STRATEGI KOMUNIKASI KEHUMASAN DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN DIY DALAM MENSOSIALISASIKAN GERAKAN SELAMATKAN PANGAN

Authors

  • Annisa Shafira Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.246

Keywords:

Food Loss, Food Waste, Kehumasan, Sosialisasi, Strategi Komunikasi

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kegiatan Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pangan yang dilakukan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY untuk mengatasi food loss dan food waste. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi kehumasan yang dilakukan DPKP DIY dalam mensosialisasikan Gerakan Selamatkan Pangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan paradigma post positivisme dengan konsep Four Steps Communication dari Cutlip, Center, dan Broom. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi non-partisipan, dokumentasi kepustakaan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi kehumasan DPKP DIY dalam mensosialisasikan Gerakan Selamatkan Pangan dilakukan dengan tahapan (1)pendifinisian masalah, analisis tingginya angka food loss dan food waste di DIY sehingga Badan Pangan Nasional berkolaborasi untuk mensukseskan Gerakan Selamatkan Pangan, (2)perencaaan dan pemrograman dilakukan dengan membuat stategi tujuan, tindakan, dan komunikasi pada sasaran kegiatan untuk membangun kesadaran masyarakat mengatasi food loss dan food waste, (3)aksi dan komunikasi dilakukan dengan menerapkan semua elemen komunikasi agar sosialisasi yang dilakukan sesuai tujuan, (4)evaluasi dilakukan sebagai bentuk pelaporan kegiatan untuk melihat berhasil atau tidaknya program yang diimplementasikan. Hasil sosialisasi Gerakan Selamatkan pangan oleh DPKP DIY menunjukkan respon positif masyarakat.

References

Ariansyah, S., & Mauliansyah, F. (2023). Strategi Komunikasi Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya dalam Mensosialisasikan Pencegahan Stunting. SINTHOP: Media Kajian Pendidikan, Agama, Sosial Dan Budaya, 2(1), 60–70. https://doi.org/10.22373/sinthop.v2i1.2943

Badan Pangan Nasional. (2023a). Cegah Food Waste, NFA Gencarkan Gerakan Selamatkan Pangan untuk Ketahanan Pangan dan Gizi. Badanpangan.Go.Id. https://badanpangan.go.id/blog/post/cegah-food-waste-nfa-gencarkan-gerakan-selamatkan-pangan-untuk-ketahanan-pangan-dan-gizi

Badan Pangan Nasional. (2023b). NFA Perkuat Gerakan Selamatkan Pangan untuk Pencegahan Food Waste. Badanpangan.Go.Id. https://badanpangan.go.id/blog/post/nfa-perkuat-gerakan-selamatkan-pangan-untuk-pencegahan-food-waste

Cutlip, Center, & Broom. (2016). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. PRENADAMEDIA GROUP.

Damayanti, N., & Ningsih, C. (2020). Digital Humas Pemerintah Dalam Menyampaikan Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 191–200. https://www.journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1121

Food and Agriculture Organization. (2019). The State of Food and Agriculture 2019. In Routledge Handbook of Religion and Ecology. https://doi.org/10.4324/9781315764788

Handoyo, M. A. P., & Asri, N. P. (2023). Kajian Tentang Food Loss dan Food Waste: Kondisi, Dampak, dan Solusinya. AGRITEPA: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pertanian, 10(2), 247–258. https://doi.org/10.37676/agritepa.v10i2.4579

Husain, H. (2022). Buku Ajar Manajemen Komunikasi: Suatu Pengantar. Mulawarman University Press.

Indri, V., & Dwihartanti, M. (2016). Pelaksanaan Public Relations dalam Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Gunungkidul Yogyakarta. Pelaksanaan Public Relations Dalam Sosialisasi PROGRAM JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN DI KANTOR BPJS KETENAGAKERJAAN, 464–467.

Kementerian PPN/Bappenas. (2021). Food Loss and Waste di Indonesia. Laporan Kajian Foodd Loss and Waste Di Indonesia, 1–116. https://lcdi-indonesia.id/wp-content/uploads/2021/06/Report-Kajian-FLW-FINAL-4.pdf

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Prenada Kencana Media Group.

Lipinski, B., Hanson, C., Lomax, J., Kitinoja, L., Waite, R., & Searchinger, T. (2016). Toward a sustainable food system Reducing food loss and waste. World Resource Institute, June, 1–40. http://unep.org/wed/docs/WRI-UNEP-Reducing-Food-Loss-and-Waste.pdf%5Cnhttp://ebrary.ifpri.org/cdm/ref/collection/p15738coll2/id/130211

Magreza, A. R., Sadono, T. P., & Pratiwi, N. M. I. (2023). Strategi Public Relations PT. Dana Purna Investama Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. 1–8.

Masnidar, & Mahyuzar. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh dalam Menyebarkan Informasi Penanggulangan Sampah Pada Masyarakat Kota Banda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(3), 1–13. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Mulyana, D. (2016). Komunikasi Suatu Pengantar. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Ningsih, C. (2019). Strategi Humas dalam mensosialisasikan Kebijakan UMKM Partai Perindo. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 15–27. https://media.neliti.com/media/publications/93021-ID-strategi-humas-dalam-mensosialisasikan-p.pdf

Novianti, S., Abidin, Y. Z., & Muchtar, K. (2020). Strategi Humas Badan Narkotika Nasional Jawa Barat dalam Mensosialisasikan Program Rehabilitasi. Jurnal InterAct, 9(2), 133–141. https://doi.org/10.25170/interact.v9i2.2236

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Nurhadi, Z. F., Mujianto, H., & Rusliani, D. N. (2022). Public Relations Strategy of Health Service in Socializing Covid-19 Vaccination Program. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 51–72. https://doi.org/10.15575/cjik.v6i1.16406

Pratama, E. D., & Sihombing, A. (2019). Strategi Komunikasi KOMINFO dalam Menghadapi Fenomena Penyebaran Ujaran Kebencian. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(1), 77. https://doi.org/10.37535/101005120186

Saifulloh, M., & Lazuardi, M. F. (2021). Manajemen Kampanye Public Relations Dalam Sosialisasi Program Tanggap Covid-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 53–65. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1320

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. (2023). Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah. Sipsn.Menlhk.Go.Id. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/

Sujanto, R. (2019). Pengantar Public Relations di Era 4.0 : Teori, Konsep, dan Praktik Kasus Terkini. Pustaka Baru Press.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF & GROUNDED THEORY. FTK Ar-Raniry Press.

Warouw, D. R. A. D., Harilama, S., & Msi, S. (2014). STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM LISTRIK PINTAR PT . PLN ( PERSERO ) WILAYAH SULUTTENGGO DI RANOTANA Oleh : MARLANNY RUMIMPUNU Latar Belakang PLN adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penyediaan jasa kelistrikan di Indonesia , salah. III(1).

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles