PERAN STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PELESTARIAN HUTAN BERKELANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.239Keywords:
Berkelanjutan, Hutan, Komunikasi Keluarga, Pendidikan KarakterAbstract
Keluarga yang bermukim di sekitar hutan seringkali memiliki ketergantungan besar pada sumber daya alam yang diberikan oleh hutan. Namun ancaman degradasi hutan berpotensi mengurangi pasokan sumberdaya jika tidak terciptanya upaya yang efektif dalam menginternalisasi sikap yang mendukung pelestarian hutan berkelanjutan. Oleh karenanya, pemberian pemahaman dan presepsi yang baik dari orang tua pada anak dapat berperan dalam mempertahankan potensi sumber daya hutan tersedia secara berkelanjutan melalui strategi komunikasi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun pengolahan data penelitian ini menggunakan Model Analisis Interaktif. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah keluarga yang berdomisili di sekitar wilayah hutan konservasi. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga strategi yang dibutuhkan untuk menciptakan pendidikan karakter dalam upaya pelestarian hutan berkelanjutan yakni eksistensi Ayah, internalisasi nilai pendidikan karakter, dan efek komunikasi yang menciptakan karakter positif. Pertama, Eksistensi Ayah sebagai insiprator dalam membimbing yang dapat memberikan pemahaman, pengetahuan, aksi dan sikap yang nyata dalam pelestarian hutan berkelanjutan. Kedua, upaya orang tua untuk membentuk pengetahuan, kesadaran, keinginan dan sikap melestarikan hutan dan yang ketiga peran orangtua memacu dampak dan hasil dari efek komunikasi yang dapat menciptakan karakter positif. Melalui strategi ini, kedepannya setiap keluarga dapat mendukung program pemerintah terhadap aksi kolaborasi pelestarian hutan yang berkelanjutan.
References
Babul, (2020), Rencana Strategis Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung 2020-2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, TN Bantimurung Bulusaraung
Bahfiarti, T (2016), Komunikasi Keluarga (Suatu Pendekatan Keberlanjutan Regenerasi Anak Petani Kakao di Provinsi Sulawesi Selatan), Makassar, Kedai Buku Jenny
Bahfiarti, T., Chotimah, I., Ilmi, D. N., & Anggriani, A. (2022). Analisis Komunikasi Keluarga dalam Mentransformasikan Nilai-Nilai Budaya To Lotang di Kabupaten Sidrap. Jurnal Komunikasi, 15(2), 169–180. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.12419
Citraningsih, D & Noviandari, H. (2022). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan. Social Science Studies 2(1) 072-086. https://doi.org/10.47153/sss21.3152022
Nurul Fariza, M (2016). Warisan Nilai-Nilai Gender Dalam Suku Bugis (Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga ), Makassar, Universitas Hasanuddin
Handayani, M (2018), Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah ; VISI PPTK PAUDNI. Vol. 11; No. 1, Juni 2016 : 57-64
Holloway, I & Wheeler, S. (1996). Qualitative Research For Nurses. London, Blackwell Science.
Ichwan, M., Reskiani, U., Indah, A. L., Fitri Makmur, A. N. A., & Djafar, E. M. (2021). Pasang ri Kajang: Tradisi Lisan Masyarakat Adat Ammatoa Suku Kajang dalam Pembentukan Karakter Konservasi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 133. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.495
Joharsoyo, Y. (2023). Komunikasi Partisipatif dalam Upaya Konservasi Burung di Desa Jatimulyo, Kabupaten Kulonprogo. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.37715/calathu.v5i1.3705
Miles, M.B., Michael Hubernan, A & Saldana, J. (2012). Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook, Sage Publications
Nurdin, A (2022), Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Jakarta; Kencana
Palupi, W., Marlyana Permatasari, H., & Munif Syamsuddin, M. (2020). Waste Management Keluarga Pada Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 85–99. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.527
Rachman, M (2013), Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Upaya Sosial, Jurnal Ilmu Sosial, (Online), Vol. 40 No. 1 Juni 2013, https://doi.org/10.15294/fis.v40i1.5497
Rolina, N. (2006). Keluarga: Sebagai Sumber Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Suatu Tinjauan Menurut Teori Sosial Kognitif Bandura). In Majalah Ilmiah Pembelajaran nomor (Vol. 2).
Siti, N., & Siregar, S. (2011). Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik. Jurnal Ilmu Sosial – Fakultas Isipol UMA Vol. 4 No 2 Oktober 2011
Stone, S. M. (2017). observational learning. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/science/observational-learning
Saptya, R., Permana, M., & Suzan, N. (2023). Peran Komunikasi Dalam Konteks Hubungan Keluarga. Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora Vol. 5, Issue 1 Februari 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.