EVENT PAMERAN LUKUSAN GARRYA BIANTI DALAM MEMBANGUN COMMUNITY RELATIONS

Authors

  • Dila Shofiyatun Nabilah Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.273

Keywords:

Community Relations, Engagement, Event, Public Relations

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan dampak dari event Pameran Lukisan Garrya Bianti dalam membangun hubungan dengan masyarakat (community relations) serta memperkuat jaringan dan relasi antara pelaku seni, pemikat seni, dan komunitas lokal. Melalui pendekatan triangulasi sumber dan teknik, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan pihak terkait dan analisis konten media sosial terkait event. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event Pameran Lukisan Garrya Bianti berhasil membangun hubungan yang kuat dengan komunitas lokal, mempromosikan dan melestarikan budaya lokal, serta memberdayakan komunitas melalui partisipasi aktif. Event ini juga efektif dalam meningkatkan engagement media sosial, menciptakan interaksi yang lebih intens antara merek dengan audiensnya, dan memperkuat brand image positif bagi Garrya Bianti. Implikasi dari penelitian ini adalah penekanan pada strategi komunikasi yang terintegrasi dalam memperkuat hubungan dengan komunitas, yang relevan untuk praktisi public relations dan manajer event dalam industri seni dan perhotelan. Rekomendasi praktis termasuk pengembangan strategi komunikasi yang lebih terarah, integrasi yang lebih erat dengan platform media sosial, dan kolaborasi dengan influencer lokal serta lembaga seni. Keterbatasan penelitian ini termasuk fokus pada satu kasus studi tertentu dan waktu terbatas dalam pengumpulan data, yang dapat membatasi generalisasi temuan. Namun, temuan ini memberikan pandangan yang berharga tentang pentingnya event seni dalam memperkuat hubungan komunitas dan membangun citra merek yang positif dalam konteks industri perhotelan dan seni modern.

References

Angelica et al. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Social Engagement pada Koin Design Yogyakarta. Prosiding Senapas, 1(No. 1).

Satira. (2021). Peran Penting Public RelationsDi Era Digital. International Jurnal Sadida Islamic Communications Media Studies, 1(No. 1), 179–202.

Azalia & Purba. (2024). Strategi dan Implementasi Public relationsdi Perusahaan Rintisan Digital Indonesia (Studi Kasus di PT Nasco International). Content:JournalofCommunication Studies, 02(No. 1).

Dewanty & Fides. (2021). Peran Public Relations Plaza Ambarrukmo Dalam Manajemen Event Jogja Fashion Festival 2019. Jurnal Universitas Atma Jaya.

Firdaus & Sutama. (2021). Public Relations Sebagai Taktik Politik Kepemimpinan Di Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(No. 1).

Narulita & Boediman. (2022). Strategi Public Relations Kedai Kopi Harum Manis Dalam Mengelola Event Ngopi Harum Manis. Pantarei, 6(1).

Pradestina. (2021). Strategi Public Relations PT. Mata Aer Makmurindo Dalam Pengelolaan Event Pekan Pendidikan Tinggi: Indonesia Campus Update 2020 Di Jakarta. Jurnal Pantarei, 5(No. 1).

Maulana. (2021). Analisis Peran dan Fungsi Public Relationsdi Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 1(No. 2), 147–162.

Praditia et al. (2022). Pengaruh Sport Event dan Ketersediaan Fasilitas Halal Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Muslim ke Kek Mandalika dengan Destination Image Sebagai Variabel Intervening . JPIn: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(No. 2).

Praswary & Darma. (2021). Community Relations Millenial Content Creator In Forming A Brand Image. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(No. 4).

Sari & Setianingrum. (2023). StrategiPublic RelationPT KAIDaop 8 Surabaya Dalam Mempertahankan Citra Melalui Community Relation(Studi Kasus Pada Railfans). The Commercium Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(No. 3).

Sugiono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, entrepretif, interaktif dan konstruktif. ALFABETA.

Susila & Isnaini. (2023). Strategi Public Relations Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dalam Manajemen Event World Superbike 2022. Medkom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2).

Waskito. (2021). Pengaruh Event Marketing Bintang SMA 2020 Terhadap Brand Awareness Pocari Sweat. Telkom University Open Library.

Yanti & Wijaya. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness Program Internasional. Jurnal Scriptura, 12(No. 1).

Downloads

Published

2024-10-02