KOMUNIKASI KELOMPOK SEPEDA SUMBER SENANG DALAM CROWDFUNDING DI KITABISA.COM

Authors

  • Bunga Syahida Thesarany Universitas Telkom
  • Pradipta Dirgantara Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.291

Keywords:

Komunitas Sumber Senang, Pedagang Bersepeda, Program Penggalangan Dana

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak negatif terhadap ekonomi masyarakat. Pendapatan menurun, pengangguran meningkat, dan banyak usaha yang berhenti. Salah satu pekerjaan yang terdampak, yaitu pedagang kaki lima dan pedagang keliling. Sebagai upaya membantu pedagang bersepeda, komunitas sepeda asal Bandung, Sumber Senang, melakukan aksi sosial berupa penggalangan dana yang dikemas menjadi sebuah program bernama #berbagisenang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komunikasi kelompok Sumber Senang dalam menjalankan program penggalangan dana di Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian ini, yaitu para anggota komunitas yang terlibat dalam proses pelaksanaan program, dan objek penelitian ini merupakan komunikasi kelompok Sumber Senang dalam melaksanakan program tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Small Group Communication yang ditulis oleh Joseph A. DeVito, yang mencakup tahapan, bentuk, budaya, dan kekuasaan. Berdasarkan hasil penelitian, Sumber Senang telah menjalankan empat indikator, diantaranya tahapan kelompok, terdiri dari pembukaan, umpan maju, bisnis, umpan balik, dan penutupan, bentuk kelompok, budaya kelompok, dan kekuasaan kelompok

References

Anggraeni, S., & Suherman, M. (2022). Strategi Komunikasi Komunitas Paredu.Id dalam Mensosialisasikan Program Parenting Education. Bandung Conference Series: Public Relation, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.4019

Creswell, J. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih di antara Lima Pendekatan (S. Qudsy, Ed.; 3rd ed.). PUSTAKA PELAJAR.

De Vito, A. J. (2018). Human Communication: The Basic Course (Fourteenth). Pearson Higher Education.

Dirgantara, P. (2022, April 20). Berbagi Senang untuk Pedagang Bersepeda. Kitabisa.Com. https://kitabisa.com/campaign/berbagisenang

E-Media Solusindo. (2008). Membangun Komunitas Online Secara Praktis dan Gratis. PT Elex Media Komputindo.

Gerber, E. M., Hui, J. S., & Kuo, P.-Y. (2012). Crowdfunding: Why people are motivated to post and fund projects on crowdfunding platforms. Proceedings of the International Workshop on Design, Influence, and Social Technologies: Techniques, Impacts and Ethics, 2(11), 10.

Khairuddin, N., & Ishak, M. (2022). Exploring Crowdfunding Potential for Supporting Community-Based Tourism in Malaysia. International Journal of Islamic Business, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.32890/ijib2022.7.2.1

Ocktaviany, T. (2020, June 26). Bersepeda Menjadi Tren Positif di Tengah Pandemi Covid-19. INews.Id. https://www.inews.id/lifestyle/seleb/bersepeda-menjadi-tren-positif-di-tengah-pandemi-covid-19

Prasetyo, D., Fitriyani, N., & Pradana, B. (2022). Strategi Komunikasi ECOTON dalam Mendapatkan Donatur Melalui Program Crowdfunding di Kitabisa.com. Environmental Pollution Journal, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58954/epj.v2i1.43

Ramadhan, M., & Hendratmi, A. (2023). Moslem Millennials Donor Intention Through Donation-Based Crowdfunding In Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 10, 41–56. https://doi.org/10.20473/vol10iss20231pp41-56

Sumardiono, N. (2022). Aktivisme Digital dalam Konteks Penggalangan Donasi Fandom BTS (ARMY) Indonesia Melalui Twitter. Jurnal Komunikasi, 16(2), 113–128.

Susilawaty, F. T. (2022). DONASI RAME-RAME: ANALISIS MEDIA SIBER KITABISA. COM. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 134–144. https://doi.org/10.31289/jikq.v5i1.129

Zulmi, S. (2020, December 30). Dampak Covid-19 Terhadap Penurunan Pendapatan Pedagang Kaki Lima | kumparan.com. Kumparan.Com. https://kumparan.com/silvia-novri-zulmi/dampak-covid-19-terhadap-penurunan-pendapatan-pedagang-kaki-lima-1um3zisi76M

Downloads

Published

2024-10-02