OPTIMALISASI CYBER PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF DISKOMINFO KLATEN MELALUI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.268Keywords:
Citra Positif, Cyber Public Relations, Media Sosial, PemerintahAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan media sosial telah mengubah cara organisasi berkomunikasi dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Cyber Public Relations dalam meningkatkan citra positif Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten melalui platform media sosial, khususnya Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan konstruktivisme, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dengan menggunakan pendekatan tujuh C (kredibilitas, konteks, isi, kejelasan, kontinuitas, konsistensi, dan kapabilitas audiens) efektif dalam membangun citra positif Diskominfo Klaten. Selain itu, penggunaan Instagram sebagai saluran komunikasi utama terbukti meningkatkan interaksi dengan masyarakat dan memperkuat reputasi instansi di mata publik. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kontinuitas dalam penyampaian informasi serta pemanfaatan media sosial yang optimal untuk menjangkau masyarakat secara luas.
References
Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.
Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta Ii. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13683
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. APJII. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Arikunto. (2016). Metode penelitian kuantitatif deskriptif. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1–23.
Bajri, R. A. D. (2019). Tujuh ‘C’ Dalam Program Humas Jakarta Smart City. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 48–65. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.349
Diniati, A., Lestari, M. T., & Setiawati, S. D. (2023). Pembuatan Konten Secara Continue dan Konsisten Dalam Meningkatkan PPDB SMK Pariwisata Telkom Bandung. Abdimas Singkerru, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.59563/singkerru.v3i1.172
Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119
Hastuti, D. A. S., & Susilowati, E. (2020). Cyber Public Relations Diskominfo Kabupaten Klaten Dalam Optimalisasi Layanan Informasi Publik. Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 40–57. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2401
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Lisdawati, Y. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Penyebarluasan Informasi Program Pemerintah di Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 4(2), 68–89. https://doi.org/10.33701/jtkp.v4i2.2876
Mairita, D., Artuti, S., Dewi, E., Komunikasi, P. I., & Riau, U. M. (2024). FUNGSI GOVERMENT PUBLIC RELATIONS BADAN PENGUSAHAAN. 9(2), 446–462.
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6
Pratama, I. Y., & Hermawati, T. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang. Jurnal Komunikasi Massa, 4. https://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal D0216048.pdf
Prof. Deddy Mulyana, M.A., P. . (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Puspitasari, N., & Purwani, D. A. (2022). Cyber Public Relations: Berubah Atau Terlibas. 77.
Retnowati, E. (2012). Keterbukaan Informasi Publik dan Good Governance. Journal Perspektif, 17(1), 54–61.
Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.
Scott M. Cutlip, Allen H. Center, G. M. B. (2006). Effective Public Relations. Prenadamedia Grup.
Setiawan, R., Nilamsari, N., Hamzah, R. E., & Arifin, K. (2022). Implementasi Cyber Public Relations Dalam Pengelolaan Website Kementerian Sosial RI. Jurnal Cyber PR, 2(1), 84–93. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2128
Siti Rohmah. (2021). Teori-teori komunikasi.
Sugiyono. (2019). Memahami Perbedaan Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif Dalam Penelitian Ilmiah. Manajemen, 13–20. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-perbedaan-analisis-kualitatif-dan-analisis-kuantitatif-dalam-penelitian-ilmiah/
Syaroh, M., & Lubis, I. (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Network Media, Vol: 3 No.(1), 95–101.
Tita Adi Tiyawati, S. Rouli Manalu, W. N. R. (2022). Implementasi Cyber Public Relations dalam Penyampaian Berita di Website Pemerintah Daerah (Analisis Tematik dalam Berita Website Pemerintah Daerah). Vol 10, No 10. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2826736
Yananingtyas, H. Z., & Irwansyah. (2020). Cyber Public Relation Melalui Microblogging Dalam Menjaga Citra PemProv DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 14(2), 199–212. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7456
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Viska Mahima Putri Saraswati, Popi Andiyansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.