ANALISIS MANAJEMEN KRISIS DALAM PUBLIC RELATIONS: KASUS PEMASANGAN KAMERA TERSEMBUNYI DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Authors

  • Lutfiah Firdausiah Ersa Universitas Hasanuddin
  • Muh. Akbar Universitas Hasanuddin
  • Moehammad Iqbal Sultan Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.254

Keywords:

Kamera, Manajemen Krisis, Public Relation, Toilet Wanita, UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penemuan kamera di toilet UIN alauddin Makassar tepatnya di Fakultas Syariah dan Hukum pada bulan Mei 2019 oleh seorang mahasiswi merupakan sebuah peristiwa yang mengguncang dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan mahasiswa dan staf kampus. Bahkan hal ini menimbulkan krisis berupa hilangnya kepercayaan publik terhadap institusi pendidikan dengan labelling “Islam” karena dinilai tidak mampu menangangi hal tersbut. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Public Relation pihak UIN Alauddin dalam menangani krisis yang terjadi. Metode  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  metode  kualitatif dengan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kasus ini berdampak psikologis bagi pelaku, ketidakamanan, pelanggaran privasi, pelanggaran hukum, hingga kerugian emosional dan sosial. Adapun publik yang terdampak dikategorikan sebagai publik internal, publik eksternal, publik tersembunyi juga publik aktif, yang masing-masingnya diberikan tindakan agar krisis ini tidak semakin besar. Bentuk strategi Public Relation yang dilakukan mulai dari pelaporan pelaku kepada pihak yang berwajib, pemecatan tidak terhormat hingga mendorong didirikannya Unit Layanan Terpadu (ULT) Kejahatan Seksual di bawah naungan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) meskipun ULT ini belum tersosialisasikan secara massif.

References

Amir, H. (2019, November 11). UIN Alauddin Belum Siapkan Sanksi untuk Pemasang Kamera di Toilet Wanita. Sindonews.Com.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Hartono, H. (2019). Literatur Review ; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 1–3. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43/37

Kamera Gopro di Toilet Kampus, Dirjen Pendis: PTKI Harus Antisipasi Agar Tak Terulang Lagi. (2019, November 11). Kementerian Agama Republik Indonesia. https://www.kemenag.go.id/nasional/kamera-gopro-di-toilet-kampus-dirjen-pendis-ptki-harus-antisipasi-agar-tak-terulang-lagi-6en9kp

Magdalena, A., Kriyantono, R., & Pratama, B. I. (2015). Identifikasi Publik Berdasarkan Persepsi Situasional pada Isu Seputar Pemilihan Umum Presiden Tahun 2014 pada Publik Kota Malang. Jurnal Pekommas, 18.

Mappiwali, H. (2019, November 11). Ada 10 Orang yang Terekam GoPro di Toilet UIN Makassar. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4779034/ada-10-orang-yang-terekam-gopro-di-toilet-uin-makassar/2

Ningsih, A. S., & Dewi, P. A. R. (2021). Manajemen Krisis Humas Universitas Negeri Surabaya Dalam Menangani Kasus Bullying PKKMB Online Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. The Commercium, 4(2), 172–182.

Permana, B. G. (2019, November 11). Terpasang Sejak 6 Bulan Lalu, Temuan Kamera di Ventilasi Toilet Cewek UIN Alauddin Viral. Hai.Grid.Id. https://hai.grid.id/read/071915240/terpasang-sejak-6-bulan-lalu-temuan-kamera-di-ventilasi-toilet-cewek-uin-alauddin-viral?page=2

Purwaningwulan, M. M. (2013). PUBLIC RELATIONS DAN MANAJEMEN KRISIS. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(2), 167–168.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Twodi Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–606.

Sa’diyah, H. (2023). Akrab Manajemen Krisis Universitas Islam Indonesia (Uii), Yogyakarta dalam Mengatasi Kasus Mapala Unisi. Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB, 2(1), 134–137.

Safinatunajah, Z. A., & Chatamallah, M. (2023). Manajemen Krisis Humas Pesantren Persatuan Islam 67 Benda dalam Penangganan Pandemi Klaster COVID-19 di Pesantren. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.6197

Seppriadi, I. (2016, November 4). Mengenal Publik Berdasarkan, Ciri, dan Karakteristik. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/iwanseppriadi/581c21cad99373c670f4c4ea/mengenal-publik-berdasarkan-ciri-dan-karakteristik

Takbir, H., Aryanti, N., & Rasmita. (2021, October 29). Menanti Taji ULT UIN Alauddin Makassar Tangani Kejahatan Seksual. Alanbantik.Com. https://alanbantik.com/2021/10/29/menanti-taji-ult-uin-alauddin-makassar-tangani-kejahatan-seksual/

Uniranks 2024 - Top University Rankings in Indonesia. (2024). https://www.uniranks.com/ranking/top-country?region=Asia&country=Indonesia

Wahyuddin, Ersa, Lutfiah F., Aningsih, G., Hidayat, T., & Sonni, A. F. (2024). Analisis Jaringan Komunikasi Penipuan Online Melalui Media Sosial Whatsapp Messenger. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(2), 77. https://doi.org/10.59408/jnk.v2i2.

Wardiman, I. G., & Amanah, S. (2022). MANAJEMEN KRISIS: Komunikasi Krisis dalam Public Relations pada Bank Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 503–511. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.691.

Wirman, W., Hardianti, F., Sari, G. G., & Panggabean, R. A. (2021). Manajemen krisis Universitas Riau dalam konflik antar fakultas pada tahun 2017. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 165. https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.27548.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles