ANALISIS SWOT COPYWRITING IKLAN YOUTUBE GOSEND X ARIEL NOAH : POTENSI DAN TANTANGAN MENINGKATKAN KUALITAS IKLAN

Authors

  • Ghina Indy Maghfiroh UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Augustin Mustika Chairil UPN “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.238

Keywords:

Analisis SWOT , Copywriting, Digital Marketing, Iklan

Abstract

Iklan Youtube merupakan salah satu cara yang dimanfaatkan perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran berbasis internet dengan tujuan untuk menjangkau konsumen yang tepat secara real-time. Gojek merupakan salah satu perusahaan yang melakukan pengunggahan iklan pada platform Youtube, seperti iklan layanan GoSend. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan berdasarkan konsep copywriting, AISAS dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dari teknik digital marketing copywriting yang diterapkan dalam iklan YouTube melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana penerapan digital marketing copywriting dalam iklan YouTube dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan. Penelitian ini akan berfokus pada kolaborasi antara Gosend dan Ariel Noah dalam kampanye iklan YouTube mereka. Analisis akan didasarkan pada konten iklan, termasuk naskah iklan, visual, dan target audiens. Terdapat lima jenis elemen copywriting yang ada, semua elemen digunakan dalam iklan meliputi headlines, sub-headlines, body copy, slogans dan taglines. Selanjutnya dari delapan jenis copywriting, ditemukan tiga jenis copywriting yang digunakan yaitu story copy, humorous copy dan news page copy. Serta mengungkapkan potensi dan tantangan penggunaan teknik copywriting. Temuan dari penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi para pemasar dan pengiklan yang ingin mengoptimalkan kampanye iklan YouTube mereka dengan menggunakan teknik copywriting.

References

Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Annur. (2022). Nilai Belanja Iklan di Indonesia Terbesar se-Pasar Asia pada 2022. Retrieved November 23, 2023, from Databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/04/03/nilai-belanja-iklan-di-indonesia-terbesar-se-pasar-asia-pada-2022

Aryanti, N. T., Andjani, V. A., Tarisa, Y., & Tarigan, B. (2022). Peran Aplikasi Gojek di Surabaya Pada Saat Pandemi Covid-19. 1(2), 1–11.

Atmaranti, N. F., Marina, A. T., & Arifuddin, F. (2023). Peran Aplikasi Gojek bagi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya di Era Digital. 792–800.

Brilliantia, N., Abdul Fathah, A. H., & Hadi R, R. J. (2022). Promosi Digital Wisata Kuliner Peneleh Melalui Pendekatan AISAS dan Word-Of-Mouth. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 102–116. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.291

Choi, C. W. (2022). Cross-cultural comparisons of popular YouTube ads: A content analysis of YouTube video ads in the U.S. and South Korea. Journal of Global Scholars of Marketing Science: Bridging Asia and the World, 32(2), 145–161. https://doi.org/10.1080/21639159.2020.1808828

Dianka. (2022). Tren Quick Commerce, Lebih Unggul GoSend Atau Grab Express? Retrieved November 23, 2023, from Tren Asia website: https://www.trenasia.com/tren-quick-commerce-siapa-paling-unggul-antara-go-send-atau-grab-express

Dzalila, L., & Amalia, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Akun @handmadeshoesby. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(4), 1297–1306. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i4.3439

Endang, Nurtjahjono, & Sulistyo. (2023). Optimizing Sales Growth for Millennial-Owned Small and Medium-Scale Businesses in Malang City: The Influence of Product Design and Copywriting Strategies. Atlantis Press.

Fikry. (2022). Strategi Copywriter PT. MNC Portal Indonesia dalam Pembuatan Copywriting Advertorial Wirausahawan Muda Mandiri 2022 (Universitas Nasional). Universitas Nasional. Retrieved from http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6874

Hasibuan, S. H., Charos, W. A., & Tambunan, S. F. A. (2023). Analisis Penerapan Hubungan Kemitraan Antara Perusahaan Gojek dan Driver. Jurnal Ilmu Sosial …, 1(3), 542–546. Retrieved from http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/view/829%0Ahttp://jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/download/829/770

Jefkins. (2000). Periklanan (Illustrate; D. L. Yadin, Ed.). United Kingdom: Financial Times Prentice Hall.

Jesslyn, & Agustiningsih, G. (2021). Application of Copywriting Elements in Social Media Advertising Drinking Products Now in Creating Consumer Interest. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 9(1), 55–67. https://doi.org/10.46806/jkb.v9i1.678

Kurniawati, L., Untari, D., & Raspati, M. I. (2022). Psikologi Pemasaran Di Era Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, 5(1), 99–120. https://doi.org/10.29103/jimfh.v5i3.10442

Leoni, O. M., & Shinta, H. P. (2020). Implementasi Teknik Copywriting Pada Aplikasi Tiket. Com Sebagai Online Travel Agent (Ota). Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2020, 77–91.

Mayliza, & Adianto. (2019). Analisis Swot Pemberdayaan Suku Bonai Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Di Rokan Hulu Swot Analysis On Empowering Suku Bonai In Improving Welfare In Of Rokan Hulu. Sosio Konsepsia, 9(1), 49–70.

Miles, & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis (Third Edit). Sage.

Mona, N., & Pramulia, R. R. F. (2022). Peran Copywriter Dalam Membangun Brand Awareness Sarimi Puass Di Instagram. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 5(1). https://doi.org/10.7454/jsht.v5i1.1019

Mustikasari, R. P., Winarti, O., & Nurhaqiqi, H. (2021). Media Branding in Javanese Local Media “Panjebar Semangat.” JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 6(1), 30–39. https://doi.org/10.35457/jares.v6i1.1222

Muttaqin, R. (2020). Analisis distruptive marketing pada perusahaan startup (PT. Gojek Indonesia). Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 101. https://doi.org/10.24036/jkmb.10981400

Phung, C. K., & Wikartika, I. (2023). Pemanfaatan Pemasaran Digital: Meningkatkan Potensi Ekspor Briket Arang Tempurung Kelapa dalam Bisnis Internasional. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 871–884. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.4471

Ramadhan, K. M., Anshori, D. S., & Fuadin, A. (2024). Bahasa Iklan dengan Teknik C opywriting. 10(1), 618–630.

Safitri, D., Saufi, A., & Sakti, D. P. B. (2022). Penerapan Analisis Konten Kualitatif Pada Studi Revisit Intention Wisatawan Muslim Ke Lombok Dalam Konteks Pariwisata Halal. Jmm Unram - Master of Management Journal, 11(4), 308–320. https://doi.org/10.29303/jmm.v11i4.740

Santara, M. V., & Arviani, H. (2023). Strategi Marketing Communications Melalui Emina Girl Gang Ambassador oleh Emina Cosmetics di Masa Pandemi Covid-19. 9(2).

Saputra, I. A. (2022). Strategi Promosi Villa Alahan Panjang Resort Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(3), 441–449. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i3.41042

Sari, Y. N., Giatman, M., & Yuliana. (2022). Analysis of SWOT Strategies Creativepreneurship Youtube Content Creator (Case Study of Harryware Channel Content). Enrichment : Journal of Management, 12(2), 2089–2094. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i2.526

Septiawan, I. Z., Rumini, R., & Castyana, B. (2023). The Contribution of Social Media Promotion Towards Participants’ Interest to Join the Permata Sakti National Virtual Run 2020. Indonesian Journal of Sport Management, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.31949/ijsm.v3i1.4085

Setriani, T., & Soegoto, H. S. (2020). Social Media Marketing Application in Indonesian Travel Industry. Proceedings of the International Conference on Business, Economic, Social Science, and Humanities – Economics, Business and Management Track (ICOBEST-EBM 2019), 112, 177–180. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200108.041

Shauma, A., & Achmad, Z. A. (2015). Efektifitas Iklan Politik di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 1–10.

Syaharani, T. K., & Azizah, N. (2024). Pengaruh Strategi Content Marketing Instagram Terhadap Point Of Purchase Kruv Studio The Influence Of Instagram Content Marketing Strategy On Kruv Studio ’ s Point Of Purchase. 3(1), 245–253.

Tanase, G. C. (2015). "Marketing the Business Online with Youtube : The Future is Now” by George Cosmin Tănase. 6(4), 26–29.

Tarigan. (2022). Peran Copywriting Media Sosial dalam Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk West Burger. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 9(1), 55–67.

Virginia, & Wijaya Sinatra, L. (2020). Analisis Aisas Model Terhadap “ Bts Effect ” Sebagai. Jurnal Komunikasi, 11(30).

Wijaya. (2023). Analisis Penerapan Pesa Persuasif Pada Copywriting di Website Apple Indonesia (Universitas Katolik Soegijapranata). Universitas Katolik Soegijapranata. Retrieved from http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31985

Wono, H. Y., & Aji, I. D. K. (2020). Preferensi Komunikasi Pemasaran Terpadu Perguruan Tinggi Di Surabaya Pada Era Posmoderen. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 171. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2146

Wu, K. (2016). Judicial Referral of Constitutional Disputes in Ethiopia: From Practice To Theory. In African Journal of International and Comparative Law (Vol. 19). https://doi.org/10.3366/ajicl.2011.0005

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles