STRATEGI KOMUNIKASI ‘KOMUNITAS BATU BARA MEMBACA' UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DI TANJUNG TIRAM, KABUPATEN BATU BARA
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.237Keywords:
Komunikasi, Komunitas, Minat Membaca, StrategiAbstract
Penelitian ini menyajikan analisis tentang strategi komunikasi yang diterapkan oleh Komunitas Batu Bara Membaca dalam meningkatkan minat baca masyarakat Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara. Fokus penelitian adalah untuk memahami jenis strategi komunikasi yang digunakan serta bagaimana manajemen perencanaan strategi komunikasi diimplementasikan oleh komunitas tersebut. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, yaitu memilih individu-individu yang dianggap memiliki pengetahuan dan pengalaman relevan dengan topik penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, yang melibatkan proses pengkodean dan pengelompokan data berdasarkan tema-tema yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Batu Bara Membaca menerapkan strategi komunikasi yang mencakup teknik Redundancy, Canalizing, Informative, dan Educative, dengan prinsip manajemen Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Analisis data juga mengungkapkan bahwa strategi-strategi tersebut berhasil meningkatkan minat baca masyarakat dengan cara menyampaikan informasi secara berulang, mengarahkan minat melalui program-program menarik, memberikan edukasi secara terus-menerus, dan mengorganisir kegiatan membaca dengan baik.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS).
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah , 5(2), 146–150.
Amin, A., Batubara, A. K., Priatmana, A., Tanjung, S. P., & Nasution, I. M. (2022). Strategi dan Manfaat Layanan Open Access Perpustakaan dalam Peningkatan Budaya Literasi. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 267–276. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i2.780
Batubara, G. R. I., Yaniedra, F. R., Purba, E. S., & Diza, A. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Ketertiban Pedagang Di Pasar Tradisional Sukaramai Kota Medan. Innovative, 3(6).
Fajriani, A., Batubara, A. K., & Abidin, S. (2023). Manajemen Taman Baca Masyarakat Palang Merah Indonesia dalam Meningkatkan Minat Baca di Desa Tegal Sari Mandala Medan Denai Sumatera Utara. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 913–921. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.336
Gita, A. A., & Andhita, P. R. (2023). Strategi Komunikasi Kelompok Karang Taruna Klepu Dalam Mendorong Minat Baca Warga. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i2.3759
Haba, Muh. F. K. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat [Skripsi]. Universitas Hasanuddin.
Jalil, A., & Batubara, A. R. S. (2022). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Berbasis Tik Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar. Hamka Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 87–100.
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900
Moeloeng, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Munawaroh. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) , 2(2), 108–116.
Norenza, A., Marsis, & Syofiani. (2014). Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(6).
Randa, G., Murdiati, E., & Muslimin. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Sobat Literasi Jalanan Palembang Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Minat Membaca Anak. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 1(2).
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sabriyanti, A., & Batubara, A. K. (2023). Inklusi Sosial sebagai Transformasi Layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 989–998. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.301
Sari, C. P. (2018). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Basic Edication, 7(32).
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3).
Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Setyowati, I. (2021). Alih Kode dan Campur Kode Penutur Bahasa Jawa dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Bilingual, 11(1). https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v11i1.3385
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842
Syahirah, S. (2022). Upaya Edukasi Pentingnya Membaca Buku Sejak Usia Dini Di Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 146–153. https://doi.org/10.56114/maslahah.v3i3.438
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425–432.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.