ANALISIS PENERIMAAN PESAN SATIRE LINGKUNGAN DI KONTEN TIKTOK @PANDAWARAGRUP MENGGUNAKAN TEORI RESEPSI STUART HALL

Authors

  • Maharani Putri Wibisono Universitas Telkom
  • Rizca Haqqu Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.295

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerimaan pesan satire dalam konten TikTok @pandawaragroup dengan memanfaatkan teori resepsi khalayak Stuart Hall untuk memberikan wawasan tentang bagaimana pesan satire di media sosial dipersepsikan dan diinterpretasikan. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi analisis konten serta dokumentasi berupa konten TikTok @pandawaragroup, penelitian ini melibatkan 9 pengikut aktif akun tersebut. Temuan mengungkapkan bahwa 4 informan berada di dalam posisi dominan dimana mereka sejalan dengan pesan-pesan satire, sementara 5 orang berada dalam posisi negosiasi dimana mereka sejalan dengan makna pesan satire namun memiliki pandangan alternatifnya tersendiri. Tidak ada informan yang berada di posisi oposisi. Secara umum, keseluruhan informan sejalan dengan makna pesan satire yang disampaikan melalui konten-konten TikTok @pandawaragroup, menyoroti bagaimana penggunaan satire dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun kesadaran lingkungan atau mengkritik isu-isu sosial. Temuan lain menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi alat efektif untuk edukasi lingkungan serta advokasi sosial.

References

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Edhi, N. A., & Parnaningroem, R. D. W. (2020). Gaya Bahasa Satire Dalam Film Er Ist Wieder Da Karya David Wnendt.

Ferdiansyah, M. A., & Norhabiba, F. (2020). Analisis Resepsi Satire Pada Konten Atta Halilintar Dalam Video Majelis Lucu Indonesia Segmen Debat Kusir #4: Atta Halilintar Tidak Bersalah!!!

Fitriyatullaili, F., Putikadyanto, A. P. A., Efendi, A. N., & Effendy, M. H. (2023). Analisis Satire dalam Program “In My Sotoy Opinion” di Narasi TV pada Bulan Februari Tahun 2022: Satire Analysis in “The In My Sotoy Opinion” Program on Narasi TV in February 2022. Kibas Cenderawasih, 20(1), 98–109. https://doi.org/10.26499/kc.v20i1.346

Halimah, S. N., & Hilaliyah, H. (2019). Gaya Bahasa Sindiran Najwa Shihab dalam Buku Catatan Najwa. DEIKSIS, 11(02), 157. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i02.3648

Hall, S. (2005). Culture, Media, Language. https://www.academia.edu/10114880/Stuart_Hall_Culture_Media_Language

Haqqu, R., & Pramonojati, T. A. (2022). Representasi Terorisme Dalam Dua Adegan Film Dilan 1990 Dengan Analisis Semiotika John Fiske. Rekam, 18(1), 67–80. https://doi.org/10.24821/rekam.v18i1.4762

Highet, G. (1962). The Anatomy of Satire. Princeton University Press.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.

Pamungkas, A. (2020). Satire Dalam Media Sosial: Studi Reception Analys Pemaknaan Followers Terhadap Pesan Satire Nu Garis Lucu (@Nugarislucu) Di Twitter.

Pitaloka, H. A. (2021). Critical Discourse Analysis On Twitter With 2019gantipresiden Hashtag: Analisis Wacana Kritis Dalam Kicauan (Tweet) Twitter Bertagar 2019GantiPresiden. Jurnal Kata, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.22216/kata.v5i1.71

Purwasito, A. (2017). ANALISIS PESAN MESSAGE ANALYSIS. 9.

Rahman, F. (2019). Analisis Resepsi Followers Akun WWF Terhadap Kampanye Konservasi Lingkungan di Instagram.

Reistanti, A. P. (2022). Bahasa Satire Dalam Akun Instagram @quotes_nurhadialdo_.

Sari, M. A. J. L., & Fitriawan, R. A. (2020). Efektifitas Media Cetak Internal Tabloid ‘Kontak’ Sebagai Sarana Informasi Pt Kereta Api Indonesia (PERSERO). 7.

Simpson, P. (2003). On the Discourse of Satire: Towards a stylistic model of satirical humor. https://books.google.co.id/books?id=1ACkFMtm1UkC&printsec=frontcover&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2024-10-03