KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROGRAM SANTRIPRENEUR SIROJUL HUDA

Authors

  • Raditya Pratama Putra Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Universitas Islam Bandung
  • Ike Junita Triwardhani Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.28

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, Media Online, Santripreneur

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis kini semakin pesat disertai dengan perkembangan media komunikasi yang terkoneksi internet. Melihat jumlah pengguna media online yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menjadikan peluang bagi para pelaku bisnis untuk menggunakan media digital sebagai alat pemasaran. Melalui media berbasis digital, para pelaku usaha kini lebih mudah menginformasikan dan memperkenalkan bisnisnya untuk membentuk tingkat awareness masyarakat terhadap produk dan merek. Inilah salah satu alasan mengapa penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami perbedaan antara komunikasi pemasaran offline dan digital, dan menyajikan konten pemasaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diperlukan pemahaman tentang kegiatan komunikasi pemasaran untuk dapat menentukan media pemasaran yang tepat untuk setiap program pemasaran, serta media digital yang dapat digunakan sebagai media informasi tentang produk dan perusahaan kepada masyarakat yang lebih luas. Memasarkan produk secara lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital membutuhkan keterampilan dari pemasar dalam menggunakan teknologi dan kemampuan merancang pesan serta konten komunikasi yang baik sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan pihak lain yang terkait dengan bisnis yang dijalankan.

References

Abbas, M. H. I., Sumarsono, H., Satrio, Y. D., & Priambodo, M. P. (2019). SANTRIPRENEUR: Program Peningkatan Kemampuan Berwirausaha Santri Pondok Pesantren melalu Pelatihan Sablon Digital. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/938/pdf

Adetunji, R. R., Rashid, S. M., & Ishak, M. S. (2018). Social media marketing communication and consumer-based brand equity: An account of automotive brands in Malaysia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34(1), 1–19. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2018-3401-01

datareportal.com. (2020). Indonesia Digital report 2020. In Global Digital Insights. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia?rq=digital-2020-indonesia

datareportal.com. (2021). Digital 2021. In Global Digital Insights. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Eller, R., Alford, P., Kallmünzer, A., & Peters, M. (2020). Antecedents, consequences, and challenges of small and medium-sized enterprise digitalization. Journal of Business Research, 112(March), 119–127. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.03.004

Fatria, A. E., & Christantyawati, N. (2018). Pergeseran Merek Smartphone di Indonesia dalam Perspektif Postmodernisme. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(2), 256–277. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.379

Julianti, I., & Delliana, S. (2020). Rebel Together Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Madformakeup Di Tengah Pandemi COVID-19. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 207–228. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9686

Kotler, M., Cao, T., Sam, W., & Qiao, C. (2020). Marketing Strategy In The Digital Age (Applying Kotler’s Strategies to Digital Marketing). In World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Mulhern, F. (2009). Integrated marketing communications: From media channels to digital connectivity. Journal of Marketing Communications, 15(2–3), 85–101. https://doi.org/10.1080/13527260902757506

Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. In Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia Group.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619

Prabowo, A., & Arofah, K. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Sosialisasi Kebijakan Penyiaran Digital. Jurnal ASPIKOM, 3(2), 256–269.

Rachmansyah, M., & Supratman, L. P. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865

Ratana, M. (2018). The Effect Of Social Media Marketing On Brand Equity. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 13–28.

Reinartz, W., Wiegand, N., & Imschloss, M. (2019). The impact of digital transformation on the retailing value chain. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 350–366. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2018.12.002

Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.

Rohimah, A., & Hakim, L. (2021). Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 99–118. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12010

Ryan, D. (2017). Understanding Digital Media, Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. London: Kogan Page.

Sarjita. (2016). Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Administrasi, 3(1), 55–61.

Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2016). The effect of social media communication on consumer perceptions of brands. Journal of Marketing Communications, 22(2), 189–214. https://doi.org/10.1080/13527266.2013.871323

Sookdeo, B. (2019). Measuring organisational performance using work measurement: Towards improving productivity. International Journal of Productivity and Quality Management, 28(4), 497–510. https://doi.org/10.1504/IJPQM.2019.103689

Suwatno, S. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Taecharungroj, V. (2017). Starbucks’ marketing communications strategy on Twitter. Journal of Marketing Communications, 23(6), 552–571. https://doi.org/10.1080/13527266.2016.1138139

Tafesse, W., & Wien, A. (2018). Implementing social media marketing strategically: an empirical assessment. Journal of Marketing Management, 34(9–10), 732–749. https://doi.org/10.1080/0267257X.2018.1482365

Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan Dalam Menjawab Tantangan Era Posmodern. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 51–64. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2067

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus Desain & Metode. In PT Raja Grafindo Persada. Bandung.

Zamroni, Z., Baharun, H., Febrianto, A., Ali, M., & Rokaiyah, S. (2022). Membangun Kesadaran Santripreneur Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 113–127. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/altijary/article/view/4264

Downloads

Published

2023-04-05

Issue

Section

Articles