STRATEGI CONSUMER PROMOTION PT. SURYA MADISTRINDO (SUBSIDIARY OF PT. GUDANG GARAM, TBK) AREA OFFICE PURWOKERTO DI MASA PASCA PANDEMI COVID 1

Authors

  • Maria Consulata Wening Universitas Jenderal Soedirman
  • Wiwik Novianti Universitas Jenderal Soedirman
  • Mite Setiansah Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.29

Keywords:

Brand Awareness, Consumer Promotion, Gudang Garam, Strategi Komunikasi Pemasaran

Abstract

Di tengah situasi pandemi Covid 19, pemerintah membuat kebijakan yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan  kegiatannya di rumah  dan  menjaga jarak sosial. Sekalipun saat ini situasi Covid memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi, hal ini mengakibatkan penurunan di beberapa sektor usaha, salah satu yang terdampak adalah PT. Surya Madistrindo. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan langkah strategi yang dilakukan PT. Surya Madistrindo Area Office Purwokerto dalam melakukan consumer promotion sehingga produk Gudang Garam akan tetap dikenal & dikonsumsi oleh khalayak berdasar segmentasinya. Penelitian  ini  menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan secara kualitatif. Ada beberapa langkah strategi yang dilakukan oleh PT Surya Madistrindo dalam melakukan consumer promotion, yang pertama adalah mengadakan bakti sosial dengan melibatkan komunitas. Yang kedua adalah penempatan unit promosi Gudang Garam, lalu yang ketiga adalah  menambah alokasi pengadaan Media Luar Ruang (Outdoor), Yang keempat adalah menambah outlet investasi (Gudang Garam Strategic Partnership) dengan branding Gudang Garam di beberapa outlet retail, modern market serta di Horecatainment. Kemudian strategi yang terakhir adalah dengan memanfaatkan media sosial

References

Aprilliyani, E. I., Hafiar, H., & Budiana, H. R. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @ Chocodot _ Catalogue Oleh Pt Tama Cokelat Indonesia Instagram @ Chocodot _ Catalogue Social Media Management By Pt Tama Cokelat Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 8(1), 66–79.

Ardiansyah, P. (2018). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada PT. Gudang Garam Tbk. https://docplayer.info/72747039

Batubara, S., Maharani, F., & Makhrani, M. (2022). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1023–1032. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1237

Dhewanti, S. (2017). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Female Presenter terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Rokok (Studi pada Konsumen Rokok di Universitas Bandar Lampung) [Universitas Lampung]. https://1library.net/document/z31xk79y-text-abstrak-pdf.html

Emzir. (2010). Metedologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Raja Grafindo Persada.

Farisi, Razulul & Putra, Y. Y. (2021). Socio Humanus Sales Promotion Girl ( Spg ) Rokok. 3(2), 196–208.

Flora, M. (2023, March 7). Update Covid-19 per 7 Maret 2023: Positif 6.737.606, Sembuh 6.573.749, Meninggal 160.934. Liputan6. https://www.liputan6.com/news/read/5226551/update-covid-19-per-7-maret-2023-positif-6737606-sembuh-6573749-meninggal-160934

Gu, J., Han, B., & Wang, J. (2020). COVID-19: Gastrointestinal Manifestations and Potential Fecal–Oral Transmission. Gastroenterology, 158(6), 1518–1519. https://doi.org/10.1053/j.gastro.2020.02.054

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119

Jaalali, M. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Adidas Di Surabaya [SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PERBANAS SURABAYA]. https://123dok.com/document/y86d782q-pengaruh-kesadaran-asosiasi-terhadap-keputusan-pembelian-institutional-repository.html

Kurniarum, A. (2013). Merchandiser Consumer. Prawiroharjo, 1999, 2013, 1–9.

Kusuma, T. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran yang Tepat bagi Perusahaan dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Hikmah Cipta Perkasa Jakarta. Https://Journal.Stieken.Ac.Id/Index.Php/Ritmik/Article/View/234, 2, No. 1, 111–126.

Mukhtar, F. (2021, July 23). Angka Kematian Covid-19 di Banyumas Capai 555 Kasus Bulan Ini, Tertinggi Selama Pandemi. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2021/07/23/171553178/angka-kematian-covid-19-di-banyumas-capai-555-kasus-bulan-ini-tertinggi

Nabila, N. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Loyality Terhadap Brand Equity Semen Gesik Di Kecamatan Kebomas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik). eprints.umg.ac.id.

Nielsen. (2021). Survey Pangsa Pasar.

Novrian, A & Rizki, M. . (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 81–91.

Prasetyo, B. . & F. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru. Universitas Brawijaya Press.

Purnamasari, M. G., & Nugrahani, R. U. (2021). Analysis of Grandis Barn’S Marketing Communication Activites in the Midst of Covid-19 Pandemic. September 2020.

Ramadhan, A. (2022). Jokowi: Mungkin Sebentar Lagi Kita Nyatakan Pandemi Sudah Berakhir. https://nasional.kompas.com/read/2022/10/03/09402321/jokowi-mungkin-sebentar-lagi-kita-nyatakan-pandemi-sudah-berakhir

Ramdani, E. (2020). Formulasi Strategi Korporasi Dalam Ketidakpastian Masa Depan Pasca Covid-19. Jurnal Akuntansi Barelang, 4(2), 17–28.

Sari,J.I & Susilo, J. (2021). Strategi Bertahan Cafe Melalui Pendekatan Integrated Marketing Communication di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 117–130.

Sugiyo. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Yusuf, A. . (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-03-02

Issue

Section

Articles