PENGELOLAAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KERETAAPAIKITA OLEH PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF

Authors

  • Josvian Vito Gradianto Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Popi Andiansari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.260

Keywords:

Citra Positif Perusahaan, Instagram, Media sosial, The Circular Mode of SoMe

Abstract

Perkembangan pesat di bidang teklonogi informasi dan komunikasi (TIK) telah membuat media sosial sebagai sarana untuk berinteraksi. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menggunakan berbagai media sosial, salah satunya instagram dengan nama akun @keretaapikita. Dalam industri layanan seperti perusahaan kereta api, menyampaikan informasi terkini mengenai pelayanan pelanggan, penghargaan, prestasi serta respon terhadap pertanyaan dan umpan balik sangat penting untuk memperkuat citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan akun Instagram @keretaapikita melalui tahapan Share, Optimize, Manage, dan Engage untuk membentuk dan memperkuat citra positif perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Mode of SoMe, dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pengelolaan akun Instagram @keretaapikita pada tahap share, @keretaapikita menggunakan Instagram karena kemudahan fitur dan banyaknya pengikut, sehingga meningkatkan engagement. Pada tahap Optimize, pembuatan konten mengikuti tren serta menggunakan fitur mention dan insight untuk pemantauan. Optimalisasi juga didukung oleh konsultan. Pada tahap Manage, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) masih belum maksimal dan konsisten dalam merespons komentar secara real-time. Pada tahap Engage, @keretaapikita melibatkan stakeholder internal maupun eksternal sebagai influencer untuk meningkatkan interaksi dan engagement.

References

Al Rahmah, F., Hafiar, H., & Budiana, H. R. (2022). Pengelolaan Aktivitas Media Sosial Instagram @cimahikota oleh Pemerintah Kota Cimahi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 128–139. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.145

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN. Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 1–11.

Anshar, M. (2019). Electronic Public Relation (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital. Jurnal Komodifikasi, 8, 200–213.

Aprilliyani, E. I., Hafiar, H., & Budiana, H. R. (2023). PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHOCODOT_CATALOGUE OLEH PT TAMA COKELAT INDONESIA. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 66–79.

Dawa, A. B., Kaleka, L. B., & Pingge, H. D. (2020). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA ASPEK SINTAKSIS DALAM RUBRIK OPINI KORAN VICTORY NEWS EDISI JANUARI 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(1).

Dornsife, U. of S. C. (2023, November 17). Social Media for Customer Service. Https://Appliedpsychologydegree.Usc.Edu/Blog/Customer-Service-in-Social-Media.

Hadi, N. (2023, May 19). Meningkatkan Engagement dengan Konten Interaktif di Instagram. Https://Alan.Co.Id/Meningkatkan-Engagement/.

Hootsuite, W. A. S. (2024, February 21). Digital 2024 : Indonesia. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Istiqomah, N. H. (2023). TRANSFORMASI PEMASARAN TRADISIONAL KE E-MARKETING: TINJAUAN LITERATUR TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING PEMASARAN BISNIS. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(2), 72–87.

Kemp, S. W. A. S. (2024, February). Digital 2024 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Kojongian, M. K., Tumbuan, W. J. F. A., & Ogi, I. W. J. (2022). KASIH KANONANG MINAHASA DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL MARKETING MIX EFFECTIVENESS AND EFFICIENCY ON BUKIT KASIH KANONANG RELIGIOUSTHE TOURISM IN THE FACE OF NEW NOMAL. Jurnal EMBA, 10(4), 1966–1975.

Kusumajaya, F., & Hibatulloh, M. N. (2023). Manajemen Komunikasi Reputasi dan Krisis di PT Gunbuster Nickel Industry. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(3), 561–570. https://doi.org/10.54082/jupin.225

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Luttrell, R. (2015). The Circular Mode of SoMe . Https://Ginaluttrellphd.Com/the-Circular-Model-of-Some-for-Social-Communication/.

Luttrell, R. (2019). Social media : how to engage, share, and connect.

Murdiyanto, E. (2020). PENELITIAN KUALITATIF (I). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

NapoleonCat. (2024). pengguna instagram di Indonesia. NapoleonCat.Com. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2024/02/

Prabawati, H., & Adi, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sebagai Media Publikasi Kegiatan. Jurnal Ilmu Komunikasi Jurnal Communicology, 7(2), 160–176. http://journal.unj.ac.id/

Shah, P. F. (2023, June 6). 50 Ways To Increase Social Media Engagement. Https://Www.Business2community.Com/Social-Media-Articles/50-Ways-to-Increase-Social-Media-Engagement-01278973.

Shalihah, N. F., & Hardiyanto, S. (2021, October 6). Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/06/100500365/sejarah-instagram-dan-cerita-awal-peluncurannya?page=all

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2020). DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS (6th ed., Vol. 6). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Suratman, B., & Wulandari, S. S. (2017). Public Relations Talents of PR. Salemba Humanika.

Syahrina, J., Siregar, N., & Harahap, N. (2022). PENELITIAN TENTANG INSTAGRAM. Maktabatun : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi.

Yananingtyas, Z. H., & Irwansyah. (2020). Komunikasi Cyber Public Relations Melalui Microblogging dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7456

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles