SELF DISCLOSURE ON SOCIAL MEDIA PLATFORM USERS Q & A QUORA
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.3Keywords:
Self Disclosure, Social Penetration Theory, Quora, Computer Mediated Communication, Social MediaAbstract
Quora merupakan salah satu platform media sosial dengan sistem Question & Answer. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti satu sama lain dan membentuk jejaring sosial. Melalui pertanyaan dan jawaban sesuai topik tertentu dalam platform, antar pengguna akan saling terkoneksi. Fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, pengguna Quora melakukan pengungkapan diri terkait hal yang termasuk dalam ranah pribadi dan mendapatkan dukungan dari banyak pengguna lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengungkapan diri serta tahapan perkembangan relasional antar pengguna Quora, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan objek penelitian berupa posting jawaban atau komentar dari pengguna. Setelah dikumpulkan data akan direduksi untuk kemudian dilakukan analisis. Hasil penelitian bahwa pengungkapan diri bergantung pada jenis kelamin, anonimitas akun dan topik yang dipertanyakan. Tahapan perkembangan hubungan antar pengguna Quora tidak terjadi secara linier seperti yang dilakukan secara tatap muka. Akan menarik jika selanjutnya dilakukan penelitian yang membandingkan pengungkapan diri pada platform Quora dengan platform Facebook.
References
Andini, H. (2022). Mengapa Kita Sering Curhat di Media Sosial. Diakses melalui https://pijarpsikologi.org/blog/mengapa-kita-sering-curhat-di-media-sosial
Baghel, S, S. (Eds). (2015). Social Media and Indian Youth. New Delhi, India : Apple Book.
Bogdan, R & Taylor, S. (1975). Introduction to Qualitative Research Method a Phenomenological Approach The Social. New York : Jhon Wiley.
Graham, M., & Dutton, W. H. (Eds.). (2019). Society and the internet: How networks of information and communication are changing our lives. Oxford University Press.
Griffin, Em. 2018. A First Look at Communication Theory. 10 th Edition. Boston: McGraw Hill
Hojjat, M & Moyer, A. (2017). The Psychology of Friendship. New York, Amerika Serikat : Oxford University Press.
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
Kent, M. L. (2010). Directions in social media for professionals and scholars. Handbook of public relations, 2, 643-656.
Littlejohn, Stephen; Karen, A. Foss; and John G. Oetzel. (2017). Theories of Human Communication. Eleventh Edition. Belmont, CA: Thomson Wadsworth
Miles, M.B & Huberman, M.A. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.
O’Sullivan, P. B., & Carr, C. T. (2018). Masspersonal communication: A model bridging the mass-interpersonal divide. New media & society, 20(3), 1161-1180.
Rahmadani, A., & Sodiq, S. Pemanfaatan Media Sosial Quora Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI.
Reingold H. 1993. The Virtual Community Addison-Wesley: New York.
Rainie, L., & Wellman, B. (2012). The new social operating system of networked individualism.
Riyanto,A., Hootsuite (We Are Social) : Indonesian Digital Report 2022 diakses melalui https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/ pada 20 Oktober 2022.
Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 1-9.
Safko, L. (2010). The social media bible: tactics, tools, and strategies for business success. John Wiley & Sons.
Sheldon, P. (2013). Examining gender differences in self-disclosure on Facebook versus face-to-face. The Journal of Social Media in Society, 2(1), 88-105.
Simatupang, T. (2021). Mengenal Aplikasi Sosmed Quora, Jadi Tempat Curhat Novia Widyasari Sebelum Bunuh Diri. (Diakses pada 15 Desember 2022) https://medan.tribunnews.com/2021/12/07/mengenal-aplikasi-sosmed-quora-jadi-tempat-curhat-novia-widyasari-sebelum-bunuh-diri.
Strauss & Juliet C. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif : Tata Langkah dan Teknik-teknik Teoritasi Data. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Walsh, R. M., Forest, A. L., & Orehek, E. (2020). Self-disclosure on social media: the role of perceived network responsiveness. Computers in Human Behavior, 104, 106162.
Walther, J. B. (1996). Computer-mediated communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. Communication research, 23(1), 3-43.
Wang, G., Gill, K., Mohanlal, M., Zheng, H., & Zhao, B. Y. (2013, May). Wisdom in the social crowd: an analysis of quora. In Proceedings of the 22nd international conference on World Wide Web (pp. 1341-1352).
Wiyono, T., & Muhid, A. (2020). Self-disclosure melalui media instagram: Dakwah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.