PENGARUH PERSUASI RUTE PERIFERAL CELEBRITY ENDORSER BLACKPINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHENDISE STARBUCKS OLEH KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.259Keywords:
Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Persuasi Rute Periferal, Produk MerchendiseAbstract
Hadirnya fenomena Korean Wave telah menjadi peluang emas bagi banyak perusahaan di Indonesia, khususnya pada industri coffee shop, untuk meningkatkan aktivitas pemasaran produk. Starbucks menjadi salah satu coffee shop yang turut memanfaatkan popularitas Korean Wave tersebut dengan menggandeng Blackpink sebagai celebrity endorser produk mereka. Namun, peneliti menemukan kesenjangan bahwa penggunaan Blackpink sebagai endorser difokuskan pada produk sampingan berupa merchandise, bukan produk utama mereka. Dalam hal ini, konsumen memproses pesan persuasif mengenai produk merchandise Starbucks melalui rute periferal karena keterlibatan celebrity endorser merupakan syarat dari terjadinya persuasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persuasi rute periferal celebrity endorser Blackpink terhadap keputusan pembelian produk merchandise Starbucks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner berupa Google Form secara online guna mengumpulkan data sebanyak 385 responden yang memenuhi kriteria sampel. Hasil dari uji t menunjukkan penerimaan pada H1, sedangkan dalam uji koefisien determinasi didapatkan nilai R square sebesar 0,673. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pengaruh persuasi rute periferal celebrity endorser Blackpink berpengaruh secara signifikan sebesar 67,3% terhadap keputusan pembelian produk merchandise oleh konsumen. Sedangkan, 32,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti persuasi rute sentral.
References
Al-Habro, A., Alfian, A. N., & Seprina, R. (2022). Perkembangan Korean Culture Di Kota Jambi Masa Reformasi (2000-2021). Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 1(2), 72–82.
Aminin, N. S. (2022). Pengaruh celebrity endorsement BTS, viral marketing, brand image terhadap keputusan pembelian menu BTS Meal. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(8), 759–766. https://doi.org/10.17977/um066v2i82022p759-766
Anggraeni, S., & Amali, M. T. (2023). The influence of NCT dream as somethinc brand ambassador on the fandom purchase decision. Symposium of Literature, Culture, and Communication (SYLECTION) 2022, 3(1), 114. https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.13948
Annur, C. M. (2022, October 12). Gaet NCT, Compas Dashboard Temukan Penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/12/gaet-nct-compas-dashboard-temukan-penjualan-mi-instan-lemonilo-melonjak-154
Asih, R. (2022). Blackpink Dipilih Time Jadi Entertainer of The Year, Disebut Girl Group Terbesar di Dunia. Liputan 6. https://www.liputan6.com/showbiz/read/5145761/blackpink-dipilih-time-jadi-entertainer-of-the-year-disebut-girl-group-terbesar-di-dunia
Asir, M., Puspitasari, D., Wahab, A., Anwar, Muh. Abduh., & Mere, K. (2023). The Effectiveness Of Using Celebrity Endorsers On Consumer Behavior And Product Purchasing Decisions: Literature Review. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1790–1801. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Bowenbank, S. (2022). BLACKPINK Becomes First Artist to Surpass 80 Million Subscribers on Youtube. Billboard. https://www.billboard.com/music/music-news/blackpink-reaches-80-million-subscribers-youtube-1235136167/
Çelik, I. K., Eru, O., & Cop, R. (2019). The Effects of Consumers’ FoMo Tendencies On Impulse Buying and The Effects of Impulse Buying on Post-Purchase Regret: An Investigation on Retail Stores*. BRAIN – Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 10(3), 124–138. https://dictionary.cambridge.org/,
Chandra, M. W., & Fadjar, N. S. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI KOPI DI MALANG TAHUN 2022 (STUDI KASUS: JL. IKAN TOMBRO-KOTA MALANG). JOURNAL OF DEVELOPMENT ECONOMIC AND SOCIAL STUDIES, 2(1), 87–98. https://doi.org/10.21776/jdess.2023.02.1.8
Chen, C. J., Tsai, P. H., & Tang, J. W. (2021). How informational-based readiness and social influence affect usage intentions of self-service stores through different routes: an elaboration likelihood model perspective. Asia Pacific Business Review, 28(3), 380–409. https://doi.org/10.1080/13602381.2021.1872912
Chiquita, E. (2022). 8 Artis Korea Ini Brand Ambassador Skincare Indonesia. IDN Times. https://www.idntimes.com/korea/knews/elizabeth-chiquita-t/artis-korea-jadi-brand-ambassador-skincare-lokal?page=all
Dainton, M., & Zelley, E. D. (2019). Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction (4th ed.). Los Angeles: SAGE.
Danawira, A. (2019). PENGARUH DIFFERENSIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN CEPAT SAJI RICHEESE FACTORY REMPOA. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 9(1), 76–87. https://doi.org/10.32502/jimn.vXiX.XXXX
El Hedhli, K., Zourrig, H., & Becheur, I. (2021). Celebrity endorsements: Investigating the interactive effects of internalization, identification and product type on consumers’ attitudes and intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 58. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102260
Fauziya, F., & Handian Hikmah, R. (2023). Analisis Brand Awareness Terhadap Buying Decisions Konsumen Starbucks Coffee (Studi Kasus Di Cabang Buah Batu-Kota Bandung). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6563–6578.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Gunawan, C., & Susilo, D. (2021). Impact of Cristiano Ronaldo’s Attractiveness as Brand Ambassador Towards Brand Awareness Shopee. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 135–147. https://doi.org/10.25139/ekt.v5i2.3901
Hapsari, E. P. (2023). Starbucks kolaborasi dengan BLACKPINK hadirkan menu baru dan merchandise, catat tanggal rilisnya! Hops ID. https://www.hops.id/hot/2949573857/starbucks-kolaborasi-dengan-blackpink-hadirkan-menu-baru-dan-merchandise-catat-tanggal-rilisnya#google_vignette
Herdiati, M. F., Iriawan, A., & Fitriyah, H. (2021). Keputusan pembelian produk limited edition: systematic review. Jurnal sains pemasaran indonesia, 20(1), 73–87.
Ichwan, N. A. R., & Irwansyah, I. (2021). Pesan Persuasi Beauty Influencer Pada Akun Youtube Tasya Farasya Dalam Keputusan Pembelian Produk Kecantikan. Kareba Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 18–33.
Ilyas, G. B., Rahmi, S., Tamsah, H., & Yusriadi, Y. (2022). Does fear of missing out give satisfaction in purchasing based on social media content? International Journal of Data and Network Science, 6(2), 409–418. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.013
Irwandy, D., & Rachmawati, D. (2018). Penerapan Elaboration Likelihood Theory Dalam Mempengaruhi Konsumen Pada Pemilihan Produk Telepon Genggam. Wacana, 17(2), 201–206.
Istijanto, I. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Johari, M., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata (Studi Pada Bata Plaza Surabaya). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 745–755. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.721
Kojongian, M. K., & Suleman, D. (2023). The Influence of Brand Ambassador (Treasure) and E-WOM on Purchase Intention through Brand Image on the Ruangguru Application in High Schools. ProBisnis: Jurnal Manajemen, 14(6), 560–577.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Educations.
Li, C. R., Zhang, E., & Han, J. T. (2021). Adoption of online follow-up service by patients: An empirical study based on the elaboration likelihood model. Computers in Human Behavior, 114. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106581
Lidwina, A. (2021, February 8). Korean Wave Dorong Orang Indonesia Beli Produk Korea Selatan. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/08/korean-wave-dorong-orang-indonesia-beli-produk-korea-selatan
Mutiah, D. (2023). BLINK Berburu Merchandise BLACKPINK + Starbucks, Antre Sejak Jam 6 Pagi demi Tumbler. Liputan 6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5350758/blink-berburu-merchandise-blackpink-starbucks-antre-sejak-jam-6-pagi-demi-tumbler
Nadila, A. P., & Windasari, N. A. (2022). Analyzing the Influence of Korean Celebrities as Brand Ambassadors toward Customer Loyalty in Indonesia. International Journal of Current Science Research and Review, 05(12), 4808–4818. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V5-i12-41
Nurhasanah, S., & Dewi, C. (2019). Defining the Role of Multinational Corporations: Starbucks and Coffee Culture in Indonesia. Jurnal Sentris KSMPMI, 2. http://www.starbucks.co.id/about-
Pratiwi, F. S. (2023). Daftar Negara dengan Gerai Starbucks Terbanyak di Dunia, Ada RI. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/varia/detail/daftar-negara-dengan-gerai-starbucks-terbanyak-di-dunia-ada-ri
Pratiwi, U. (2023). Aktor hingga Idol Jadi Brand Ambassador Investasi Lokal. IDN Times. https://www.idntimes.com/korea/knews/uta-1677849158-bmt/artis-korea-jadi-brand-ambassador-investasi-lokal-c1c2?page=all
Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59–72. http://journal.stimykpn.ac.id/indeks.php/tb
Rohmah, A. N., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura, 1(3), 548–562. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriscience
Ruslim, C. E., & Setianingsih, R. E. (2023). The Influence of Viral Marketing and Celebrity Endorser Song Joong Ki on Consumers Purchase Intention of Scarlett Whitening Skincare Products in Jakarta. Global Research on Economy, Business, Communication and Information, 1(1), 3–13. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/grebuci/article/view/970
Sadya, S. (2023). Blackpink Jadi Girl Group K-Pop Terfavorit di Indonesia. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/varia/detail/blackpink-jadi-girl-group-kpop-terfavorit-di-indonesia
Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sarajwati, M. K. A. (2020, September 30). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Environmental Geography Student Association. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/
Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Vol. 2). Suluh Media.
Sulyati, A. T. D., Alzagladi, D. A., Arumdani, N. W., Rifdah, S., & Suhud, U. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pelanggan pada Kedai Kopi Lokal. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 1(1), 110–125.
Surentang, E. V. (2023). The Effectiveness Of Using Blackpink As A Celebrity Endorser In The Launch Of The #Oreoblackpink Product On The @Oreo_Indonesia Instagram Account. Journal of Content and Engagement, 1(2), 133–151. https://doi.org/10.9744/joce.1.2.133-151
Sutanto, F. (2019). Pengaruh Karakteristik Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Mister Cheesy. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4(3), 425–434.
Syarifah, I., Azis, A., & Lisdiantini, N. (2022).. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(1), 48–56.
Tania, C., & Laksono, V. B. (2022). Strategi Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram @somethincofficial. AVANT GARDE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(01), 30–45. www.somethinc.com,
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Alfabeta CV.
Tanudijaya, D. (2023). Starbucks Kolaborasi Bareng BLACKPINK Bikin Merchandise Bertema “Turn Up Your Summer”, Tertarik Membeli ? Ruangan Info. https://www.ruanganinfo.com/ragam/3809588113/starbucks-kolaborasi-bareng-blackpink-bikin-merchandise-bertema-turn-up-your-summer-tertarik-membeli
Tiofani, K. (2023). Kolaborasi Starbucks dengan Blackpink Rilis Minuman dan Tumbler, Berapa Harganya? Kompas. https://www.kompas.com/food/read/2023/07/22/122909275/kolaborasi-starbucks-dengan-blackpink-rilis-minuman-dan-tumbler-berapa
Wahid, W. (2022). Top Brand Index Fase 2 - 2022. Marketing.Co.Id. https://marketing.co.id/top-brand-index-fase-2-2022/
Wirasti, A. R., Puspita, N. P. P. S., & Gunadi, W. (2023). Pengaruh Korean Brand Ambassador Credibility Terhadap Impulse Buying Pada Produk E-Commerce di Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(3), 2118–2132. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i3.11523
Wulandari, D. (2020). Empat e-Commerce Ini Gandeng Artis Korea sebagai Brand Ambassador, Efektifkah? - MIX Marcomm. MIX Marcomm. https://mix.co.id/marcomm/news-trend/empat-e-commerce-ini-gandeng-artis-korea-sebagai-brand-ambassador-efektifkah/
Yani, E. U., & Rojuaniah, R. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Fomo terhadap Purchase Intention Melalui Electronic Word of Mouth. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18020–18030.
Yunita, P. (2023). Posisi Strategis Industri Kosmetik Korea Selatan Dalam Hubungan Perdagangan Indonesia-Korea Selatan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3712–3725.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farell Ramadhani Nitisara, Indra Novianto Adibayu Pamungkas, Jasmine Alya Pramesthi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.