PENGARUH KAMPANYE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS PADI UMKM MELALUI EDUCATIVE CONTENT
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.247Keywords:
Brand Awareness, Instagram, Komunikasi Pemasaran, Social Media CampaignAbstract
Di era digital yang terus berkembang pengoptimalan media sosial untuk melakukan komunikasi pemasaran merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Salah satu perusahaan yang menggunakan kegiatan pemasaran secara digital yaitu PaDi UMKM, perusahaan ini mengoptimalkan media sosialnya untuk memperkenalkan E-Commerce PaDi UMKM kepada audiens. Instagram menjadi salah satu platform yang tepat untuk melakukan komunikasi pemasaran karena kemudahan yang diberikan yaitu memiliki jutaan pengguna aktif yang memberikan peluang bagi perusahaan untuk menyampaikan pesan pemasarannya dan terdapat alat analitik yang dapat membantu perusahaan memahami kinerja konten yang di unggah dan mengukur efektivitas social media campaign. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dengan adanya pembuatan social media campaign dengan membuat educative content untuk meningkatkan brand awareness PaDi UMKM. Pada perancangan social media campaign tentunya dapat menambah pengetahuan terkait content yang tepat sehingga lebih banyak di minati dan di jangkau oleh followers juga non-followers PaDi UMKM.
References
Aisah, D. D., & Prasetyawati, Y. R. (2018). Pengaruh Konten Dan Gaya Komunikasi Di Platform Konsultasi Berbasis Online@Ibunda_Id Terhadap Brand Awareness. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), 29. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510
Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94. https://doi.org/10.22373/jp.v4i2.11080
Annisa, D. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Saluran Pesan Dakwah Di Kalangan Mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Suska Riau. Jurnal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 110(9), 1689–1699.
Ayuni, Q., Rizqi, F. N., Aiyuni, F., Rahmah, N., & Fauzi, I. (2022). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Konten Edukasi Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12921
Budiarti, R. (2022). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PaDi UMKM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ABSTRAK. 1. https://info.padiumkm.id/about
Chiranthan, C. V., Krishna Prasad, M., & Shreyas, R. Y. (2018). Digital MCB. Proceedings of the 2017 International Conference On Smart Technology for Smart Nation, SmartTechCon 2017, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Social Media Campaign dan Online Promotion Terhadap Purchase Intention Pada Gojek Indonesia di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/viewFile/10471/9329
Innova, E. I. (2016). Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1–11.
M Ravii Marwan. (2023). Analisis Dampak New Media Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i1.546
MUBAROK, D., & SUSANTI, D. (2021). Peran Pemerintah Dalam Pemulihan Ekonomi Umkm Dalam Sektor Teknologi (Padi Umkm). Develop: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.53990/djep.v1i1.69
Pujaastwa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. 1–11.
Putri, R., & Sulistyanto, A. (2020). Analisis Isi Konten Edukasi Funfact Pada Akun Tiktok @Buiramira. Jurnal Ilmu Komunikasi Media Sosial, 4(1), 48–64.
Sri, C., Ratih, H., & Sudradjat, H. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. 4(3), 415–426. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2785
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29
Utami, R. J., & Jatisidi, A. (2020). Rianita Jati Utami Artyasto Jatisidi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur. Pantarei, Vol 3.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing : Journal of Sriwijaya Community Services. Pembuatan Content Marketing : Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.