STRATEGI OPTIMALISASI MANAJEMEN HUMAS SEBAGAI SUMBER INFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.277Keywords:
Manajemen Humas, Optimalisasi, Pondok Pesantren, Sumber InformasiAbstract
Masalah humas dalam lingkup pondok pesantren adalah perannya yang dianggap kurang maksimal. Hakikatnya, humas hanya dijadikan sebagai formalitas saja sehingga peran informasi pondok pesantren tidak tersampaikan dengan efektif kepada masyarakat. Menyikapi hal ini, pondok pesantren Nurussalam Sidogede mengimplementasikan beberapa strategi yang optimal sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi manajemen humas sebagai sumber informasi di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melalui tiga kegiatan seperti wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menerapkan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi optimalisasi manajemen humas sebagai sumber informasi pondok pesantren Modern Nurussalam Sidogede meliputi (1) pengembangan media sosial, (2) pembuatan kalender, (3) pembuatan brosur PPDB, (4) pendirian unit usaha, (5) pengembangan aplikasi pembayaran.
References
Akmalia, A., Danupranata, G., & Iswanti, L. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Penguatan Branding Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, (2017), 917–924. https://doi.org/10.18196/ppm.35.73
Dina Mizanie, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Komunikasi Trunojoyo, XIII(2).
Gregory Herbert, E. (2005). Digital Public Relations: A New Strategy in Corporate management. Nsukka Journal of the Humanities, 15.
Hamdi, M. M. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Pondok Pesantren. JIEM Journal of Islamic Education and Management, 3(1).
Hasan Baharun, Moh Tohet, Juhji, Siti Maryam, Munjiat, Adi Wibowo, S. Z. (2021). Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren: Studi Tentang Pemanfaatan Sistem Aplikasi Pedatren dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pondok Pesantren. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).
Ihyak, M. (2023). Strategi Public Relations Melalui Whatsapp Guna Mempromosikan Pondok Pesantren Asy-Syafi’iyah Sukorejo Bangalsari. Medio: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2).
Kusumo, H. (2018). Pemanfaatan Brosur Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada Duta Islamic School (Dis) Semarang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 88. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.11916
Mahmud MY, Najmul Hayat, Fransisko Chaniago, M. E. (2022). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(8.5.2017), 2003–2005.
Muhammad Fadlan Syakir, F. N. M. (2023). Strategi Public Relation dalam Mengembangkan Citra dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz (ICBB) Yogyakarta. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3).
Murni. (2017). Konsep Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan Islam. Intelektualita Journal of Education Science and Teacher Training, 5(1).
Nasarudin, Sawal Mahaly, Ma’rifatul Munjiah, Waza Karia Akbar, et al. (2024). Studi Kasus dan Multisitus dalam Pendekatan Penelitian. Padang: CV Gita Lentera.
Nurdi, M. S. (2023). Manajemen Hubungan Masyarakat Berbasis Digital untuk Meningkatkan Publikasi dan Pencitraan Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Prasetyo, A. (2013). Pengembangan Kewirausahaan SMP Negeri 2 Gunung Wungkal Kabupaten Pati. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rais, A. (2010). Manajemen Hubungan Masyarakat di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2). Universitas Negeri Malang.
Rukhayati, S. (2020). Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Salim, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Sumatra Barat: CV Azka Pustaka.
Sri Lestari, Usman, S. S. (2020). Strategi Human Relations Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar dalam Meningkatkan Citra Lembaga. Al-Munir: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1).
Syakir, M. F., & Mahmudah, F. N. (2023). Strategi Public Relation Dalam Mengembangkan Citra dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz ( ICBB ) Yogyakarta, 4(3), 2378–2388. https://doi.org/http://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.541
Wijayanti, A. (2019). Kalender menjadi kebutuhan promosi sekolah. In Media Tama (p. 2).
Zunaida, L., & Aulia, M. A. (2023). Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Suci Manyar Gresik, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.38073/nidhomiyyah.v4i1.814
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sayyidatul Qoryah, Fatia Ainur Rosyida, Muhammad Amin Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.