ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LUCRUM PLACE AND COFFEE MELALUI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.289Keywords:
Media Sosial Instagram, Pemanfaatan Media Sosial, Strategi Branding, Strategi Komunikasi PemasaranAbstract
Penelitian ini memahami bagaimana Lucrum Place and Coffee membangun kesadaran merek, meningkatkan engagement, dan mendorong penjualan melalui pemuatan visualisasi dan hubungan dengan target pasar di media sosial khususnya Instagram. Studi ini juga membahas elemen-elemen komunikasi pemasaran yang diterapkan, seperti segmentasi, penargetan, dan positioning, serta bagaimana konsep unik dan kegiatan yang menarik, seperti acara live music, e-sports, dan manual brew, berkontribusi dalam menarik pelanggan. Ini bertujuan untuk memahami tanggapan dari pengikut (followers) terhadap strategi yang digunakan dengan melibatkan penggunaan feedback oleh konsumen kepada pemuatan konten yang terpublikasi. Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara dengan informan seperti pemilik, social media specialist, dan barista diikuti dengan observasi langsung memperhatikan cara bekerja para informan, dan mengdokumentasikan pemuatan konten yang berada di akun media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Hal tersebut terlihat dari cara Lucrum Place and Coffee memperkenalkan identitas tempatnya, menyampaikan pesan yang persuasif dan menyediakan informasi kegiatan yang unik. Selain itu, strategi konten yang menarik dan interaktif terbukti meningkatkan visibilitas dan daya tarik Lucrum Place and Coffee di kalangan pengguna Instagram. Penelitian ini memberikan wawasan bagi bisnis kedai kopi lainnya mengenai pentingnya strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial untuk membangun merek dan mencapai keunggulan kompetitif di pasar yang semakin kompetitif.
References
Amanda Isrozia, Khofifah Nur Azizah, Dandung Prada Sandika, M. Rizky Bayu Pratama, Devita Wahyu Aulia Putri, E. S. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pemasaran Produk Belikopi Di Media Sosial Instagram. 1, 1–23. https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrabi/article/view/479/331
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479r
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Ayu, M. D., & Prasetyo, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Brain Coffee Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media, 2(1), 1-7. DOI. https://doi.org/10.37826/digicom.v2i1.247
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.). Sage Publications, Inc.
De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fairuza, H. T., & Sari, S. S. (2023). Marketing communication strategy of brother house Café Wonosobo in attract the interest through Instagram account @ brotherhouse . lounge in 2023, 03(01), 792–797. https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.14102
Hermawan A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023 | Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara/Fasilitator Digital Marketing, Internet marketing, SEO, Technopreneur dan Bisnis Digital. (n.d.). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/#google_vignette
Ibnu, H., Noviawan., & Prihantoro, E. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111-122. DOI https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802
Jin, S. V., & Muqaddam, A. (2019). Product placement 2.0: “Do Brands Need Influencers, or Do Influencers Need Brands?” Journal of Brand Management. https://doi.org/10.1057/s41262-019-00151-z
Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia. Prologia, 4(2), 280. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504
Kotler, P., & Keller, K. L. (2001). Marketing management. In Soldering & Surface Mount Technology (Vol. 13, Issue 3). https://doi.org/10.1108/ssmt.2001.21913cab.040
Kotler P., & Armstrong G. (2018). Principles of Marketing 17th ed. (17th ed., Global Ed.). Harlow: Pearson.
Laila R., Saragih M. Y., Azhar A. A., & Fitri A. W. (2021). Marketing Communication Strategy of Online Shop to take advantage of Instagram Application (Case Study on Online Shop @cutrizkyhijab1). Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 8(3), 218–228. https://doi.org/10.33258/konfrontasi2.v8i3.159
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta. Cakra Ilmu
Mardiana, S. (2017). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen. 2(2). https://doi.org/10.30656/lontar.v2i2.347
Merni, I. (2022). Kopi Menjadi Minuman Pilihan dan Gaya Hidup Mahasiswa Sebagai Konsumen di Area Kampus. Buletin Loupe. https://doi.org/10.51967/buletinloupe.v18i01.991
Munadi, F. A., Ekonomi, F., & Gunadarma, U. (2008). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Journal of Economics, 1–14.
Mu’tashim, M. I., & Slamet, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 118–132. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30131
Oliver, J. (2013). Teori Pemasaran Kotler Keller. Journal of Chemical Information and Modeling.
Putri, F. A., & Samatan, N. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran The Goods Dept Untuk Menarik Pembeli Millenial (Studi Pada The Goods Dept Pondok Indah Mall). Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora. https://doi.org/10.31604/jim.v4i1.2020.1-6
Razali, G. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi, Hakikat dan Unsur-Unsur Komunikasi. Ilmu Komunikasi Dan Informasi & Transaksi Elektronik, 1.
Ropiah, S., Susanto, T., & Ramdhani, M. (2018). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran De Box Cafe Dalam Menarik Minat Konsumen. Jurnal Politikom Indonesia (JPI), 3(2), 231-239. DOI: https://doi.org/10.35706/jpi.v3i2.1670
Sofiyawati, N. (2023). Strategi Promosi Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran Terintegrasi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 3(3), 645–663.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Arneisha Nailah Marasabessy, Dindin Dimyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.