ANALISIS SEMIOTIKA PESAN DAKWAH DALAM FILM AIR MATA DI UJUNG SAJADAH 2023 KARYA RONNY IRAWAN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.236Keywords:
Air Mata di Ujung Sajadah, Film, Pesan Dakwah, SemiotikaAbstract
Penelitian ini menerapkan pendekatan semiotika ala Roland Barthes untuk menganalisis pesan dakwah dalam film "Air Mata di Ujung Sajadah" karya Ronny Irawan. Film ini menggambarkan perjuangan seorang desainer interior, Aqilla, dalam merebut kembali hak asuh anaknya. Pesan yang disampaikan melalui adegan dramatis, di mana seorang wanita menangis di ujung sajadah setelah kehilangan suaminya, mencakup tema spiritualitas, kekuatan doa, dan persiapan rohani menghadapi kematian. Selain menyoroti aspek akidah, syariah, dan akhlak, film ini juga menekankan nilai-nilai kemanusiaan dan kompleksitas hubungan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana simbol-simbol visual dan elemen-elemen sinematik digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam film tersebut. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika analitik yang memfokuskan perhatian pada penguraian tanda dan bagaimana tanda-tanda tersebut menghasilkan makna. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dengan menonton dan menganalisis dialog serta adegan dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen semiotika dalam film seperti mise-en-scène, dialog, dan simbolisme visual secara efektif digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah. Temuan ini memperkaya pemahaman tentang cara pesan dakwah disampaikan dalam media kontemporer seperti film serta kontribusinya dalam memperbaiki keadaan manusia sesuai ajaran Islam. Analisis ini mengidentifikasi pola, motif, dan tema yang berulang dalam berbagai adegan yang membentuk narasi keseluruhan film, memperkuat pesan dakwah yang disampaikan kepada audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi penting pada studi komunikasi Islam dengan menunjukkan bagaimana film dapat menjadi alat yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan secara subtil dan mendalam.
References
Abdullah. (2018). Ilmu Dakwah: Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Aplikasi Dakwah. RajaGrafindo Persada.
Abdullah, M. Q. (2019). Pengantar Ilmu Dakwah. Penerbit Qiara Media.
Anggraeni, N. N. (2022). Pesan Moral dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia Sebagai Media Dakwah [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Berger, A. A. (2014). Semiotics and Society. Society, 51(1), 22–26. https://doi.org/10.1007/s12115-013-9731-4
BPPB. (2024). KBBI VI Daring. Kemendikbud.Go.Id. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Film
Chandler, D. (2022). Semiotics. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003155744
Effendy, O. U. (2014). Komunikasi Teori dan Filsafat. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2019). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.
Hidayatulloh, A. (2020). Pesan Dakwah dalam Film Horor Sandekala [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Ibrahim, I. S. (2011). Budaya populer sebagai komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Jalasutra.
Junaedy, A. (2023). Sinopsis Film Air Mata di Ujung Sajadah, Kisah Perjuangan Seorang Ibu. Detiksumut. https://www.detik.com/sumut/berita/d-6939239/sinopsis-film-air-mata-di-ujung-sajadah-kisah-perjuangan-seorang-ibu
Kurniawan. (2011). Semiologi Roland Barthes. Yayasan Indonesiatera.
Kusnawan, A. (2009). Dimensi Ilmu Dakwah. Widya Padjadjaran.
Mahayana, M. S. (2020). Pengantar Estetika Film. Pustaka Jaya.
Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Rahmayeni, S. (2021). Telaah Pesan Dakwah dalam Film Tilik (Studi Analisis Semiotika). Komunike, 13(2), 223–234. https://doi.org/10.20414/jurkom.v13i2.4561
Pratiwi, N. D. I., & Afidah, I. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pesan Dakwah dalam Film Merindu Cahaya De Amstel. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 93–98. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1320
Shihab, M. Q. (2019). Aqidah Islam: Sebuah Pengantar. Lentera Hati.
Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. PT. Remaja Rosdakarya.
Supiandi, H. (2020). Dakwah Melalui Film Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Film" Sang Kiai" Karya Rako Prijanto. Deskovi: Art and Design Journal, 3(2), 109. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.805
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.
Walisyah, T. (2017). Analisis Semiotik Iklan Televisi Wardah Versi Goes To Paris. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.