SEGMENTASI KHALAYAK MEDIA ONLINE DI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • La Taya La Taya Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.23

Keywords:

Media Online , Perilaku Khalayak , Psikologis, sosiodemografis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi khalayak media online di Sulawesi Tenggara ditinjau dari aspek sosiodemografis, psikologis, dan aspek karateristik perilaku khalayak. Jumlah sampel dalam penelitian adalah sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan menggunakan cluster sampling. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Analisis data penelitian ini adalah statistik deskriptif yaitu berupaya menggambarkan peristiwa, perilaku suatu hal tertentu lainnya yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Berdasarkan hasil penelitian segmentasi khalayak media online di Sulawesi Tenggara didominasi perempuan yang berusia produktif antara 20 sampai 24 tahun. Mayoritas penggunanya untuk mencari informasi dengan tujuan menambah referensi pengetahuan pada berbagai bidang seperti politik, hukum, sosial dan budaya. Khalayak juga setelah membaca berita pada media siber memberikan respon terhadap berita dengan tombol suka (like) dan komentar (comment).

.

References

Arifin. (2012). Superioritas Media Online. Universitas Indonesia.

Audience Demographics. (2023). Similar Web.

Baran, S. J. (2007). Introduction to Mass Communication: Media Literacy and Culture (5th edition). McGraw-Hill.

Baran, S. J., & Davis, D. K. (2009). Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future (5th edition). Wadsworth Cengage Learning.

Berger, C. R., Rollof, M. E., & Ewoldsen, D. R. R. (2014). Handbook Ilmu Komunikasi. Nusa Media.

Cangara, H. (2010). Pengatar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers. Data Perusahaan Pers. (2023, April).

Dewan Pers. https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers

Fiske, J. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada.

Imran, H. A. (2012). Media Massa, Khalayak Media, The Audience Theory, Efek Isi Media Da Fenomena Diskursif (Sebuah Tinjauan dengan Kasus pada Surat kabar Rakyat Merdeka). Studi Komunikasi Dan Media, 16.

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Uses and Grativication Research. The Public Opinion Quarterly. Uses and Grativication Research. The Public Opinion Quarterly, 21.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Litlejohn. Stephen W. (1999). Theories of Human Communication, Sixth Edition. Wadswirth Publishing Company.

Novianto, I. (2012). Perilaku pengguna internet di kalangan mahasiswa (Studi deskriptif tentang perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri (FISIP UNAIR) dengan perguruan tinggi swasta (FISIP UPN) untuk memenuhi kebutuhan informasinya). Jurnal Unair.

Profil Internet di Indonesia. (2019).

Severin, W., & Jr, J. W. T. (2005a). Communication Theories: Origins, Methods, and Uses in The Mass Media (S. Ariyanto, Ed.). Prenada Media.

Severin, W., & Jr, J. W. T. (2005b). Communication Theories: Origins, Methods, and Uses in The Mass Media (Sugeng Ariyanto, Ed.). Prenada Media.

Silalahi, U. (2015). Metode Penlitian Sosial Kuantitatif. PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D (Cetakan 14). Alfabeta.

Utaminingtyas. (2015). Penggunaan Media Online dan Tingkat Kepuasan Pembaca

Downloads

Published

2023-04-06

Issue

Section

Articles