STRATEGI KOMUNIKASI PRUDENTIAL INDONESIA DALAM MENGOPTIMALKAN GCG MELALUI PROGRAM CSR
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.235Keywords:
Corporate Sosial Responsibilty, Good Corporate Governance, Perseroan, PrudentialAbstract
Salah satu bentuk komunikasi strategi yang efektif dalam memberikan citra yang baik pada perusahaan adalah dengan mengandalkan program-program sosial perusahaan yang berdampak positif bagi masyarakat, dengan itu masyarakat akan memberikan sebuah kesan positif juga pada perusahaan. Corporate Sosial Responsibilty hal wajib dipenuhi bagi perusahaan. CSR juga akan membawa perusahaan mencapai Good Corporate Governance yang sempurna. Penelitian ini bertujuan menganalisis program CSR yang dilakukan Prudential Indonesia sebagai strategi komunikasi dalam mendorong perusahaan mencapai GCG yang sempurna. Jenis kajian yang digunakan yakni studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Prudential Indonesia telah menerapkan strategi komunikasi yang baik melalui program CSR dan juga telah mencapai GCG yang sempurna sebagaimana diakomodir oleh Indonesia diwujudkan melalui Pasal 74 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas wajib memenuhi aspek program yang berdampak positif bagi masyarakat. Penerapan prinsip GCG melalui praktik CSR yang diterapkan oleh Prudential Indonesia sudah cukup baik dalam menerapkan prinsip transparency, accountanbility, dan responsibility yang dicirikan dengan adanya berbagai penghargaan-penghargaan serta kolaborasi bersama berbagai lembaga untuk menambahkan kapasitas perusahaan.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.). CV. Syakir Media Press.
Keadaan Kemiskinan Di Provinsi Papua Maret 2018. (2018). In https://papua.bps.go.id/. https://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/07/16/338/keadaan-kemiskinan-di-provinsi-papua-maret-2018.html.
Budiarti S, M., & Tri Raharjo, S. (2014). Corporate Social Responsibility (CSR) Dari Sudut Pandang Perusahaan. Share Social Work Journal, 4(1), 13–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/share.v4i1.13045
Daffa, A. R., & Herwiyanti, E. (2023). Tinjauan Literatur Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Pada Badan Usaha Milik Negara Indonesia. Economics and Digital Business Review, 4(2), 217–230. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.803.
Dewi, G. K., Yani, I. F., Kalbuana, N., & Tho, M. (2021). Pengaruh GCG, Leverage, Pengungkapan CSR terhadap Performance Financial pada Perbankan Syariah di Indonesia dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1740–1751. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3600.
Dewianawati, dWI. (2020). Pengaruh Corporate Social Responbility (CSR), Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Value Of Campany Melalui Performance Financial Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. 1–19. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.25139/dev.v4i1.2205.
Fairuz, R. A., Faachira, F., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2018). Corporate Social Responsibilty di PT. Prudential Life Assurance. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v5i3.20087.
Hadi, Y. M. (2021). Aspek Hukum Pelaksanaan CSR Bagi Perusahaan Di Indonesia. Universitas Islam Kalimantan MAB, 15, 1.
Karina, D. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37–49. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054.
Keadaan Kemiskinan Di Provinsi Papua Maret 2018. (2018). Https://papua.bps.go.id/. https://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/07/16/338/keadaan-kemiskinan-di-provinsi-papua-maret-2018.html.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif (F. Annisya & Sukarno, Eds.; pp. 3–4). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Nurdifa, A. R. (2023). Prudential Raih Best Award For Disaster Management Element BISRA 2023. Bisnis.com, 1.
Olivia, H., Syarifah, N., Siregar, H., Arafi, M. R., & Akhira, Z. (2023). Analisis Penerapan GCG menggunakan Data Time Series BCA dengan Otomasi NVIVO 12. Jurnal Bisnis Net, 6(2), 783–794. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.4058
Prudential. (2024). Prudential Indonesia. Prudential.co.id. https://www.prudential.co.id/id/pulse/
Raubet, D. N., Idayanti, S., & Rahayu, K. (2023). Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Pada PT. Taspen Indonesia (Persero). Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(1), 109–126.
Retno, R., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, I(1).
Rubianto, A. (2023). Penerapan Manajemen Risiko dan Good Corporate Governance: Studi pada Perusahaan Pialang Asuransi PT Barron Pandu Abadi periode 2021 - 2022No Title. Journal of Economics and Business UBS, 12(5). https://doi.org/https://doi.org/10.52644/joeb.v12i5.518
Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134
Setyoningrum, A. A. D., & Nindita, K. (2020). Perempuan, Pengelolaan Keuangan Dan Ekonomi Keluarga. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i2.484
Siffiana Alisa Jihan, Septiana Winda, H. K. F. (2020). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Gudang Garam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.46918/point.v2i1.507
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Pertama). Kencana.
Zahrawani, D. R., & Sholikhah, N. (2021). Analisis Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Lembaga Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1799–1818. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3611
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.