROCESS FOR THE GENERATION OF THE NATION. Jurnal Biology Science & Education, 2(1), 9–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.