MENGUNGKAP MAKNA DIBALIK IKLAN KAMPANYE PRABOWO GIBRAN: STUDI SEMIOTIKA DI YOUTUBE

Authors

  • Lilia Regita Fatmalia Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Andi Prasetyo Yuwono Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.269

Keywords:

Audiovisual, Kampanye Politik, Pemaknaan Iklan, Semiotika.

Abstract

Tahun 2024 Indonesia melaksanakan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pemilu). Fenomena kampanye partai politik selalu menjadi perhatian khalayak karena memiliki pengemasan audiovisual yang berbeda sehingga akan menghasilkan perspektif berbeda di masyakarat. Iklan Kampanye Prabowo Gibran versi Generasi Sehat Indonesia Maju memiliki pengemasan iklan yang menarik berupa penggunaan elemen visual dan audio sehingga peneliti tertarik untuk meneliti iklan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui isi pesan atau makna dari segi audio visual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Analisis semiotika Charles Sanders Peirce digunakan untuk menganalisis sebuah pemaknaan iklan. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dengan menonton dan analisis setiap cuplikan didalam iklan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya empat tabel analisis iklan kampanye Prabowo - Gibran yang berisi tanda, objek, dan interpretasi untuk mengetahui sebuah pemaknaan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa setiap elemen audio visual berupa simbol, warna, font, ilustrasi, maupun suara asli dan musik memiliki arti yang beragam. Iklan kampanye Prabowo Gibran menfokuskan makna iklan yang positif. Hal tersebut dapat terlihat secara efektif dalam menyampaikan sebuah makna pesan yang memberikan solusi untuk masyarakat

References

Ardiansyah, Risnita, & Syahran, J. M. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN (Jurnal Pendidikan Islam), 1(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Cahyani, & Pratami, L. S. R. (2024). Analisis Meta Iklan Kampanye pada Pemilu 2024. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(4), 158–164. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/780

Fatimah. (2020). SEMIOTIKA dalam kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). In Syahril (Ed.), TallasaMedia (1st ed.). TallasaMedia. https://doi.org/10.1007/978-3-476-04949-0_117

Fitri Ramadhani, R., Rasyid, A., & Ritonga, S. (2023). Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Gambar Ilustrasi “Pandemi Vs Baliho” Pada Akun Instagram Tempo. Berajah Journal, 3(1), 143–154. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.207

Hartanto, A. (2021). Makna Tanda dalam Iklan Politik Pemilihan Presiden Indonesia The Meaning of Sign in Political Advertising of the Indonesian Presidential Election. Jurnal Pekommas, 6(2015), 43–50. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060105

Hartono, D., & Sugalih, A. (2019). Makna Simbol Senyum Pada Iklan Lay’S Di Televisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Perspektif Komunikasi, 3(1), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/pk.3.1.39-49

Irwan, S. M., Putra, F. D., & Fikri, A. M. (2017). Iklan Audio Visual Sebagai Kampanye Politik. Analisis Resepsi Pada Film Kampanye Pemilihan Gubernur Jakarta Tahun 2019 Di Media Sosial, 01(01), 594–608. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v1i1.124

Nurbani, T., & Adim, A. K. (2024). Representasi Toxic Masculinity Dalam Film The Croods Melalui Analisis Semiotika John Fiske. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(3), 730–746. https://doi.org/https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.264

Parameswari, D. M. (2024). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Komunikasi Digital Partai Amanat Nasional. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(1), 1072–1086. https://doi.org/https://doi.org/10.62281/v2i1.89

Putri, F. M., & Mimin, N. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Rita, F. F., Mohammad, W., Sri, J., Leli, H., Sri, W., Erland, M., Jonata, Imam, M., Nur, H., Anita, M., Kusmayra, A., Resty, N., Nuryami, & Lukman, W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In N. Yuliantri (Ed.), Pt Gelobal Eksekutif Teknologi (Pertama). PT Gelobal Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Ruhany, T. (2019). Analisis Semiotika Charles S. Pierce Terhadap Iklan Politik Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi. Lentera, 3(1), 21–39. https://core.ac.uk/reader/296631910

Surya, D., Giovani, S., Hasibuan, A., Wayan, W. I., D.B, S. I., Br, S. V. M., Miftahul, K., Ayu, R. S., Angelia, P. N., Supriadi, Abwabul, J., & Muhammad, H. (2022). Pengantar Teori Semiotika (A. M. A. Mursid (ed.)). CV. Media Sains Indonesia.

Susetyawidianta, R. D., & Geraldy, G. (2024). Political Branding Prabowo-Gibran dalam Pemilu Presiden 2024: Analisa Interaksionisme Simbolik di Media Sosial Instagram dan Twitter. Jurnal Ilmiah Kajian Komunikasi, 3(1), 114–139. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/sintesa.v3i01.10251

Verian, A., & Situmeang, I. V. O. (2019). Representasi Foto Kampanye Calon Presiden Pada Majalah Tempo Edisi 19 – 25 November 2018 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1), 1–21. https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1787

Wahid, U. (2016a). Komunikasi Politik ; Teori, Konsep, Dan Aplikasi Pada Era Media Baru (N. N. Siti (ed.); Cetakan 1, Issue September 2016). Simbiosa Rekatama Media.

Wahid, U. (2016b). Komunikasi Politik; Teori Konsep dan Aplikasi di Era Media Baru. In N. N. Siti (Ed.), Simbiosa Rekatama Media (Cetakan 1, Issue 1, pp. 95–109). Sembiosa Rekatama Media.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). Jurnal Pendidikan Tambuisai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Yahya, A., Febrianti, D., & Rasyad, I. F. (2024). Strategi Kampanye Digital Partai Keadilan Sejahtera Menghadapi Pemilu 2024. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 79–86. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.254

Downloads

Published

2024-10-02