PENDEKATAN INOVATIF THREE-WAY DALAM DIGITAL MARKETING PUBLIC RELATION: STUDI PADA PT PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK

Authors

  • Lulu Khafiyyani Azka Universitas Telkom
  • Indria Angga Dianita Universitas Telkom

Keywords:

Digital Marketing Public Relations, Perusahaan Gas Negara, Three Ways Strategys

Abstract

Upaya penerapan net zero emission perlu dibangun melalui awareness masyarakat akan penggunaan gas bumi, yang dilakukan oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai perusahaan energi gas bumi di Indonesia. PGN menyampaikan Marketing Public Relations (MPR) secara digital kepada audience. MPR menjadi aktivitas pemasaran dan penjualan akan produk perusahaan, dalam membangun awareness kepada masyarakat akan penggunaan gas bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi digital marketing public relations pada PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini di ambil melalui proses wawancara dan observasi. Peneliti menggunakan konsep tiga strategi marketing public relations, yaitu pull strategy, push strategy, dan pass strategy yang diterapkan oleh peneliti di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PGN menerapkan pull strategy dengan mengajak konsumen melalui konten media sosial, push strategy dengan komunikasi pemasaran melalui iklan, dan pass strategy dengan membangun hubungan kerja sama eksternal. Strategi MPR yang dilakukan PGN, menjadi aktivitas komunikasi pemasaran perusahaan dengan audience, sebagai target sasar pengguna gas bumi.

References

Aditiansyah, M. F., MLT, R. R., & Hamzah, R. E. (2023). Implementasi Marketing Public Relations PT Gojek Dalam Penggunaan Aplikasi Gopay Bagi Customer. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 5(2), 82–96. https://doi.org/10.32509/petanda.v5i2.3272

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), PT. Global Eksekutif Teknologi (Issue March). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Harris, T. L. (1991). The marketer’s guide to public relations: How today’s top companies are using the new public relations to gain a competitive edge. In Public Relations Review (Vol. 17, Issue 3). https://doi.org/10.1016/0363-8111(91)90025-g

Hien, N. N., & Nhu, T. N. H. (2022). The effect of digital marketing transformation trends on consumers’ purchase intention in B2B businesses: The moderating role of brand awareness. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105285

Jacob, J. (2022). Tujuan & Cara Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran. TapTalk.Io. https://taptalk.io/blog/komunikasi-pemasaran/

Kemeunkeu. (2022). Ini Komitmen Indonesia Mencapai Net Zero Emission. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Ini-Komitmen-Indonesia-Mencapai-Net-Zero-Emission

Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329

Oktaviani, F. &, & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Proceedings of the 2017 International Conference On Smart Technology for Smart Nation, SmartTechCon 2017, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617

Perdana, A. (2021). Memahami Strategi Canvassing dalam Penjualan Beserta Plus-minusnya. Glints. https://glints.com/id/lowongan/canvassing-adalah/#:~:text=Canvassing merupakan aktivitas terencana yang,dari para pengecer atau konsumen.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Educational Research and Social Studies, 2(3), 29–37. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Rahmat, Z. (2022). Marketing Public Relations (MPR) Sebagai Strategi Pemasaran Yang Efektif Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 315–325. https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1863

Raudzah Akhlakulkarimah, & Anisah, N. (2017). Efektivitas Kegiatan Public Relations Online Melalui Website Sebagai Pendukung Strategi Pemasaran Di Hotel Bayu Hill Takengon. Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2, 1–7.

Reuters. (2023). About Perusahaan Gas Negara Tbk PT (PGAS.JK). Reuters.Com. https://www.reuters.com/markets/companies/PGAS.JK/

Rona, N. M., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). Aktivitas Digital Public Relations Dalam Akun Instagram @Ortuseight. Medium, 10(1), 69–83. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9149

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Simanullang, P. E. (2019). Public Relations Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Niagawan, 8(2), 108. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i2.14259

Socialblade. (2021). Social Blade Instagram Stats. Social Blade. https://socialblade.com/instagram/user/iqbaal.e

Utomo, E. S., Atmaja, S., & Nur’aeni. (2022). Strategi Marketing Public Relations Dealer Daihatsu Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Di Masa Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Public Relations, 5(2), 159–169. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1458

Vincentius Jason Antaufhan, & Santi Isnaini. (2023). Strategi Digital Marketing Strategy Public Relations Miracle Aesthetic Clinic Surabaya Via Instagram @miracle_surabaya. Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 136–151. https://doi.org/10.20473/medkom.v3i2.42171

Downloads

Published

2024-10-02