STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.272Keywords:
Humas, Instagram, Perkembangan Teknologi, PKU Muhammadiyah Bantul, Strategi KomunikasiAbstract
Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan Instansi untuk interaksi dengan masyarakat. Tujuan dari Penelitian yaitu mengetahui strategi komunikasi PKU Muhammdiyah Bantul dalam mengelola media sosial Instagram. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teori circular model of some for social communication Regina Luttrell. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari teori circular model of some for social communication yaitu share, tim menyampaikan informasi mengenai pencegahan berbagai penyakit, promo untuk pelayanan, informasi kegiatan dan webinar. Optimize, tim humas mencari berita yang sedang ramai dibicarakan publiknya, selanjutnya penggunaan reels dan hastag di setiap konten nya. Manage, tim publikasi melakukan pemantauan aktivitas konten sebagai bentuk kontrol. Engage, tim menerima ruang kritik saran serta memberi ruang tanya jawab masyarakat.
References
Ardial, H. (2015). Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi (Cet 2; R. Damayanti & F. Hutari, eds.). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Hanifah, F., & Dzuhrina, I. (2024). Optimasi Media Sosial Instagram Disdukcapil Sidoarjo Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. 7(1), 87–98.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial (Y. sri Hayati, ed.). Erlangga.
Izatturrahman, M. H., Hafiar, H., & Nugraha, A. R. (2023). Pengelolaan Aktivitas Akun Media Sosial Oleh. 8(4), 832–849.
Kharisma, T., & Agustina, L. (2019). Penerapan Manajemen Humas Digital Dalam Komunikasi Publik Di Instansi Arsip Nasional Republik Indonesia the Practice of Digital Public Relation in Public Communication At National Archives of Republic Indonesia. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Jl. Medan Merdeka Barat, 2(1), 10110.
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175–1182. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/887
Moleong, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (cetakan ke). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permatasari, A. A., Widyaningrum, N., Muti, U., & Nur, N. (2023). Promosi Kesehatan Berbasis Media Digital Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kartasura Digital Media Based Health Promotion At PKU Muhammadiyah Kartasura Hospital Universitas ‘ Aisyiyah Surakarta PENDAHULUAN Analisis Situasi Media memiliki peran yang penting . 1(3).
Qorib, F., Rinata, A. R., & Fianto, L. (2021). Analisis Customer Engagement pada Akun Instagram @Oksigen_Cafe Menggunakan The Circular Model of Some. Avant Garde, 9(2), 183. https://doi.org/10.36080/ag.v9i2.1464
Raffi, M., & Dianita, I. A. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran @ Ninetysixvintages Pada Media Sosial Instagram. 7(1), 50–63.
Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 34–37. Retrieved from www.publikasi.unitri.ac.id
Rochma A. Hidayah. (2015). Kajian Tugas Dan Fungsi Hubungan Masyarakat Di Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. E Journal Acta Diurna, 4(3), 209–209.
Santika, M. A., & Fitrananda, C. A. (2023). Strategi Komunikasi Humas Polda Jabar Dalam Menjalankan Aktivitas External Public Relations (Studi Deskriptif Program Duta Desa Humas Polda Jawa Barat). AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 32. Retrieved from http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA32
Syawalia Putri Chafilaudina. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #JadiPaham. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40–51. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2496
Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian; Edisi Ketiga (ke 3; R. Damayanti, ed.). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Wijaya. Ida Suryani. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan. E-Jurnal IAIN Samarinda (Institut Agama Islam Negeri), XVIII(No.1, Juni 2025), 53–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ikhwan Theo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.